Dukungan Laptop Mobile Workstation Terbaik Untuk Bisnis dan Karir

Meskipun handphone telah mengalami perkembangan yang luar biasa, namun laptop masih menjadi periperal utama untuk membangun bisnis dan karir. Untuk tugas yang berat, laptop mobile workstation adalah pilihan paling realitis. Kenapa?

Ketika saya masih bekerja di sebuah dealer sepeda motor jaringan nasional di Jepara, saya ditawari oleh bos besar. Intinya pak bos menyodorkan dua pilihan, pertama cabang akan diberi fasilitas terbaik namun target penjualan bertambah atau mengoptimalkan fasilitas yang ada tetapi target penjualan tidak berubah. 

Tanpa pikir panjang saja saya memilih alternatif pertama. Ya meskipun saya tahu konsekwensi logisnya adalah terdegradasi atau dimutasi ke luar Jawa bila persentase pencapaian target tidak reliable dalam pandangan perusahaan. Kenapa saya berani ambil resiko?

Bagi saya, tak ada yang lebih indah dalam hidup selain “menantang diri” melalukan hal lebih dibanding selalu berada di wilayah nyaman. Saya pun yakin bahwa fasilitas dan resources yang lengkap memudahkan saya menangkap peluang dengan cepat dan maksimal. Analoginya, mencari ikan dengan memancing hasilnya pasti berbeda bila dengan jala. Ya, seperti itu.  

Pilihan saya akhirnya berbuah manis. Atas ijin Allah SWT, semua berjalan lancar meski pun ada riak dan gelombang. Seperti sinetron televisi yang ujungnya selalu happy ending. Target yang dibebankan perusahaan terlampaui dan cabang pun naik kelas. Sebagai reward, saya pun bisa bekelana ke beberapa negara dalam kurun waktu 3 tahun, gratis.

Apa yang saya alami di masa lampau tersebut terus menjadi keyakinan saya di masa-masa selanjutnya, betapa fasilitas kerja yang memadai akan memudahkan karir dan usaha, apa pun jenisnya. 

Seperti saat ini misalnya, meskipun saat ini tidak lagi menjadi orang kantoran, namun dengan aktivitas digital yang saya tekuni tetap saya membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai, terutama laptop mobile workstation yang memungkinkan saya bisa melakukan banyak hal ini dan itu dengan mudah. Bukan laptop standar.

Kenapa Laptop Mobile Workstation?

Antara Laptop Mobile Workstation dan Laptop Standar

Di pasaran memang beredar berbagai jenis laptop. Selain laptop standar, terdapat juga laptop mobile workstation. Bukannya workstation itu berbentuk desktop?

Ya, umumnya workstation sih memang dalam bentuk PC desktop. Namun seiring  kecenderungan orang bekerja remotely, mendorong berbagai produsen mengembangkan produk mobile workstation atau workstation dalam bentuk laptop. Apa bedanya dengan laptop standar?

Secara fisik (desain body) dan beberapa teknologi yang dipakainya sih tidak terlalu ada beda. Misal saja dimensi layar yang sama-sama menggunakan 15” atau 17”, jenis layar, teknologi Wifi, port-port yang dipakai, dan sebagainya.

Nah, perbedaan yang sangat prinsipal adalah tekonologi “daleman” yang digunakan yang menawarkankan performa dan kinerja laptop lebih baik ketimbang laptop standar.

Umumnya, laptop mobile workstation itu tidak hanya dibekali Central Processor Unit (CPU) yang cepat dan dengan teknologi terbaik, namun juga dilengkapi Graphic Procesor Unit (GPU-kartu grafis) yang handal. Ia juga memiliki memori dan storage besar dengan teknologi yang terkini serta sistem pendingin yang baik. 

Prosesor misalnya, kalau menggunakan Intel, setidaknya menggunakan intel core generasi 10 atau kalau AMD ya sekelas Ryzen begitu.

Selain itu, laptop workstation umumnya menggunakan VGA (kartu grafis) dedicated atau discreet (berdiri sendiri) terbaik, katakanlah seperti NVIDIA, AMD Radeon atau paling tidak menggunakan intel iris. 

Nah, mendukung kinerja prosesor yang sudah canggih, laptop mobile workstation ini umumnya juga memiliki RAM besar, paling tidak mengadopsi 16 GB. Sedangkan untuk storage, ia sudah menggunakan storage jenis SSD yang cepat.

Tak ketinggalan adalah sistem pendingin. Umumnya laptop workstation itu bertemperatur tinggi karena menjalankan aplikasi dengan rendering berat dan grafis yang detail. Maka, laptop worksation pasti mengaplikasikan sistem pendingin yang benar-benar mumpuni untuk mendinginkan laptop. 

Nah, karena alasan teknologi dan spesifikasi inilah para saya dan pekerja digital lainnya memilih laptop mobile workstation ketimbang laptop standar.

Laptop Desain terbaik

Laptop Workstation Terbaik Untuk Desain

Untuk aktiitas digital ringan seperti streaming, baca berita dan menulis artikel di beberapa user-generated platform, menggunakan laptop standar pun tidak jadi persoalan. Namun untuk membangun usaha atau merintis karir sebagai content creator yang akrab dengan software multimedia dan grafis maka laptop mobile workstation untuk desain menjadi kebutuhan yang realistis.

Dulu ketika perkerjaan saya lebih banyak berkaitan dengan analisa data, presentasi dan decision making, maka memakai laptop kentang dengan spesifikasi standar pun tak masalah. Toh kebutuhannya hanya membuka aplikasi office seperti excel, word dan powerpoint yang relatif ringan dan tak membutuhkan resources besar. 

Namun ketika memutuskan menjadi pekerja digital yang fokus pada konten berisikan grafis, animasi dan video, maka laptop dengan spesifikasi standar tak lagi bisa diandalkan. 

Bagaimana tidak, software-software multimedia dan desain grafis terbaru memang membutuhkan resouces yang besar pula. Sebut saja seperti Photoshop, Coreldraw, Ilustrator, Aplikasi 3D (3DMax, Cinema 4D, Blender) serta sotfware editing video dan animasi (Aftereffect, Vegas, dll). 

Update terbaru software-software tersebut bahkan hanya maksimal bila running maksimal di laptop atau pc dengan spesifikasi tertentu pula, setidaknya yang memiliki OS terbaru dan kartu grafis yang mendukung. 

Saat ini, meskipun saya menggunakan laptop dengan prosesor i5 namun keluaran 7 tahun. Kartu grafisnya onboard yang tidak kompetible dengan software-software terbaru. Maka saya masih menggunakan software-software versi lama tanpa pembaharuan fitur.

Secara teknis saya memang membutuhkan dukungan laptop mobile workstation terbaik khususnya laptop untuk desain sesuai dengan interest saya selama ini. 

Di pasaran sebenarnya ada banyak pilihan laptop mobile workstation dengan spesifikasi untuk desain seperti yang saya maksud. Mereka memiliki keunggulan masing-masing baik dari sisi teknologi maupun harga. 

Nah, salah satu laptop-laptop workstation produksi HP (Hewlett-Packard), salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia.

Ya. Selain PC Workstation HP, perusahaan teknologi asal Amerika ini juga menjadi salah satu produsen laptop desain terbaik untuk bisnis dan para pekerja digital. 

Salah satu yang menarik saya adalah HP Zbook Create yakni laptop workstation HP keluarga ZBook series yang memiliki teknologi terbaik yang saya butuhkan.

Zbook Create
01

Intel® Core™ Generasi Terbaru

HP ZBook Create telah menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 / i9 generasi 10 (Intel Xeon-Opional) dengan kemampuan multitasking yang mampu menjalankan berbagai aplikasi rumit dengan grafis yang detail dan rendering yang berat, seperti Adobe Premiere Pro®, Ilustrator, photoshop dan berbagai aplikasi 3 dimensi. 

intel core
NVIDIA
02

Kartu Grafis NVIDIA® GeForce® RTX™ Generasi Terbaru

ZBook Create adalah laptop 15.6 inci pertama HP yang membawa teknologi panel layar DreamColor yang memiliki visualisasi tingkat tinggi untuk merender proyek 3D yang rumit. Lebih-lebih ia dilengkapi dengan kartu grafis generasi terbaru yakni NVIDIA® GeForce® RTX 2080 Super. Dengan teknologi ini bukan hanya sekedar desain, HP Zbook Create pun sangat nyaman untuk memainkan game-game yang berat dan beresolusi tinggi.

03

Memori dan Storage Besar

HP ZBook Create dilengkapi RAM hingga 32 GB. Dengan RAM sebesar ini maka akan semakin mudah daan lancar untuk melakukan rendering, pengeditan, dan simulasi dengan cepat. Laptop workstation ini juga memiliki storage besar, setidaknya 1 TB PCIe® NVMe™ TLC SSD.

RAM
Pendingin
04

Pendingin Handal

Laptop HP ZBook Create ini menggunakan teknologi Vaporforce Thermals yang akan tetap dingin dengan beban kerja apa pun. Teknologi pendingin ini membantu perpindahan panas dari GPU dan CPU dan mendistribusikannya ke seluruh ruang untuk pendinginan yang lebih optimal.

Berapa duit? Memiliki status sebagai loptop desain terbaik, HP ZBook Create memang memiliki harga 3X lipat dibanding dengan laptop standar, yakni Rp 40 Jutaan. Namun dengan teknologi yang diusungnya saya pikir harga itu sepadan. 

Dengan teknologi itu siapa pun akan semakin profesional karena mampu melakukan banyak hal dengan maksimal dari mulai desain sederhana hingga merender desain-desain 3D yang detail dan akurat, bahkan ngegame sekalipun.   

Namun, bila finansial menjadi problem, HP pun menawarkan berbagai laptop desain terbaik lainnya dengan berbagai pilihan harga. Sebut saja seperti  HP Pavilion Gaming Laptop 15-dk2068TX berprosesor hingga Intel® Core ™ i7 dan Grafis NVIDIA® GeForce® GTX dengan kisaran harga Rp 15 jutaan.

Atau HP ENVY x360 13 Dengan Intel® Evo™ platform generasi 11 dan Intel® Core™ i5 processor dengan kartu grafis Intel® Iris® Xe graphics yang dibadrol harga Rp 17 Jutaan.