Ingin Beasiswa Ke Luar Negeri, Ayunda Intens Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Keahlian berbahasa asing seperti bahasa Inggris adalah pintu gerbang memahami berbagai ilmu pengetahuan modern. Anak perlu dibekali kemampuan berbahasa asing dengan baik sejak dini agar tidak menjadi generasi "I don't know". Ini yang saya lakukan untuk anak saya.

Dalam banyak kesempatan saya selalu menasehati anak saya, Ayunda, agar ia memanfaatkan waktu untuk terus belajar dan berkembang. Ia harus menempa bakat, minat dan skill yang dimilikinya sejak dini. Lebih-lebih ketika orang tuanya masih sehat dan masih sanggup membiayainya.

Ketika lagi ngumpul bareng di teras rumah, saya juga sering bilang kalau 20 tahun mendatang, waktu di mana ia dewasa kelak, kondisi jaman pasti telah jauh berubah. Melihat berbagai indikasi yang nampak saat ini, dunia akan semakin mengglobal dan terbuka. Tak ada lagi entitas yang benar-benar tersembunyi. Interaksi antar manusia pun tak lagi dibatasi dengan limitasi gerografis. Dunia yang lebar ini akan berubah bak hanya sebuah kampung besar semata.

Bila saat itu tiba, besar kemungkinan teknologi akan banyak mengambil peran, bahkan menggantikan eksistensi tenaga manusia. Nah, kalau hal ini benar-benar terjadi, maka sudah pasti tingkat persaingan hidup pun pasti semakin ketat. Hanya mereka yang menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan berkomunikasi dengan berbagai bahasa asing yang akan survive.

Sebagai orang tua, tentu saja saya tidak ingin Ayunda tumbuh menjadi “generasi blank” atau “generasi I don’t know” alias tak tahu apa-apa yang menjadikannya terlempar dari persaingankelak.

Hal itulah yang menjadikan saya berfikir memberi legacy pemahaman yang utuh padanya agar mengenal dan mempelajari teknologi serta bahasa asing dengan lebih baik.

Kepada Ayunda saya juga sering bilang kalau 20 tahun mendatang, waktu di mana ia dewasa kelak, kondisi jaman pasti telah jauh berubah.

Asteroid-7

Bukan Untuk Gaya-Gayaan, Kemampuan Berbahasa Asing Sangat Bermanfaat

Saya pernah bercerita kepada Ayunda, andai saja papanya dulu belajar bahasa asing dengan baik, setidaknya bahasa Ingggris misalnya, bisa jadi papanya sudah melanglang buana mencari berbagai pengalaman hidup di mana-mana dengan mudah. Padahal dulu papanya bercita-cita ingin menjadi staff kedutaan atau bekerja di perusahaan asing. Karena tak mempunyai kemampuan bahasa yang baik, entah beberapa kali harus gagal ketika melamar kerja dulu.

Saya selalu menasehati agar ia tidak mengulang kegagalan orang tuanya dulu. Keahlian berbahasa asing terutama bahasa Inggris itu penting. karena menjadi pintu gerbang memahami berbagai ilmu pengetahuan modern. Dengan kata lain, apa pun cita-citanya, kemampuan berbahasa asing menjadi hal urgent yang mendukung tercapainya cita-cita tersebut, bukan sekedar untuk gaya-gayaan. Lebih-lebih ia punya cita-cita yang besar yang mesti digapainya.

Ya, Ayunda yang kini duduk di kelas 7 sekolah menengah pertama memang bercita-cita ingin menjadi seorang dosen serta penulis profesional. Cita-cita tersebut tertanam dalam-dalam di benaknya hingga saat ini, dan akan selalu menjadi jawaban bagi siapa saja yang menanyakannya. Saat ini pun ia sudah menulis 7 (tujuh) buku (novel dan komik bergambar) yang diterbitkan oleh Mizan Group. Semua buku-bukunya ia pajang di website pribadinya yang beralamatkan di www.kaylaayunda.my.id.

astronot

Untuk cita-citanya sebagai dosen misalnya, Ia bahkan berharap bisa bisa mendapatkan beasiswa belajar ke luar negeri suatu saat kelak. Setidaknya ini menjadi semacam motivasi untuk terus mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa pergaulan internasional, di samping bahasa Jepang dan Arab.

Selain mendukung cita-cita, saya pernah menjelaskan kepadanya kalau mempelajari bahasa asing juga memiliki berbagai manfaat dari mulai membantu nilai akedemik, menumbuhkan rasa empati, meningkatkan kemampuan kreatif dan sebagainya.

Keahlian berbahasa asing terutama bahasa Inggris itu penting karena menjadi pintu gerbang memahami berbagai ilmu pengetahuan modern.

Melatih kepercayaan diri

Hambatan saat belajar bahasa asing ialah rasa malu. Nah, dengan belajar bahasa asing ia belajar pula melatih kepercayaan diri menunjukan kemampuan berbahasanya.

Mengasah kemampuan akademik

Mampu memahami bahasa asing secara teknis mendorong kemampuan berbicara, membaca dan menulis. Nah, ini berkorelasi positf dengan prestasi akademik di sekolah.

Meningkatkan kreativitas

Mempelajari bahasa asing dapat merangsang kreativitas lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Belajar kritis dan mandiri

Saat proses belajar bahasa asing, otak dipacu untuk berpikir kritis untuk memahami dan menggunakannya. Proses ini akan terbawa ketika ia mendapatkan masalah dan berupaya untuk menyelesaikannya

Memudahkan belajar bahasa asing lain

Ketika ia bisa menguasai satu bahasa asing, maka ia akan tertantang pula untuk mempelajari bahasa asing lainnya dengan mudah.

Ayunda Crop2

Belajar Mandiri Dengan Baca Novel, Nonton Film,
Hingga Ikut Kompetisi

Nampaknya nasehat dan motivasi yang sering saya sampaikan masuk ke dalam sanubarinya. Ini dibuktikan dengan semangat untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris yang semakin menguat dari hari ke hari.Selain mellaui pelajaran di sekolah, ia juga belajar mandiri. Kalau ada rejeki, ia selalu minta dibelikan novel-novel berbahasa inggris. Sembari membaca, ia mencatat dan mencari arti kata atau kalimat yang belum dipahaminya kemudian menggunakan google translate untuk mengetahui artinya.

Di samping itu ia juga senang menonton film-film anak-anak berbahasa inggris melalui youtube. Satu film kadang ia putar berulang-ulang sampai ia memahami dialognya. Begitu pula dengan musik. Ia lebih seneng mendengarkan musik-musik berbahasa Inggris sambil menirukan vokalnya.

“Untuk melatih pronunciation dan listening, Pa.” Kata Ayunda pada suatu ketika.

Untuk menguji hasil belajarnya, sesekali ia mengikuti kompetisi bahasa Inggris untuk mengukur diri dengan mengerjakan soal-soal yang menuntut penguasaan vocabulary.

Tempo hari ia mengikuti olimpiade bahasa Inggris tingkat nasional yang diselenggarakan sebuah lembaga edukasi yang fokus pada event-event dan kompetisi berbagai mata pelajaran sekolah di Indonesia. Ia masuk di tingkat nasional setelah lolos sebagai 5 besar pada seleksi tingkat regional yang diselenggarakan pada tahun 2020 lalu di Yogyakarta. 

Sayang sekali, di tingkat nasional, ia belum beruntung hanya masuk peringkat 9. Walalupun demikian ia semakin termotivasi untuk belajar bahasa Inggris lebih keras lagi dan berharap tahun ini bisa lolos lagi di tingkat nasional dan bisa masuk setidaknya 3 besar.

Televisi Jadul

Nampaknya nasehat dan motivasi yang sering saya sampaikan masuk ke dalam sanubarinya. Ini dibuktikan dengan semangat untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris yang semakin menguat dari hari ke hari.

Mendorongnya Untuk Bisa Cas Cis Cis
Dengan Bahasa Inggris

pencil1-compressor

Untuk anak seusianya yang tumbuh dan besar di kampung dengan lingkungan keluarga yang tak paham dengan bahasa Inggris, saya melihat pencapaian Ayunda sudah membanggakan. Namun, belajar bahasa Inggris bukan hanya tentang kemampuan mengerjakan soal-soal di atas kertas atau teori semata, akan tetapi juga bagaimana mampu mempunyai skill berkomunikasi aktif (conversation) dengan orang lain.

Saya melihat, untuk hal ini Ayunda masih kurang. Bisa jadi hal ini disebabkan karena ia tidak mempunyai teman belajar untuk mempraktekan kemampuan bahasa inggrisnya saat di rumah atau di sekolah. Apalagi dia belum pernah mengikuti kursus di mana pun.

Sebenarnya rencana untuk saya ikutkan kursus bahasa inggris itu sudah ada. Pikir saya setelah dia masuk SMP begitu. Sayang sekali rencana itu harus tertunda karena kondisi memang belum memungkinkan. Salah satunya karena pandemi Covid-19 yang membatasi berbagai aktivitas.

Namun saya dan mamanya sebenarnya sudah mempunyai rencana yakni ingin memberi kejutan kepadanya untuk bisa belajar bahasa asing online bila ia bisa mempertahankan ranking sekolahnya seperti semester kemarin yakni ranking dua, lebih-lebih apabila bisa ranking satu.

Keahlian berbahasa asing terutama bahasa Inggris itu penting karena menjadi pintu gerbang memahami berbagai ilmu pengetahuan modern.

Namun persyaratan itu hanya untuk memotivasi Ayunda agar lebih giat belajar saja karena andai saja tidak bisa mempertahankan ranking sekalipun, saya dan mamanya telah sepakat untuk memfasilitasi minat dan bakatnya dalam bahasa Inggris dengan mendaftarkannya di sebuah kursus online.

Harapan saya, dengan belajar bahasa asing online ini Ayunda tidak hanya pinter secara teoritis saja namun juga mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dengan fasih dan lancar sedari dini.

Ini penting karena saya yakin akan membantunya meraih cita-citanya yakni sebagai seorang dosen dan penulis serta harapannya mendapatkan beasiswa sekolah ke luar negeri kelak.

speaker

Ambil Kelas Belajar Bahasa Inggris Online
Untuk Speaking di LISTER

Sebenarnya sangat mudah mencari tempat belajar bahasa asing online melalui mesin pencarian Google. Dengan mengetik kata kunci Belajar Bahasa Asing Online, akan tampil berbagai pilihan tempat kursus. Yang sedikit membutuhkan waktu adalah memilih satu dari sekian banyaknya pilihan tersebut. Untuk itu saya memang harus membuka satu per satu, membandingan fitur, fasilitas dan silabus yang ditawarkan selain berapa biaya yang mesti saya keluarkan. Nah, salah satu yang menarik hati saya adalah tempat kursus bahasa asing online Lister.  

Lister adalah “ONE STOP LEARNING PLATFORM”, yakni tempat kursus yang menawarkan cara baru untuk belajar Bahasa asing secara online. Secara teknis, Lister ini merupakan portofolio atau brand dari PT Lister Teknologi Edukasi (LTE) yang dulunya hanyalah sebuah komunitas belajar bernama Listerclub yang fokus pada pendidikan gratis seputar beasiswa dan belajar bahasa Inggris. 

Tempat kursus bahasa asing online ini mempunyai kantor pusat di Yogyakarta, tepatnya di Gedung Innovation Factory | BLOCK71 Yogyakarta yang berada  di Jl. Prof. Herman Yohanes No.1212, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Block71 ini terkenal juga sebagai hub Global Startup Network. Sekali dua kali saya ngikuti event di tempat ini  karena lokasinya tak jauh dari kantor tempat saya bekerja dulu yakni Sumber Baru Motor di jalan Margo Utomo (dulu Pangeran Mangkubumi).

Lister adalah “ONE STOP LEARNING PLATFORM”, yakni tempat kursus yang menawarkan cara baru untuk belajar Bahasa Asing secara online.

Blok71

Di Lister ini ternyata ada banyak pilihan program kursus bahasa asing online yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa. Untuk program bahasa saja Lister menyediakan pilihan program dari mulai bahasa Inggris, Arab, Jerman, Mandarin, Jepang, Korea, Perancis, Italy, Belanda dan sebagainya. 

Sedangkan kalau bahasa Inggris untuk keperluan khusus (English for Special Purposes), Lister mempunyai program-program dari mulai English for Customer Service, English for Accounting, English for Startup dan sebagainya. Termasuk dalam hal ini adalah program-program seperti persiapan TOEFL (Test of English as Foreign Language) ataupun IELTS (International English Language Testing System) serta yang berkaitan dengan beasiswa ke luar negeri. 

One Stop Learning Platform

Nah, seiring dengan cita-cita Ayunda, saya ingin memfasilitasi untuk belajar bahasa Inggris di Lister dengan mengambil kelas online untuk Speaking. Pilihan ini didasarkan atas pemahaman saya bahwa inti dari mempelajari bahasa adalah bagaimana bisa berkomunikasi. Nah, karena berhubungan dengan komunikasi maka cara yang paling efektif agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah dengan berlatih percakapan bahasa Inggris secara rutin dan intensif.  

Selain itu, salah satu permasalahan mendasar ketika berkomunikasi dengan bahasa asing adalah keberanian untuk berbicara (mental state). Padahal andai salah-salah sekalipun dalam pengucapan misalnya, bila lawan bicara memahami, maka komunikasi sudah berjalan. Saya melihat bahwa salah satu kekurangan Ayunda adalah di speaking atau conversationnya Oleh karena itu, penting bagi ia agar mental statenya terbangun lebih baik.  

Di Lister sendiri, program speaking bahasa asing ini tersedia dalam berbagai pilihan dari mulai Speaking with Foreign hingga Pronunciation. Berikut detailnya.    

Program Speaking English di Lister

Nah, dari pilihan program speaking, saya ingin memfasilitasi dengan kursus Speaking With Local Speaker dulu. Seperti telah saya singgung di atas, dengan paket program Speaking With Local Speaker ini saya bermaksud untuk membangun mental dan keberaniannya lebih dulu. Baru setelah itu ia masuk ke level-level selanjutnya secara berjenjang untuk memantapkan skill speaking atau conversationnya. 

Alasan Kenapa Memilih
Belajar Bahasa Asing di Lister

Mempelajari dengan seksama, bila dibandingkan dengan beberapa tempat kursus online yang saya kunjungi, selain menawarkan berbagai program kursus dan belajar bahasa asing online yang variatif, Lister juga menawarkan berbagai keunggulan komparatif lain. Dalam catatan saya, berikut keunggulan-keunggulan yang saya maksud. 

  • Online

    Kursus bahasa asing di Lister dilakukan online melalui zoom. Walaupun online namun Lister menggaransi proses belajar nyaman dan mengasikkan terasa seperti belajar dengan tatap muka langsung (offline)
  • Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

    Lister adalah figur tempat kursus bahasa asing online terbaik di Indonesia dengan puluhan ribu siswa, serta dipercaya oleh instansi-instansi pemerintah maupun swasta seperti Kementerian Keuangan RI, OJK, Kepolisian RI, Unes, Sirclo dan lain sebagainya
  • Alumni Tersebar di Berbagai Negara

    Tempat kursus bahasa asing online Lister memiliki alumni-alumni yang tersebar di seluruh dunia dari mulai lembaga negara hingga mahasiswa
  • Kelas Live dan Interaktif

    Kelas online 1-on-1, kelas semi private, atau group class sesuai dengan tujuan belajar dan level. Kelas online ini otomatis direkam ke dalam sistem, sehingga mudah untuk mereview kembali
  • Tutor Berpengalaman dan Bersertifikasi

    Kelas Kursus Bahasa Asing online diampu oleh native/foreign/local teachers yang berpengalaman dan berrsertifikasi
  • Kurikulum Standar Internasional

    Kurikulum atau konten pembelajaran dibuat dengan mengacu pada standar Internasional yang disesuaikan dengan metode pengajaran Lister yang sudah terbukti berhasil membantu puluhan ribu siswa di seluruh Indonesia. Selain itu siswa mendapatkan akses level dan kurikulum sesuai dengan kemampuan. Dan siswa juga perlu mengambil Pre-Test untuk menentukan Level Bahasa & Post Test di akhir kelas sebagai evaluasi.
  • Biaya Terjangkau

    Setelah saya membandingkan dengan tempat kursus bahasa asing online lainnya, saya menyimpulkan kalau biaya kursus di Lister terjangkau. Sistem Pembayarannya pun lengkap dari mulai transfer bank BCA, Kartu Kredit hingga e-Wallet seperti GoPay, OVO dan DANA
  • Support Community

    Lister tidak hanya menyediakan tempat untuk belajar bahasa asing online yang nyaman, tetapi juga melengkapinya dengan fasilitas konsultasi yang didukung oleh komunitas Lister
Biaya Kursus
FasilitasSpeaking Local Brushup
Group Class
Speaking Local Building
Group Class
Speaking Local Intensive
Group Class
SpeakingLocal Ultimate Bronze
Group Class
BiayaRp 490.000Rp 990.000Rp 1.890.000Rp 2.290.000
Member Area E- LearningVVVV
Frekuensi Pertemuan10 X20 X40 X60 X
Durasi Per Pertemuan90 menit90 menit90 menit90 menit
Hari dan WaktuSenin-Kamis
Pukul 19.30 – 21.00 WIB
Senin-Kamis
Pukul 19.30 – 21.00 WIB
Senin-Kamis
Pukul 19.30 – 21.00 WIB
Senin-Kamis
Pukul 19.30 – 21.00 WIB
Pembukaan KelasSetiap Tanggal 10Setiap Tanggal 10Setiap Tanggal 10Setiap Tanggal 10
Diskon 50% (Early Bird)VVVV
Materi KomprehensifVVVV
Feedback ExpertVVVV
eCertificateVVVV
FasilitasSpeaking
Local
Building
Speaking Local
Intensive
Speaking
Local
Prime
Speaking
Local
Ultimate
Bronze
Speaking
Local
Ultimate
Silver
Speaking
Local
Ultimate
Gold
BiayaRp 3.799.000Rp 4.999.000Rp 5.990.000Rp 6.990.000Rp 7.999.000Rp 8.990.000
Private ClassVVVVVV
Free Bimbingan Beasiswa!XXXVVV
Member Area E- LearningVVVVVV
Frekuensi Pertemuan30 X40 X50 X60 X70 X80 X
Durasi Per Pertemuan90 menit90 menit90 menit90 menit90 menit90 menit
Estimasi Selesai4 bulan5 bulan6 bulan7 bulan8 bulan9 bulan
Diskon 50% (Early Bird)VVVVVV
Materi KomprehensifVVVVVV
Feedback ExpertVVVVVV
eCertificateVVVVVV
FasilitasSpeaking
Local
Short 1
Speaking
Local
Short 2
Speaking
Local
Short 3
Speaking
Local
Flash
Speaking
Local
Express
Speaking
Local
Brushup
BiayaRp 699.000Rp 999.000Rp 1.299.000Rp 1.799.000Rp 2.199.000Rp 2.599.000
Private ClassVVVVVV
Member Area E- LearningVVVVVV
Frekuensi Pertemuan4 X6 X8 X12 X16 X20 X
Durasi Per Pertemuan90 menit90 menit90 menit90 menit90 menit90 menit
Estimasi Selesai1 bulan1 bulan1 bulan2 bulan2 bulan3 bulan
Diskon 50% (Early Bird)VVVVVV
Materi KomprehensifVVVVVV
Feedback ExpertVVVVVV
eCertificateVVVVVV

Yuk, Daftarkan Diri atau Anak Anda
Agar Menguasai Bahasa Asing Secara Baik

Ketika bahasa asing menjadi jalan meraih cita-cita dan masa depan gemilang, maka cara terbaik adalah belajar kepada ahlinya agar mendapatkan bimbingan dan arahan yang maksimal. Nah, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus. Ya, walalupun masih dalam susasan pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai keterbatasan namun tidak menjadi halangankarena kita bisa mengikuti kursus bahasa asing secara online. Salah satunya kursus bahasa asing / Inggris di Lister.

Yuk, daftarkan diri atau anak anda di Lister agar bisa menguasi bahasa asing secara maksimal di bawah bimbingan para ahlinya. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Logo lister
Gedung Innovation Factory | BLOCK71 Yogyakarta,
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1212, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Cara Baru Belajar

Bahasa Asing Online

Terbaik di Indonesia.

promo-bulanan