Upgrade SKILL PENGAJARAN, Guru Belajar MENGAJAR DI GuruInovatif.id

Kualitas pendidikan nasional masih perlu dibenahi. Banyak permasalahan klasik yang belum terurai hingga saat ini, salah satunya adalah pemerataan dan kualitas guru. Sejauh mana sih peran guruinovatif.id dalam problem ini?

Dalam sebuah diskusi warung kopi, tetangga saya yang seorang dosen di sebuah perguruan tinggi swasta di Tegal mengatakan kalau sesungguhnya mutu pendidikan di negara ini masih perlu pembenahan. Dia menyampaikan alasan dan fakta bahkan dengan angka dalam forum diskusi ala wong kampung tersebut. Apa yang dia sampaikan sukses membuat saya penasaran. 

Sesampainya di rumah saya membuka laptop, mencari referensi dan rujukan. Apakah benar begitu, karena selama ini saya kok merasa baik-baik saja. Ah, saya terpaksa membenarkan argumen tetangga saya itu karena faktanya saya pun menemukan berbagai referensi yang isinya tak jauh beda dari pemaparannya. 

Secara score PISA (Programme for International Student Asessment) misalnya, ternyata rapor pendidikan Indonesia masih merah. Artinya kualitasnya memang masih perlu banyak pembenahan.

Tahun 2018-2019, di antara negara-negara di dunia, performa akademis anak-anak sekolah berusia 15 tahun dari 3 (tiga) pelajaran yang dinilai yakni Matematika, Sains dan Membaca, Indonesia hanya menempati posisi ke-71 dengan score 382.0. 

Sebagai orang yang lahir, makan dan e’ek di bumi pertiwi ini kok rasanya nyesek di hati. Karena bangsa ini mempunyai recources yang besar dan harusnya score itu lebih baik. 

Benar, score PISA ini memang lebih baik dibanding Lebanon, Morocco, Panama, Kosovo dan Philippines namun jauh tertinggal dengan negara-negara serumpun lainya, di Asia Tenggara. 

Secara score PISA (Programme for International Student Asessment) misalnya, ternyata rapor pendidikan Indonesia masih merah. Artinya kualitasnya memang masih perlu banyak pembenahan.

RANKING
NEGARA
SCORE
1China578.7
2Singapura556.3
3Makao542.3
4Hong Kong530.7
5Estonia525.3
6Japan520
7Korea Utara519.7
8Kanada516.7
Taiwan516.7
10Finlandia516.3
11Polandia513
12Irelandia504.7
13Slovenia503.7
Inggris503.7
15New Zealand502.7
16Belanda502.3
Swedia502.3
18Denmark501
19Jerman500.3
20Belgia500
21Australia499
22Swiss498
23Norwegia496.7
24Czechia495.3
25Amerika Serikat495
26Perancis493.7
27Portugal492
28Austria491
29Latvia487.3
30Russia481.7
31Icelandia481.3
32Lithuania479.7
33Hungaria479.3
34Italia477
35Luxembourg476.7
36Belarus472.3
37Kroasia471.7
38Slovakia469.3
39Israel465
40Turki462.7
Ukraina462.7
42Malta459
43Greece453.3
44Serbia442.3
45Cyprus438
46Chile437.7
47United Arab Emirates433.7
48Malaysia431
49Romania428
50Bulgaria426.7
51Moldova424.3
52Uruguay423.7
53Brunei Darussalam423
54Montenegro422
55Albania419.7
56Jordania416
Mexico416
58Costa Rica414.7
59Qatar413.3
60Thailand412.7
61Colombia405.3
62Kazakhstan402.3
Azerbaijan402.3
64Bosnia and Herzegovina402.3
65Peru401.7
66Brazil400.3
67North Macedonia400
68Argentina395
69Georgia387
70Saudi Arabia386
71Indonesia382
72Lebanon376.7
73Maroko368
74Panama365
75Kosovo361.3
76Philippines350
77Dominican Republic334.3

Score PISA ini memang patut ditanyakan. Apa yang sebenarnya terjadi mengingat anggaran pendidikan yang sigelontorkan oleh pemerintah sangat tinggi dari tahun ke tahun. Sampai-sampai Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah mengungkapkan kekecewaannya secara publik dalam Graduation Apple Developer Academy di Green Office Park, Tanggerang. Apalagi kalau bukan terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang dianggap belum memadai karena pemerintah telah menaikkan anggaran pendidikan setiap tahunnya dan tetap terjaga 20% dari APBN keseluruhan.

Tengok saja, tahun 2019 lalu anggaran pendidikan mencapai angka 492 Triliun Rupiah dan naik 6.2% di tahun 2020 menjadi Rp 508,1 triliun. Bahkan kalau melihat rincian APBN 2021 anggaran pendidikan nasional pun naik lagi. Pemerintah mengalokasi dana sebesar Rp 549,5 triliun. Itu jumlah yang tidak sedikit, loh. 

Adakalanya saya sendiri bertanya kok bisa sih dengan anggaran sebanyak itu mutu pendidikan di negara kita masih kalah dengan negara-negara lain, bahkan di Asia Tenggara. Apa sih akar masalahnya?

Anggaran Pendidikan Indonesia (2011-2019)

Sumber Kementerian Keuangan Republik Indonesia 

Sebenarnya Apa Sih Permasalahan Pendidikan di Negara Ini?

Permasalahan pendidikan di Indonesia itu klasik banget. Sejak saya sekolah pun selalu diulas dan dibicarakan pada berbagai diskusi, simposium, seminar-seminar, rapat kerja dan sebagainya yang notabene adalah oleh orang-orang pintar dan berkompeten.  Ibarat kata semua orang tahu itu kalau masalah pendidikan di negara ini berkutat pada perbedaan layanan pendidikan yakni antara sekolah negeri dan sekolah swasta, antara pulau Jawa dan pulau-pulau di luar Jawa.

Masalah pendidikan di negara ini berkutat pada perbedaan layanan pendidikan yakni antara sekolah negeri dan sekolah swasta, antara pulau Jawa dan pulau-pulau di luar Jawa.

Di kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya kualitas pendidikan memang relatif baik. Bahkan bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia. 

Namun tidak begitu dengan wilayah-wilayah di luar pula Jawa terutama di pelosok dan pinggiran. Umumnya wilayah-wilayah ini masih perlu peningkatan kualitas dalam kaca mata Standar Nasional Pendidikan (SMP).

Masalah ini sudah diketahui sejak lama. Namun seperti menegakkan benang basah, hingga saya berjenggot pun belum ada solusi yang memadai. Buktinya Score PISA pun masih merah.

Pertanyaannya, apa penyebabnya?

Perbedaan layanan pendidikan ini disebabkan oleh beberapa faktor, sebut saja seperti kurang memadainya Infrastruktur pendidikan, ketidakmampuan masyarakat dalam hal biaya, kurangnya bahan pembelajaran bagi siswa atau guru serta ketidakmerataan jumlah guru. 

Di banyak tempat, seorang orang guru masih diberi tanggung jawab mengajar hingga 40 orang murid dalam satu kelas. Ini sangat tidak efektif, karena berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Idealnya guru harusnya hanya mengajar sekitar 28 murid (SD). Hal ini pun terjadi di tempat tinggal saya, Kaligangsa Wetan, Brebes, tempat keponakan saya sekolah. Dua SD yang berhadap-hadapan. 

Faktor lain yang memberi andil dalam permasalahan pendidikan di negara kita adalah belum kurangnya guru terampil, berkualitas dan bersertifikasi. Padahal kualitas dan skill guru sangat dibutuhkan dalam proses mentransfer ilmu pengetahuan, keterampilan, dan akhlak kepada murid. Dalam sebuah rilis, Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi, pernah mengatakan kalau dari 3,01 juta guru di Indonesia ternyata baru sebanyak 1,39 juta guru yang telah tersertifikasi. 

Infrastuktur Pendidikan Kurang Memadai

Di berbagai wilayah masih terdapat sekolah, yang mempunyai fasiltas minim, kapasitas tidak cukup serta sudah ketinggalan zaman. Ini belum lagi terkait akses pendidikan anak yang jauh dari kata bagus, semisal internet, dan lainnya.

Bahan Pembelajaran Siswa Atau Guru Kurang

Bahan pembelajaran seperti buku dan bahan bacaan lain jumlahnya tidak sebanding dengan peserta didik dan guru. Sedangkan media elektronik belum bisa mencover keseluruhuan wilayah.

Anak Sekolah

Perbedaan layanan dan kualitas pendidikan

Diolah dari berbagai sumber

circle rorate

Tidak Semua Orang Tua Anak Mempunyai Dana Pendidikan

Di Indonesia memang mempunyai wajib belajar 12 tahun namun di berbagai wilayah pelosok negeri banyak yang terkendala karena biaya.

Kurangnya Jumlah Guru Terutama Yang Terampil dn Bersertifikasi

Faktanya di lapangan, perbedaan layanan dan kualitas pendidikan juga karena kurang jumlah guru serta kualitas guru yang terampil dan bersertifikasi.

SEBAGAI GARDA DEPAN PENDIDIKAN NASIONAL, GURU BUTUH TERUS Upgrade Skill dan Kompetensi

Sebagai garda depan pendidikan nasional, guru dituntut mampu menyelaraskan diri dengan jaman agar mampu menghadapi tantangannya. Untuk mencapai titik itu, guru tidak boleh terbawa romansa cara mengajar masa lalu (jaman kolonial) yang cenderung berorientasi mencetak tenaga-tenaga kerja industri ketimbang seorang ahli (expert). 

Cara mengajar guru harus berubah, lebih ke arah bagaimana menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik (education as organized and sustained communication designed to bring about learning).

Oleh karena itu, guru mesti terus upgrade skill dan kompetensinya menjadi lebih profesional. Indikasi profesesional ini ditunjukkan dengan memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi-kompetensi lain seperti kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial yang benar-benar kualifaid.

Cara mengajar guru harus berubah, lebih ke arah bagaimana menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik (education as organized and sustained communication designed to bring about learning).

Pedagogik

Pemahaman tentang peserta didik dan pengelolaan pembelajar mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai pada tahap mengevaluasi

Kepribadian

Personalitas yang mencerminkan kepribadian yang mantap, dewasa, stabil, arif dan berwibawa yang bisa menjadi teladan bagi siswa dan siswinya

4 Kompentensi Guru!

Guru
Bg Text01

Sosial

Mempunyai kemampuan komunikasi dan pergaulan secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat

Profesionalisme

Menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi pembelajaran dan substansi keilmuan yang menaungi materi dalam kurikulum

Upgrade SKILL DAN Kompetensi, Guru Bisa Belajar Mengajar Di GuruInovatif.id

Saat ini, upgarede skill dan kompetensi memang tidak lagi sulit, bahkan bisa dilakukan secara mandiri dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Guru-guru bisa memanfaatkan berbagai pusat studi online dalam berbagai platform. Sebut saja salah satunya adalah guruinovatif.id. Apa itu?

GuruInovatif.id ini adalah platform pembelajaran daring (Online Learning). Ini platform bagus karena didesain secara khusus bagi guru Indonesia untuk mengasah keterampilan mengajar dengan berbagai metode yang variatif seperti kursus, webinar, online certification, dan lain sebagainya.

SIAPA HAFECS?

GuruInovatif.id ini adalah platform pembelajaran daring (Online Learning) yang didesain secara khusus bagi guru Indonesia untuk mengasah keterampilan mengajar dengan berbagai metode seperti kursus, webinar, dan lain sebagainya.

Platform ini adalah salah satu ide kreatif untuk peningkatan mutu guru dan pendidikan nasional, persembahan dari HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services). [ HAFEC ] itu sendiri adalah sebuah lembaga dibawah Yayasan Hasnur Centre yang konsisten mendorong percepatan transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan metode pengajaran dan pembelajaran di kelas serta pengembangan kurikulum sekolah.

Sedangkan Yayasan Hasnur Centre adalah organisasi sosial, induk dari berbagai lembaga yang banyak berkiprah di bidang sosial, keagamaan dan kelembagaan, bidang pendidikan, kepemudaan dan pengembangan program. Organisasi ini didirikan oleh almarhum Haji Abdussamad Sulaiman HB di Banjarmasin pada tahun 2010, 11 tahun lalu.

Platform ini dinisbahkan sebagai tempat belajar guru yang bermanfaat untuk meningkatkan skill mengajar yang akan memembantu memudahkan dalam transfer knowledge kepada siswa-siswinya.

Ya. Secara teknis, platform ini akan melatih kemampuan guru dengan topik-topik yang erat hubunganya dengan kompentensi yang wajib dimiliki guu mulai dari topik PCK (Pedagogical Content Knowledge), HOTS (Higher Order Thinking Skills) yakni pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk meningkatkan kualitas lulusan, topik assesment dan sebagainya.

Lalu, apa menariknya platform ini, serta bagaimana GuruInovatif.id membantu Guru Indonesia dan mutu pendidikan nasional? 

 

BELAJAR METODE PEGARAJARAN MUTAHIR HANYA DALAM SATU PLATFORM

GuruInovatif.id ini menyediakan berbagai motode pengajaran dalam bentuk kursus online. Semua modul kursus bersifat mutahir, mengalami update terus menurus dan telah disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran siswa serta kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini. Guru belajar mengajar di GuruInovatif.id ini memungkinkan memilih berbagai program kursus pilihan, webinar dan ISLTF (Innovation School Leader and Teachers Forum) melalui kelas online.

Sertifikasi Online01

Program Sertifikasi 64 JP (HOTS & PCK)​

Menyediakan berbagai modul belajar HOTS dan PCK secara rinci dan detail beserta contoh aplikasi materi modul hingga 64 jam pertemuan

Innovation School Leaders and Teachers (ISLTF)

Menyediakan berbagai modul belajar HOTS dan PCK secara rinci dan detail beserta contoh aplikasi materi modul hingga 64 jam pertemuan

Productivity Course

Kursus-kursus yang ditujukan untuk berbagai keahlian tambahan bagi guru Indonesia agar lebih efektif dan efisien

Webinar

Event-event webinar dengan materi-materi pemberdayaan bagi guru yang dipandu trainer-trainer ahli dalam bidangnya. Even webinar ini bersitifikat.

Mini Course

Fitur kursus online yang disediakan, di mana pengguna memungkinkan untuk bertukar pikiran atas sebuah topik atau problem secara bebas yang gerhubungan dengan online course

arraw-right
arraw-right
arraw-right
arraw-right
arraw-right
Sertifikasi Online2b
mini course
Productivvity Course
webinar
webinar2
ISTL

DUA PILIHAN KURSUS, GRATIS DAN BERBAYAR (VVIP)

GuruInovatif.id menyediakan berbagai jenis kursus baik yang bisa diakses secara gratis maupun berbayar (VVIP). Keduanya memiliki perbedaan dari segi fasilitas. Walaupun gratis misalnya, guru tetap mendapatkan akses pembelajaran via Youtube, mendownload materi pembelajaran serta mendapatkan sertifikasi guru.

Untuk kursus berbayar, biaya investasi yang dikenakan kepada guru pun relatif terjangkau, bahkan kalau dilihat dari manfaat yang diperoleh, investasi itu seperti tak ada artinya. Lihat perbedaan fasilitas masing-masing program kursus di bawah ini.

Online Certification

Rp 65
000
Inventasi mulai
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan e-sertifikat kursus 32JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 2 jam

Mini Course

Rp 25
000
Inventasi mulai
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan e-sertifikat kursus 16JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 30 menit

Productivity Course

Rp 0 Gratis
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan e-sertifikat kursus 4JP
  • Video berkualitas FHD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 10 menit

ISLTF

Rp - Gratis & VVIP
  • Berlangsung secara tidak langsung
  • Mendapatkan e-sertifikat kursus 4JP
  • Video berkualitas HD
  • Dapat materi belajar
  • Durasi minimal 60 menit

SEMUA MATERI KURSUS DIBUAT PARA AHLI BERPENGALAMAN, MUDAH DIPAHAMI DAN APPLICABLE

Karena menyangkut skill dan kompetensi guru dan mutu pendidikan nasional, maka GuruInovatif.id pun tidak asal dalam menyediakan materi kursus dan pembelajaran. 

Guru belajar mengajar di GuruInovatif ini akan mendapatkan materi pelatihan guru yang dibuat para trainer profesional di bidangnya dan guru-guru terbaik dari sekolah yang telah menjadi mitra GuruInovatif.id.

Selain itu, karena didesain untuk peningkatan skill dan kompeteni guru untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, maka semua materi kursus yang ada di online course juga dibuat sedemikian rupa agar mudah dipahami dan diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

BELAJAR MUDAH DARI MANA DAN KAPAN SAJA SERTA KOMPETIBLE DENGAN BERBAGAI PERIPERAL

Salah satu kebermanfaatan yang ditawarkan platform ini adalah, guru belajar mengajar di GuruInovatif.id bisa di mana saja dan kapan saja serta kompetibel dengan berbagi periperal (gadget) walaupun platform ini berjalan underweb. Dalam prakteknya, guru hanya perlu melalui 5 (lima) proses saja untuk dapat langsung mendapatkan berbagai fasilitas dari GuruInovatif.id.

Buat Akun

Kunjungi website GuruInovatif.id dan isi form pendaftaran (gratis)
Direction Arrows
Step 01

Pilih Program

Pilih program kursus Online, Webinar, ISLTF dengan sertifikat yang dikehendaki
Direction Arrows
Step 02

Pembayaran

Lakukan pembayaran bila menginginkan kursus online yang premium (VVIP)
Direction Arrows
Step 03

Mulai Kursus

Setelah melakukan pembayaran, guru bisa langsung segera mulai belajar
Direction Arrows
Step 04

Dapatkan Fasilitas

Selesai kursus, ambil fasilitas seperti sertifikat, e-modul, dan fasilitas lainnya
Direction Arrows
Step 05

FINALLY

Bagaimana platform pembelajaran online untuk guru ini menarik, bukan? 

Ya, Hadirnya GuruInovatif.id ini menjadi salah satu alternatif bagi guru-guru di Indonesia untuk menempa skill dan kompetensi agar lebih berkualitas dan profesional. Tentu saja bila guru berkualitas maka anak didik pun akan berkualitas pula. Ini yang akan memperbaiki mutu kualitas pendidikan di negara ini. 

Platform ini memang bagus. Tak heran sejak running, platform ini dipercaya oleh 50,000+ guru dan penggiat, 10,000 sekolah dan instansi serta telah melakukan lebih 300 pelatihan di 300 kota di Indonesia.

Mau upgrade skill pengajaran, guru mesti belajar mengajar di GuruInovatif.id.