Tinggalkan Koran, Saya Baca Berita Terbaru di IDN App, Losta Masta!

Berita terkini dan terupdate. Ya, sebagian besar media online terus berinovasi menyajikan berita terkini dan terupdate serta  melengkapi pembacanya dengan aplikasi baca berita terbaik. Salah satunya adalah IDN App. Apa fitur-fitur terbaiknya?

Geometric 28
Geometric 16
Lingakarn orange
IDN-SC01

Dulu ketika saya masih buka warung makan di Jogja, saya berlangganan koran lokal dan nasional. Koran-koran tersebut saya sediakan untuk pelanggan. Tujuan saya adalah memberikan semacam “alat tunggu” edukatif untuk membangkitkan budaya baca pada para pelanggan sebelum hidangan disajikan. 

Saat itu saya berpikir, walaupun jaman sudah digital orang tidak lantas begitu saja meninggalkan budaya membaca koran. Karena apapun alasannya, membaca adalah kegiatan bermanfaat yang mampu membuka wawasan dan cakrawala pemikiran.

Namun ternyata saya salah. Pelanggan ternyata lebih suka memainkan gadgetnya untuk update status media sosial, main game atau membaca berita secara online. Maka, tak sampai dua bulan akhirnya saya menghentikan langganan koran tersebut karena saya pikir malah buang-buang uang. Bagaimana tidak, sampai hari berganti malam, dua koran yang saya sediakan seperti tak tersentuh sama sekali, masih terpilat rapi pada posisi semula. 

Nampaknya semakin mudahnya orang mengakses internet dan kian terjangkaunya harga smartphone telah merubah perilaku dan gaya hidup masyarakat, termasuk bagaimana orang mendapatkan informasi dan berita.

Ya, mau dibilang apa. Kenyataanya memang begitu. Orang-orang kini sudah mulai meninggalkan cara-cara konvensional (koran) dan beralih baca beritadigital yang lebih variatif dan mengasikkan. Itu termasuk juga saya.
Apalagi saat ini ada banyak sekali media online yang menyajikan berita terkini dan terupdate serta melengkapinya dengan aplikasi baca berita terbaik bagi pembacanya. Salah satunya adalah IDN Media yang baru saja meluncurkan aplikasi berita IDN App.

IDN App, Cara IDN Media Mendemokratisasi Informasi

Aplikasi IDN (IDN App) ini adalah satu dari sekian banyaknya portofolio IDN Media yakni perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi milenial dan Z di Indonesia yang didirikan oleh Winston Utomo dan William Utomo pada tahun 2014. 

Secara teknis aplikasi ini memang fresh of the oven karena baru saja diluncurkan pada 18 Juni 2020 yang lalu, namun sejatinya DNA yang ada di dalamnya berasal dari social news site yakni IDN Times. Boleh dibilang kalau IDN App ini “nama baru” IDN Times di versi mobile. 

Lingkaran Kuning
geometric 6
Lingakarn orange

Buktinya, sumber berita IDN App saat ini (masih) berasal IDN Times dengan ciri khasnya yakni konten-konten berita populer, worth-sharing (viral) dan disukai milenial dan gen Z.

Saya sempat bertanya, apa maksud “rebranding” IDN Time menjadi IDN App? Tenyata, IDN App ini hadir sebagai manifestasi dari visi IDN Media yakni untuk mendemokratisasi informasi. Maksudnya apaan, sih?

Maksudnya, IDN Media melalui IDN App ini berupaya memberi akses informasi yang akurat, seimbang, bermanfaat, dan berdampak positif pada masyarakat terutama bagi milenial dan gen Z di Indonesia.

Walaupun relatif baru, IDN App ini langsung mendapat respon positif dari para milenial dan gen Z karena memang menghadirkan berbagai fitur yang bikin betah dan losta masta (bikin hidup lebih hidup).

Apa saja?

mockup ID Mediaa

BACA Berita Apapun Yang Saya Mau Dalam Satu Platform Aplikasi

Keywords

Sebagai seorang millenial penikmat berita, asupan berita berbagai topik adalah sebuah keharusan. Sayangnya untuk mendapatkan berita yang komprehensif seperti ini, saya harus menginstal berbagai aplikasi berita online dalam smartphone. Masalahnya, siapapun tahu kalau resikonya adalah bikin memori smartphone jadi penuh yang membuat smartphone jadi lemot. Nah, IDN App ini menjadi solusi terbaik bagi saya. Kenapa?

01

Topik Berita Variatif, Faktual dan Terpercaya

Dengan IDN App ini secara teknis kita gak perlu menginstal berbagai aplikasi berita di smartphone karena hanya dengan satu platform saya sudah bisa membaca berbagai topik berita yang saya mau.

Ya. Aplikasi berita yang hanya membutuhkan space 12 M di smartphone ini komprehensif karena menyajikan berbagai topik dalam satu platform mulai dari News,  Hype (Sensasi), Life, Travel, Food, News, Sports, Business, Health, Science, Automotive, Tech, Fiction, Opinion dan Men.

Selain bisa menikmati berita dalam berbagai topik, sebagai penikmat saya juga tak kuwatir tersesat jalan karena membaca berita Hoax. Tak ada berita hoax di sini  IDN App. Seperti saya bilang di atas, bawah basik berita IDN App ini berasal dari IDN Times yang  faktual dan terpercaya. Semua berita telah melalui proses kurasi atau verifikasi terlebih dahulu sebelum dipublish.

Yang menarik, di IDN app ini memungkinkan saya mengkustomisasi topik sesuai dengan preferensi yang  saya kehendaki dan mengubahnya kapanpun juga karena dilengkapi pula dengan fitur edit.

Saya kurang tahu pasti namun bisa jadi IDN App ini menggunakan algoritma React yang mengedepankan javascript untuk rendering halaman website dengan mengaplikasikan kecerdasan buatan (AI). 

Pasalnya, topik berita yang saya pilih secara otomatis dikonversi menjadi newsfeed yang tampil di halaman depan ketika saya membuka aplikasi.

Nah, kalau benar dugaan saya, maka IDN App ini menjadi salah satu aplikasi berita canggih dan modern di banding aplikasi-aplikasi berita lainnya, setidaknya di Indonesia.  

newss
Business
hype
men
food
science
Trvael
life
health
Tech
automotive
fiction
Opinion
Sports
02

Diferensiasi Menonjol

Dibanding dengan aplikasi berita lainnya, IDN App termasuk aplikasi berita dengan diferensiasi yang menonjol, bila dilihat dari sisi pemilihan topik (content of view), gaya penulisan (linguistic) dan sudut jurnalistik (jurnalism).

Topik yang disediakan adalah topik yang dicari banyak orang terutama para millenial dan gen Z. Apakah itu? Yakni topik worth-sharing yang viral dan trending. Walaupun ditujukan untuk para millenial dan gen Z, tetapi kalau anda berfikir kalau artikel ditulis dengan bahasa yang monoton, kaku dan lebay, anda salah! 

Saya tak menemukan saatu pun artikel yang ditulis seperti itu. Faktanya, semua artikel ditulis menggunakan gaya bahasa ragam santai namun tidak lebay dan mudah dipahami dengan menggunakan pointer-pointer.

Selain itu, semua berita dan informasi yang disajikan pun memenuhi prasyarat sebagai media online modern yakni  fully digital. Maksud saya, sajian berita tidak hanya naratif dan tekstual namun mempertimbangkan juga sisi visual. Maka setiap artikel yang dipublish pasti selalu didukung gambar dan ilustrasi yang sesuai.

Hal lain yang saya suka, artikel yang dipublish terkadang membuat saya penasaran hanya karena membaca judulnya saja atau senyum-senyum sendiri dan tersentuh karena banyak artikel yang menghibur dan inspiratif.

mockup idn app2
03

User Friendly dan Nyaman Tanpa Iklan

IDN App ini adalah mobile application, jadi memang didesain responsif dan kompetibel dengan bebagai gadget. Yang semakin bikin betah adalah interfacenya fresh dan simple dengan navigasi yang mudah digunakan (user friendly)

Satu keunggulan komparative yang jarang ditemui di aplikasi serupa adalah, ketika yang lain menjejali aplikasi dengan berbagai iklan berupa banner popup maupun parallax yang menganggu, IDN App ini running tanpa iklan.

Nah, absennya iklan di IDN App ini memberi berbagai keuntungan bagi penggunanya. Sebagai pembaca saya sendiri merasa sangat nyaman mengeksplore dari artikel satu ke artikel lainnya. Terkadang tanpa sadar menghabiskan waktu berjam-jam hingga tertidur.

Selain lebih nyaman, tidak adanya iklan di IDN APP ini juga otomatis membuat loading aplikasi menjadi relatif lebih cepat.

hand
04

Share Artikel Model Baru

Nah, ini sepele tapi menarik yakni fitur share artikel ke media sosial.

Ketika aplikasi berita lain masih menggunakan fitur share artikel “klasik”, IDN App ini sudah mengaplikasikan fitur share artikel model terbaru. Apakah itu?

Saya bisa membagikan artikel kepada komunitas dan orang-orang yang terhubung dengan saya melalui instagram story. Tentu saja saya bisa menambahi opini pribadi ketika menshare artikel tersebut.

Walaupun begitu, IDN App masih mempertahankan fitur share klasik yakni share artikel ke media sosial, whatsapp dan email  

insta-stroy

TULIS Apapun Yang Saya Mau Suarakan Opini dan Berbagi Pengetahuan

Keywords

Ini menyenangkan. Ya, bagi penggiat literasi khususnya dunia tulis menulis, IDN mempunyai fitur tulis artikel. Fitur ini diciptakan untuk memberdayakan para content creator dan siapa pun yang mempunyai hobi menulis. Dengan fitur ini, saya, anda dan siapapun bisa menyuarakan opini dan berbagi pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca. 

Asiknya, tulisan-tulisan tersebut pun dihargai atau mendapat reward berupa poin. Nah, poin ini bisa dikonversikan (ditukar) dengan uang tunai. Tentu saja ini akan menjadi peluang mendapatkan penghasilan. Penulis teraktif bahkan bisa mendapatkan uang lebih dari 50 juta. 

Namun, sebelum dipublish semua artikel harus melewati moderasi (dikurasi) terlebih dahulu oleh sistem artificial intelligence (AI) dan tim editor redaksi untuk memastikan apakah artikel sesuai atau tidak dengan guideline IDN yang terus berkomitmen menyajikan konten yang faktual, akurat dan terpercaya.

Cara kerja fitur ini pun sangat mudah, tak jauh beda dengan memposting artikel melalui blog atau website. Nah semua proses dari mulai draft, artikel terbit hingga poin yang didapat secara realtime bisa dipantau di halaman profil pengguna IDN App, termasuk juga panduan bagi penulis yang disajikan dalambentuk artikel, video hingga podcast.  

Interaktif Tanya-Jawab Apapun Terkait Topik Yang Diminati

Keywords

Hal menarik menarik lain yang bikin semakin betah dengan IDN App dan terasa hidup lebih hidup adalah Fitur Tanya Jawab. Dengan fitur ini saya menulis berbagai pertanyaan tentang topik yang saya minati. Di waktu yang sama saya juga menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya.

Fitur tanya  jawab ini seolah menegaskan visi IDN Media sebagai induk IDN App  yakni mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. 

Selain itu juga memberikan akses kepada para millenial untuk berani beropini mensikapi berbagai issue dan permasalahan namun tetap dalam koridor sharing pengetahuan walaupun mungkin saja debatable.

Fitur ini berbeda dengan kolom komentar. Ia berdiri sendiri yang bisa dilihat dari menu profile. Bila ada yang pembaca yang menjawab pertanyaan, akan rerecord dalam fitur notifikasi. Yang pasti hadirnya fitur ini sangat menarik. membuat betah mantengin IDN App  dan membuat hidup semakin hidup.

IDN App Aplikasi Berita Yang Unik

Keywords

Menurut saya, aplikasi berita IDN ini adalah aplikasi yang unik. Ada beberapa keunikan yang saya jumpai dan menjadi pembeda dengan aplikasi sejenis lainnya.

Mode Gelap
Mode Terang
Mode-Gelap

Walaupun aplikasi ini fully responsive dan kompetibel dengan berbagai gadget namun oleh IDN, aplikasi ini disetting hanya running dengan mode portrait dan tidak memungkinkan untuk membaca artikel di smartphone atau tablet dengan mode landscape. Tapi itu hanya kreativitas tak berpengaruh sama sekali dengan isi konten dan hal-hal lain, tentu saja.

Selain itu, versi terupdate saat ini yakni 6.8.0, aplikasi IDN ini mendapat pembaharuan dengan penambahan satu fitur baru yang unik yakni mode malam. Fitur ini akan memberikan pengalaman berbeda ketika membaca berita dengan background gelap yang bisa disetting dengan mode otomatis mengikuti default waktu gadget atau mode on dan off.

Keunikan mode malam ini seunik fitur name tag pengguna dengan barcode sebagai identitas member atau pengguna aplikasi berita IDN ini.   

Download dan Lakukan Registrasi Agar Bisa Menggunakan Semua Fitur

Keywords

Aplikasi ini gratis. Bisa didownload di Google Play atau di App Store. Setelah download lakukan registrasi. Sebenarnya tanpa registrasi pun sudah bisa membaca artikel. Namun ada berbagai fitur menarik yang hanya bisa digunakan setelah registrasi seperti kustomisasi topik, fitur menulis dan sebagainya. Tapi tenang saja, registrasinya sangat mudah hanya melalui beberapa tahap saja. Begini caranya,  

Step 1

Download IDN App

Tersedia gratis di Google Play dan App Store

Step 2

Lakukan Registrasi

Pilih metode registrasi yang dikehendaki (Facebook atau Gmail)

Step 3

Verifikasi Nomor Telepon

Lakukan verifikasi nomor handphone dengan memasukan kode OTP

Step 4

Baca, Tulis, Tanya, Jawab

Aplikasi running sempurna untuk baca, tulis, tanya dan jawab pertanyaan #AdadiIDN

Akhirnya,

Bagaimana mengasikkan, bukan? Ya, saya sendiri betah berlama-lama dengan IDN App ini. Betul-betul aplikasi baca berita yang koprehensif, modern dan mencerdaskan bagi millenial dan Z. Saya memberi rating 5 untuk aplikasi berita terbaru ini. Baiklah, Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat.