Skip to content
Check di ilovelife.co.id

Asuransi Kesehatan Digital, Cashless, dan Sesuai Tagihan dari Astra Life

Kesehatan adalah investasi hidup yang sangat berharga. Namun seringkali kita mengabaikannya. Ketika diri terbaring lemah tak berdaya dengan biaya pengobatan yang besar, barulah kita menyadari arti penting kesehatan yang sesungguhnya. Pabila itu terjadi, mulailah diri menyesali kenapa tidak memiliki asuransi kesehatan sejak dini.  

Sebagai seorang kakak, saya selalu menasehati adik saya agar berhati-hati dalam kerja dan menjaga kesehatan diri. Saya paham bahwa berprofesi sebagai seorang driver antarpropinsi yang sebagian waktunya dihabisnya di belakang kemudi, ia memiliki resiko tinggi. Selain laka lantas di jalan, tubuh pun rentan terhadap munculnya penyakit berbahaya.

Terus terang saja, saya tak ingin pengalaman almarhum ayah terulang kembali padanya. Dulu ayah, yang juga seorang driver, menderita sakit karena profesi yang dipilihnya itu. Beliau mengalami gagal ginjal dan kanker hati.   

Ketiadaan dana untuk pengobatan dan juga asuransi kesehatan, membuat penyakit ayah semakin parah. Beliau harus menyerah pada sakitnya tubuh pada usia yang belum terlalu tua, 53 tahun.  

Berbekal pengalaman itu pula, dalam banyak kesempatan saya juga terus mengingatlkan agar menyisihkan sebagian kecil penghasilannya untuk membeli manfaat asuransi yang dapat diandalkan bila terjadi sesuatu atas kesehatannya. 

Sayang sekali selalu ada sanggahan yang berujung pada adu argumentasi dengannya. Adik saya selalu ngotot kalau tak butuh asuransi karena merasa umurnya masih muda dan sehat.

“Buang-buang duit saja itu mas. Mending saya tabung buat beli mobil sendiri kelak. Lagian saya sehat.” Kata dia saat itu.

Namun saya merasa lega bahwa ketika pandemi covid-19 terjadi di mana setiap hari tersiar banyak yang mati, adik saya memberi tahu kalau sudah punya polis asuransi kesehatan untuk dirinya dan keluarganya.   

mobil4

Melek Asuransi dan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Pasca Pandemi

Membeli produk asuransi kesehatan dan asuransi-asuransi yang lain bukan semata-mata membeli polis tetapi membeli proteksi dan perlindungan diri dari kemungkinan kerugian finansial yang tak terduga.

Sedetik waktu di masa depan adalah misteri. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Kita mungkin tidak menghendaki sakit atau terkena musibah, namun itu bisa terjadi kapan saja tanpa kita bisa menolak. Pagi bisa saja sehat namun sore mendadak sakit dan membutuhkan biaya rumah sakit besar. Atau, mobil mengalami kecelakaan, kemalingan dan sebagainya.

Ketika kita berpikir bahwa ada risiko dalam kehidupan, baik kesehatan, properti dan lain sebagainya, kita pasti menyadari betapa asuransi menjadi sesuatu yang penting. 

Sayang sekali kesadaran tersebut masih parsial. Literasi asuransi masyarakat masih rendah. Masih banyak orang belum melek asuransi dan menganggap asuransi tidak penting. 

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penetrasi asuransi di Indonesia pada tahun 2021 baru mencapai 3,18 %, meliputi asuransi jiwa 1,19%, asuransi umum 0,47%, asuransi sosial 1,45%, dan asuransi wajib 0,08%. Adapun tingkat densitasnya sendiri baru mencapai Rp 1,82 juta per orang di Indonesia. 

Bila dibandingkan dengan populasi nasional yang mencapai 278.752.361 jiwa hingga 25 April 2022, densitas asuransi di negara kita masih sangatlah rendah. Ini menunjukan bahwa masyarakat belum melek pentingnya asuransi atau literasi asuransi masih rendah.   

Rendahnya literasi ini diperkuat dengan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 yang menunjukkan indeks literasi keuangan baru sebesar 38,03%. Tingkat literasi asuransi sendiri baru mencapai 19,4%. 

Pemahaman apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan literasi dan melek asuransi?

family

5 (Lima) Poin Penting Melek Asuransi

Memahami Tahap-Tahap Kehidupan

Setiap dari kita memiliki tahap-tahap kehidupan yang berbeda-beda. Misalnya, seseorang bisa saja memprioritaskan membeli rumah dahulu sebelum menikah. Setelah itu baru berencana memiliki anak, memikirkan biaya hidup, pendidikan dan sebagainya. Dari sini bisa dilihat bahwa setiap tahapan kehidupan itu ada biaya yang harus diupayakan, termasuk juga adanya resiko yang mungkin terjadi seperti ketika usia memasuki pensiun dan sebagainya. Nah, dengan memiliki asuransi, seseorang akan terbantu menghadapi tahapan kehidupan dan potensi resiko yang mungkin terjadi.

Memahami Perbedaan Antara Asuransi dengan Menabung

Untuk mengatasi permasalahan umumnya kita mengandalkan tabungan. Namun adakalanya tabungan tidak cukupi. Nah, di sinilah asuransi sangat berperan, khususnya asuransi jiwa dan kesehatan yang klausal umumnya meliputi biaya-biaya yang timbul seperti biaya rumah sakit, rawat inap, dan sebagainya. Jadi asuransi bukan seperti orang menabung atau beli uang besar menggunakan uang kecil. Manfaat asuransi tidak harus mesti bayar premi yang besar terlebih dahulu. bukan seperti orang menabung di bank.

Memahami Prinsip dan Cara Kerja Asuransi

Hal penting dalam berasuransi itu mengetahui prinsip dan cara kerja asuransi. Prinsip asuransi itu terbagi menjadi dua, yaitu utmost good faith yang mendasari niat baik kedua belah pihat dan prinsip insurable interest yakni motivasi yang muncul untuk berasuransi. Simpelnya, adanya ketergantungan keuangan antara pihak-pihak yang berasuransi.

Memahami Pihak yang Tercantum dalam Polis Asuransi

Dikatakan melek asuransi jika seseorang mengetahui dan memahami pihak-pihak yang terlibat dalam proses berasuransi beserta hak dan kewajibannya. Setidak ada 3 (tiga) pihak utama yang terkait dalam berasuransi yakni ada yang namanya penerima polis, tertanggung, dan penerima manfaat.

Mengenal dan Memahami Jenis-Jenis Pembagian Asuransi

Melek asuransi itu mengnal dan mengetahui produk-produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi umum, asuransi mobil, asuransi kesehatan, hingga asuransi konvensional dan syariah. Pun juga mengetahui bahwa berdasarkan pembayaran premi, asuransi masih dibagi lagi menjadi 2 (dua) yakni asuransi tunai dan non tunai. Begitu secara sederhananya.

Selama pandemi covid-19, ada banyak kesedihan di masyarakat. Tiba-tiba saja sanak saudara terinfeksi virus dan harus menjalani perawatan medis. Isak tangis kehilangan pun tak tertahankan manakala mereka tak mampu bertahan dan akhirnya harus meninggal. 

Ya, pandemi covid-19 adalah catatan buruk bagi kehidupan. Ia menjadi ancaman bagi kesehatan dan finansial bagi masyarakat. 

Pemerintah negara kita memang menanggung biaya perawatan dan pengobatan bagi mereka yang terkena Covid-19 ini. Namun, fasilitas kesehatan yang disediakan sangat terbatas. 

Oleh karena itu, dalam situasi yang sangat kritis pasien covid-19 pun rela mengeluarkan biaya sendiri demi mendapatkan penanganan yang cepat dan segera keluar dari situasi kritis pertaruhan antara hidup dan mati trsebut. Meskipun biayanya sangat mahal.

Bagaimana tidak mahal, biaya pengobatan dan perawatan mandiri yang harus disediakan untuk keluar dari situasi kritis dan sembuh dari covid-19 bukan lagi jutaan namun puluhan juta rupiah. Dalam beberapa kasus bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Kenapa mahal?

Mahalnya biaya yang harus disediakan pasien ini disebabkan karena keterbatasan pasokan obat-obatan serta alat-alat medis yang dibutuhkan untuk terapi covid-19. 

Saat ini kita memang patut bersyukur bahwa covid-19 semakin terkendali dan pemerintah mengijinkan kita melakukan berbagai aktivitas dengan lebih leluasa. 

Namun dari pandemi covid-19 setidaknya kita mendapat pelajaran yang sangat berharga bagi hidup di masa depan.

Pertama, alam telah berubah. Penyakit (zoonosis) dan virus-virus baru bisa muncul kapan saja. Dalam kurun waktu yang cepat ia pun bisa berubah menjadi wabah global seperti halnya covid-19.

Tidak ada yang bisa menjamin seseorang luput dari ancaman penyakit serta virus yang muncul tersebut. Hal ini membuat kita sadar bahwa kita membutuhkan perlindungan terhadap berbagai risiko perubahan kehidupan di masa depan tersebut.

Kedua, mahalnya biaya pengobatan untuk sembuh dari pandemi covid harusnya membuat kita semakin menyadari betapa penting memiliki asuransi kesehatan

Ketiga, kita harus mengubah pandangan bahwa asuransi kesehatan tidak lagi sebagai kebutuhan masa depan yang tidak mendesak, namun kebutuhan prioritas dan mendesak dan instrumen penting dalam perencanaan keuangan setiap keluarga.

Manfaat dan Pentingnya Asuransi Kesehatan

Bentuk Kasih Sayang

Asuransi kesehatan membantu memberikan perlindungan bagi keluarga dan orang-orang terkasih sebagai bentuk kasih sayang

Meringankan Beban Keluarga

Asuransi kesehatan berguna untuk mengantisipasi biaya rumah sakit yang tidak bisa diprediksi di masa mendatang yang bisa diandalkan untuk membantu meringankan beban keluarga.

Mendapatkan Layanan Kesehatan Memadai

Asuransi kesehatan sangat memungkinkan kita mendapatkan layanan serta fasilitas kesehatan yang layak dan memadai.

Asuransi Kesehatan

Proteksi Finansial

Asuransi kesehatan memberi proteksi finansial karena mampu mengcover biaya perawatan kesehatan dan medis seperti bedah, rawat inap, rawat jalan, dan biaya-biaya lainnya.

Memberi Rasa Aman dan Tenang

Perawatan kesehatan itu tidak harus meninggalkan hutang. Asuransi kesehatan dapat diandalkan memberi ketenangan dari kemungkinan munculnya hutang ketika diri dan keluarga sakit dan membutuhkan biaya pengobatan.

Tips dan Cara Pilih

Asuransi Kesehatan Terbaik

Ketika asuransi kesehatan memberikan berbagai manfaat mulai dari proteksi finansial hingga mengantisipasi munculnya biaya rumah sakit yang tak terduga di masa depan, maka memilih produk asuransi kesehatan terbaik tepat menjadi keharusan. Begini caranya.  

Proses Mudah dan Aman

Setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki cara dan perlakuan yang berbeda dalam proses dan klaimnya. Sebagai pertimbangan, kita pilih produk dan perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan proses pembelian polis asuransi yang mudah, aman, dan nyaman.

Tanpa Check Medis

Pilih produk dan perusahaan asuransi kesehatan yang tidak menerapkan cek medis dalam menentukan besarnya uang pertanggungan (UP) bagi pengguna. Beberapa perusahaan asuransi konvensional masih menggunakan cara ini. Pengajuan asuransi kesehatan tanpa cek medis adalah solusi tepat dalam masa perbaikan ekonomi pasca pandemi seperti saat ini.

Memberi Manfaat Fleksibel

Pilih asuransi kesehatan yang memberi manfaat fleksibel. Produk asuransi kesehatan terbaik umumnya memiliki manfaat utama dan tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan seperti biaya rawat inap saat berada di intensive care unit (ICU), pengobatan penyakit kritis, penggantian biaya pembedahan (surgical), dan sebagainya.

Menjaga Keamanan Data, Online dan Cashless

Jaman sudah digital. Kita bisa memilih perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan layanan online dan menerapkan sistem pembayaran manfaat secara cashless. Layanan online dan cashless ini akan menghemat waktu, cepat dan polis bisa langsung diterima melalui email. Namun, kita mesti pastikan perusahan asuransi yang kita pilih sudah memiliki standar keamanan dan perlidungan data pengguna.

Flexi Hospital & Surgical Protection

Asuransi Kesehatan Online Terbaik

Cara Astra Life Memudahkan Masyarakat Memiliki Asuransi Kesehatan Masa Kini

Di republik ini kita dimudahkan menemukan dan memilih produk asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan 4 (empat) tips di atas. Salah satunya adalah asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection.

Ini adalah produk asuransi kesehatan terbaru persembahan dari Astra Life, yakni perusahaan asuransi nasional yang berdiri pada tahun 2014. Astra Life itu sendiri merupakan merk dagang dari PT. ASURANSI JIWA ASTRA yang kepemilikan sahamnya dimiliiki oleh tiga entitas besar tanah air yakni Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International.

Apa keunggulan Flexi Hospital & Surgical protection dibanding asuransi kesehatan lain? Apa benefit yang ditawarkan? 

asuransi kesehatan

Online dan Tanpa Check Medis

Flexi Hospital & Surgical Protection merupakan produk asuransi kekinian yang dipersembahkan untuk keluarga Indonesia agar memiliki perlindungan kesehatan pasca pandemi dan masa depan.

Disebut asuransi kekinian karena semua proses dari mulai pendaftaran hingga klaim dapat dilakukan secara digital online (paperless). Prosesnya pendaftarannya mudah dan hanya butuh waktu tak lebih dari 5 menit (Pilih Paket > Pilih Premi > Isi Data Diri > Pembayaran).

Selain itu, asuransi kesehatan terbaru dan terbaik di Indonesia ini pun tidak memberlakukan persyaratan check medis bagi penggunanya.

Cakupan Perlindungan Komprehensif

Sesuai dengan namanya, Flexi Hospital & Surgical Protection memberikan benefit komprehensif selama perawatan rumah sakit mulai dari biaya kamar, pembedahan, hingga rawat jalan. Manfaat kamar dan akomodasi untuk rawat inap bahkan hingga Rp 2 juta per hari. Nasabah juga mendapat manfaat lain seperti Free Medical Check-Up ("MCU") setiap 2 tahun.

Tabel Manfaat

Tabel Manfaat Produk Flexi Hostpital Surgical Protection

Premi Terjangkau, Cashless, dan Pembayaran Manfaat Sesuai Tagihan

Meskipun memberikan begitu banyak benefit, namun asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical protection termasuk asuransi kesehatan murah dan terjangkau bagi keluarga Indonesia. Pembayaran preminya mulai Rp 100 ribuan per bulan.

Selain murah, asuransi Astra Life ini juga memiliki fasilitas pembayaran dan klaim secara cashless menggunakan Kartu Peserta Elektronik atau e-card yang dikeluarkan pihak asuransi (Astra Life). Pembayaran cashless ini sangat berguna lebih-lebih dalam keadaan darurat karena mempercepat proses administrasi di rumah sakit.

Tak hanya itu, pembayaran manfaat asurasi pun sesuai tagihan bukan by prosentase. Berapapun tagihan biaya rawat inap kita di rumah sakit, akan dibayarkan seluruhnya oleh asuransi (As Charge).

Penggunaan e-Card

Panduan Penggunaan e-Card

Masa Pertanggungan Fleksible

Masa pertanggungan asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection sangat fleksibel yakni mulai dari satu tahun dan dapat diperpanjang secara otomatis hingga tertanggung mencapai usia 70 tahun. Artinya, Flexi Hospital & Surgical Protection dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang baik bagi kesehatan maupun keamanan finansial keluarga.

Yuk, Lindungi Diri dan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan Terbaik

Flexi Hospital & Surgical Protection

Perubahan kondisi alam sangat memungkinkan memunculkan berbagai penyakit dan virus (zoonosis). Munculnya pandemi covid-19 adalah contoh nyatanya. Tentu saja kita tidak ingin sakit atau tertular virus. Namun siapakah yang bisa menjaminnya? 

Pandemi covid-19 yang masih belum 100% teratasi saat ini menjadi pertimbangan serius kita untuk memberikan perlindungan kepada diri sendiri dan keluarga dengan produk asuransi kesehatan terbaik. Dan, Flexi Hospital & Surgical Protection dari Astra Life adalah pilihan tepat

Sebagai produk asuransi kesehatan terbaik, Ia memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk serupa. Sebut saja seperti seperti penggantian biaya perawatan lengkap di rumah sakit di Indonesia dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan dan cashless yang membuat #TagihanRSjadiRingan #LoveLife #AstraLife.

Yuk, kunjungi segera website resmi Flexi Hospital & Surgical protection di ilovelife.co.idDi website ini kita bisa mencoba kalkulator premi untuk menghitung nilai perlindungan kita serta menelaah benefit dan manfaat yang menyertainya. 

Jangan lupa juga untuk follow dan mention akun Instagram resmi Flexi Hospital & Surgical Protection yakni @ilovelife.co.id dan @astralifeid.

Selain informasi produk, dari kedua akun instagram tersebut kita juga bisa mendapatkan informasi promo-promo menarik atau bertanya langsung kepada customer service terkait produk dan program-program terbaru.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. 

Kalkulator premi

Say Something!

Butuh sesuatu, ingin menawarkan kerja sama, mau kasih donasi, atau mau ngajak “ngangkring bareng”, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Harga dan Fitur Hosting Murah RumahWeb

[table id=17 /]

Tips Menang Lomba Blog, 100% Menang!

  • 1
    Buat lomba blog sendiri
  • 2
    Sediakan hadiah sendiri
  • 3
    Ikuti sendiri
  • 4
    Jadi juri dan nilai sendiri
  • 5
    Menangkan tulisan sendiri
  • 6
    Sukses!
piala

Ups sorry saya bercanda! 

Saya hanya mau mengatakan bahwa menang lomba blog itu susah dirumuskan bahkan tidak ada rumusnya sama sekali. Itu menurut saya. Berbagai tips yang ada hanyalah guidance agar artikel kita lebih terstruktur, mendekati syarat dan ketentuan lomba begitu. Namun itu tidak memberikan jaminan menang dalam lomba blog. Faktanya, banyak artikel bagus (isi, layout, sesuai S & K) namun kalah. Sedangkan artikel yang sangat sederhana justru malah menang. 

Dari fakta ini saya berpendapat bahwa setiap peserta lomba memiliki peluang yang sama. Tidak perduli ia blogger top, blogger celebrity, blogger mastah, blogger senior, blogger pemula, dan apa pun sebutan atau predikatnya. Yang penting adalah menulis artikel dan segera mensubmitnya. Itu saja. 

Abaikan pandangan juri berpihak, tidak fair, penyelanggara lomba sudah mensetting pemenangnya, atau pemenang hanya dari kalangan terdekatnya saja. Ya abaikan saja pikiran tersebut meski pun tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi. 

Satu lagi, percayalah bahwa setiap tulisan kita akan menemukan takdirnya sendiri. Selain itu menang atau kalah itu erat hubungannya dengan REJEKI, dan rejeki itu tak akan tertukar.

Wallahu a’lam bishawab.