Ikut Melestarikan Budaya Bangsa, Bangga Pakai Batik

Bangsa kita adalah satu dari sedikit bangsa-bangsa di dunia yang mampu mempertahankan warisan peradaban dan budaya masyarakatnya. Salah satunya adalah batik. Kenapa kita mesti bangga memakainya?

Batik tak bisa dipisahkan dengan bangsa Indonesia. Produk lokal  ini telah menjadi identitas dan kebanggan masyarakat dalam kurun waktu yang lama, bahkan jauh sebelum bangsa ini diproklamirkan sebagai entitas merdeka.

Semangat masyarakat mencintai batik memang tak diragukan lagi. Buktinya, batik dipakai di mana-mana dan dalam ragam cara. Di berbagai daerah misalnya, batik telah dijadikan sebagai seragam sekolah, seragam komunitas atau menjadi identitas perusahaan. Bahkan, sampai-sampai tidak ada pesta pernikahan tanpa orang yang memakai batik di dalamnya. Ya, batik memang salah satu produk lokal populer bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai bagian dari kedirian bangsa ini, saya, anda dan siapapun orangnya yang mengaku bertumpah darah, berbangsa dan berbahasa yang satu Indonesia, memang harus bangga dengan batik. 

Kenapa?

Produk Lokal Yang Lestari dan Diakui Dunia

Meskipun telah melalui perjalanan panjang dari generasi ke generasi, pamor batik tak lantas memudar. Justru sebaliknya, batik tetap terpelihara dan lestari hingga saat ini bahkan telah mendunia. Lebih-lebih batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Ya, seperti halnya Keris (UNESCO, 2005), Wayang Kulit (UNESCO, 2013) dan Pencak silat ( UNESCO, 2019), batik telah mendapatkan pengakuan oleh UNESCO sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009. Tanggal yang selanjutnya ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional yang kita peringati setiap tahunnya.

Pengakuan UNESCO atas batik 12 tahun ini pun memberikan status baru bagi bangsa yakni, Indonesia didaulat sebagai “Batik Resources Dunia”. Artinya, ketika dunia ingin tahu lebih banyak tentang batik, maka dunia akan datang ke Indonesia. Pun juga, apabila dunia menginginkan batik yang khas dan berkualitas tinggi, dunia juga membeli dari Indonesia.

Batik Indonesia Lebih Baik

Ya, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa negara kita bukanlah satu-satunya negara produsen batik. Budaya batik juga di temui di berbagai negara di dunia, Saya mencatat setidaknya ada 12 negara produsen batik seperti China, Malaysia, Thailand, Azerbaijan, Kamerun (Afrika), India, Singapura, Brunai Darussalam, Jepang, Sri Lanka, Mesir dan Senegal. Namun, batik Indonesia memang lebih baik.

Namun, berbeda dengan batik negara lain yang umumnya dicetak (printed process), batik Indonesia mempertahankan proses tradisional (handamade) melalui tangan kreatif para pembatiknya dalam menggoreskan canting berisi cairan pewarna alami dan malam (lilin) di atas tempayan panas. Istilah populernya adalah batik tulis.

Batik tulis ini pembuatan sangat ‘njlimet’, detail dan membutuhkan keahlian yang sangat spesifik. Namun justru dari sinilah dihasilkan batik berkualitas tinggi, artitistik, original dan kaya akan corak, motif dan warna.

Dalam perkembangannya, saat ini batik tulis ini diperkaya dengan batik cap satu warna dan dua warna yang dibuat dengan menggunakan alat khusus dari logam bercorak/ornamen.

Selain itu, batik Indonesia memiliki riwayat asal-usul yang memuat pengetahuan tradisional termasuk ekspresi budaya tradisional (Disclosure of Origin). Ya. Tak dipungkiri lagi bahwa batik Indonesia merupakan warisan budaya asli turun-temurun. Beberapa kajian berdasarkan sumber sejarah, batik sudah populer sejak abad ke-17.  Itu artinya, batik sudah ada di jaman Majapahit. Dan, selama itu pula batik menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Dalam inskripsi UNESCO, hal-hal inilah yang menjadikan batik Indonesia lebiih baik dari negara lain dan diakui sebagai warisan budaya dunia.

Proses pembuatan batik (Dok. Pribadi)

Menjadi Alat Pemersatu Bangsa

Di setiap wilayah di Indonesia memiliki batik dengan berbagai motif, corak dan filosofi. Batik ada di mana-mana dan dipakai dalam ragam cara.

Batik adalah satu-satunya pakaian pemersatu bangsa. Tidak ada limitasi atau batasan-batasan strata sosial untuk memakainya. Semua kalangan memakainya.

Lain daripada itu, batik Indonesia dari daerah manapun sangat fashionable. Ia memliki beragam motif, warna dan corak yang sangat menarik dan elegan saat dipakai. Bahkan, salah satu keunikan batik adalah cocok dipadukan dengan jenis pakaian apa saja tanpa takut merusak mode serta cocok dipakai dipakai dalam berbagai kondisi baik santai maupun formal.

Melestarikan Budaya dan Mendorong Ekonomi Kerakyatan

Salah satu poin penting lainnya kenapa kita mesti bangga memakai pakaian batik adalah, dengan memakainya berarti kita ikut serta ambil bagian dalam melestarikan budaya nusantara serta mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan. 

Ya. Batik adalah produk lokal yang umumnya diproduksi oleh masyarakat berbasis UMKM. Dengan membeli dan memakainya secara otomatis kita mengapresiasi karya para pengrajin dan membantu kesejahteraan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Lebih-lebih di masa pandemi seperti saat ini di mana industri batik pun tak luput dari dampak yang timbulkannya.

Sebagai informasi, menurut data BPS tahun 2020 jumlah perajin batik seluruh Indonesia berjumlah 140.000 orang dalam berbagai kelompok usia.

Belanja Online Batik

Membeli batik tidak melulu harus ke butik, pasar seni, ataupun outlet-outlet yang menjual batik. Kemajuan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) telah memberikan kemudahan bagi kita untuk belanja online batik. Selain telah menjadi gaya hidup modern, belanja batik secara online juga terbukti lebih hemat dan efesien.

Ya, berbagai e-commerce atau toko online favorit di Indonesia pun menyediakan berbagai produk batik dari para pengrajin batik di Indonesia, salah satunya adalah di klikindomaret.

Di toko online Indomaret ini kita bisa mendapatkan berbagai produk batik berkualitas mulai tas hingga baju dari brand-brand lokal terbaik di Indonesia, serta dalam berbagai pilihan harga.

Selain menyediakan koleksi batik yang lengkap dan berkualitas, belanja online batik di klikindomaret juga menawarkan kemudahan dalam proses, metode pembayaran serta pengirimannya.

Yuk, Pakai Batik!

Yuk, kita pupuk kecintaan dan kebanggaan kita terhadap batik dengan mentradisikan memakainya dalam berbagai kesempatan. Dengan memakainya berarti kita ikut serta melestarikan budaya bangsa serta mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan sebagai bagian tak terpisah perekonomian nasional.

Perkaya juga pengetahuan kita tentang batik dan informasi-informasi lainnya dengan membaca artikel-artikel terbaru di blogklikindomaret.com.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Selamat Hari Batik Nasional!