Skip to content

Mendulang Cuan dari Ujung Malam

Laptop, internet dan kopi adalah dunia saya di setengah malam.

hanging lamp

Jam sudah menunjukkan pukul satu dini hari. Ditemani secangkir kopi hitam, saya masih memandangi layar laptop yang sudah mulai redup karena usia. 

Tak serasa sudah lima jam lebih saya duduk di depan laptop. Tangan dan pikiran pun sudah tak lagi sinkron. Maunya apa, hasilnya kemana. Namun saya tetap semangat menyelesaikan task tepat waktu.

…oh tidak, masih satu lam lagi. Website harus selesai hari ini. Besok mesti diserahterimakan pada Pak Andri.” Kata pikiran membantah bisikan hati yang terus memprovokasi untuk berhenti.

Ya begitulah. Ketika kebanyakan orang sudah terlelap dalam buaian mimpi indah di ranjang berkasur empuk, saya masih terjaga dan melukis harapan dalam pekatnya malam.

Menempati ruangan kosong bekas gudang, saya bekerja dalam kesunyian. Dari sini saya berikhtiyar menangkap peluang dan kesempatan demi sekepeng dua kepeng uang tambahan agar dapur selalu ngebul.

Laptop, kopi, dan internet adalah dunia di setengah malam saya, sebagai seorang freelancer.

Don't stay in bed, unless you can make money in bed

Yes, I Am A Freelancer!

Bukan tanpa sebab kalau saya memilih menjadi seorang freelancer. Internet telah memungkinkan hal itu. 

Saya tak mungkin menafikan betapa internet adalah penemuan paling fenomenal dalam perjalanan hidup manusia. Ia adalah keajaiban yang benar-benar telah mengubah mengubah wajah dan peradaban dunia.

Bagaimana tidak. Sekat-sekat antar bangsa sudah nyaris runtuh. Dunia yang sebesar ini telah berubah, tak ubahnya hanya seperti perkampungan besar semata.

Tak ada satu pun entitas yang benar-benar tersembunyi. Semua telah terhubung dalam sebuah jaringan digital.

Tak ada yang mustahil hidup di jaman internet seperti saat ini. Dulu, kesempatan kerja dan berusaha yang cenderung masih terpusat di kota-kota besar kini dapat diakses oleh masyarakat luas bahkan yang berasal dari kota kecil dan pedesaan sekalipun.

Internet juga telah merubah gaya hidup banyak orang tentang bagaimana harus hidup, berkarya, mendapatkan penghasilan. Faktanya, hanya dengan modal internet dan periperal yang dimiliki orang-orang pun bisa mendapatkan mendapatkan penghasilan, bahkan tanpa batas. 

Orang-orang bisa melakukan banyak hal seperti memulai bisnis dengan berjualan online, menjadi dropshipper, menjadi programmer, content creator, youtuber, menjual jasa desain bahkan menjadi freelancer.

Di banyak negara (termasuk Indonesia), internet bahkan memunculkan pemikiran cukup ekstrem bahwa bekerja di kantor tidak lagi menjadi cara favorit dan satu-satunya untuk mendapatkan penghasilan. Pemikiran ini mendorong banyak orang beralih profesi dan memilih jalan hidup seorang freelancer.

Menurut Forbes, freelancer di AS telah mencapai 57,3 juta orang pada tahun 2018. Jumlah ini diprediksi akan tumbuh 50% di tahun 2027.

Di republik ini sendiri, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, 56,8% masyarakat Indonesia telah memllih bekerja di sektor informal, termasuk di dalamnya adalah sebagai pekerja freelance (freelancer) dalam berbagai sektor.

Saya sendiri memilih menjadi freelancer dalam pembuatan website (web developer) sebagai pekerjaan tambahan karena beberapa alasan. Selain memiliki hobi dan kertertarikan besar pada dunia digital, waktu berkerjanya yang lebih fleksibel. Saya bisa beraktivitas kapan saja dan di mana saja tanpa terikat aturan ‘nine to five’ yang ketat.      

Survey Trend Freelancer di Indonesia

by Sribulancer, 2020

I don't care where I live, so long as there's a roof to keep the rain off my books, and high-speed Internet access.

Antara Kopi, Cemilan dan Koneksi Internet Cepat

Koneksi internet yang cepat dan stabil memungkinkan saya melakukan proses pembuatan website secara cepat, efesien, dan tepat waktu yang berkorelasi positif pada kepuasaan klien.

Website3

Sejak menjadi seorang freelancer yang fokus pembuatan website, sudah banyak website yang saya hasilkan baik untuk personal maupun institusi. Penghasilan yang saya dapatkan memang tidak mencukupi untuk membeli Lamborgini namun sangat membantu menjaga periuk dapur agar tidak tumbang, apalagi dalam kondisi harga-harga kebutuhan pokok yang selalu fluktuatif seperti saat ini.    

Dalam prosesnya saya memang membutuhkan dukungan periperal yang memadai. Sebut saja seperti laptop dan beberapa software esensial, di samping kopi dan cemilan yang membuat mata tetap terjaga. 

Selain hal tersebut, satu hal lain yang sangat krusial dan menentukan sekali dalam semua proses yang saya lakukan adalah koneksi internet yang cepat dan stabil. 

Koneksi internet yang cepat dan stabil memungkinkan saya melakukan proses pembuatan website secara cepat, efesien, dan tepat waktu. Tentu saja ini berkorelasi positif pada kepuasaan klien.

Dalam praktiknya, koneksi internet yang cepat memudahkan saya mengupload data baik gambar maupun text ke dalam website, mendownload material pendukung yang saya butuhkan, mengakses berbagai website untuk inspirasi secara simultan, membuka youtube bila membutuhkan tutorial, melakukan zoom meeting dengan klien, dan sebagainya.

Lebih-lebih dalam prosesnya saya lebih menyukai melakukannya secara online, langsung melalui server hosting yang saya gunakan dan bukan secara offline dengan bantuan software Xampp atau sejenisnya.

Dulang Cuan Tambahan Semakin Mudah dengan MyRepublic

Di republik ini memang ada banyak provider internet. Salah satu yang terbaik dengan segala teknologi dan layanan yang dimilikinya adalah MyRepublic.

Bagi seorang freelancer yang aktivitasnya lebih banyak tergantung pada jaringan internet, maka memilih provider internet terbaik adalah sebuah keharusan. Seperti apa yang terbaik itu? 

Menurut saya, provider internet terbaik adalah provider yang menggunakan teknologi fiber optik untuk jaringannya. Selain itu, menyediakan pilih paket internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, memiliki layanan dan service bagus pula.

Di republik ini memang ada banyak provider internet namun tidak semuanya menggunakan teknologi terbaik. Nah, salah satu yang terbaik dengan segala teknologi dan layanan yang dimilikinya adalah MyRepublic.

MyRepublic adalah provider internet multinasional yang menyediakan layanan paket Internet super cepat dan TV berbayar. Disebut multinasional karena layananannya sudah meliputi Singapura, New Zealand dan kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Di negara kita ini MyRepublic dikelola oleh PT Innovate Mas Indonesia dan PT. Eka Mas Republik yang merupakan bagian dari Sinarmas Group.

Hadirnya MyRepublic ini sendiri adalah untuk menjawab kebutuhan akan layanan internet super cepat dan berkualitas, stabil, tanpa kuota (unlimited) dan aman bagi masyarakat.

Di Indonesia, internet MyRepublic ini menawarkan 3 (tiga ) layanan utama.

Pertama yakni  Paket Internet Rumah dengan teknologi “Fiber To The Home (FTTH)” yang membawa pengalaman mengakses internet super cepat ke rumah dengan harga yang relatif terjangkau.

Kedua, TV kabel interaktif yang menghadirkan lebih dari 80 saluran SD (Standard Definition) dan HD (High Definition), dan, 

Ketiga yakni paket internet untuk bisnis SME (Small Medium Enterprise).

Hadirnya MyRepublic memang menjadi harapan besar masyarakat untuk mendapatkan pengalaman menikmati akses internet super cepat namun dengan biaya yang relatif terjangkau.  

Bagi seorang freelancer dunia digital seperti saya, kehadiran internet super cepat MyRepublic ini jelas semakin memudahkan saya mendulang cuan dari internet. Pada prinsipnya saya lebih cepat dalam mengerjakan banyak task dan mengerjakan task berikutnya tanpa kendala jaringan.  

Ada banyak alasan memang kenapa para freelancer dan pekerja digital secara umum perlu berlangganan internet MyRepublic. Alasan yang pasti, karena MyRepublic ini berbeda dengan kebanyakan provider internet di Indonesia pada umumnya terutama dalam hal teknologi dan kecepatan internet  Kebijakan FUPharga. dan sebagainya.  

Pertama, dari sisi teknologi dan kecepatan misalnya.  banyak provider yang menjanjikan internet cepat namun faktanya kecepatan rata-rata untuk download pada koneksi 4G LTE yang didapat pengguna hanyalah 20 Mbps. Ini berbeda dengan MyRepublic. Dengan koneksi yang sama, MyRepublic menawarkan kecepatan hingga 500 Mbps.

MyRepublic sendiri telah menggunakan fiber optik dalam jaringannya. Secara teknis teknologi fiber ini memiliki lateni rendah sehingga mampu menyajikan kecepatan transmisi data super cepat, yakni mencapai 1 GB/detik. Dengan kecepatan ini, maka mau download, upload, maupun nonton film dan acara TV tak mungkin terjadi buffering.

Selain itu, Selain koneksi internet super cepat, jaringan fiber optic yang digunakan MyRepublic menjamin koneksi internet tetap stabil dalam kondisi cuaca apa pun

Kedua, tentang Fair Use Policy (FUP) yakni pembatasan penggunaan kuota. Di banyak provider ketika bandwidth telah melampaui batas pemakaian maka kecepatan internet akan diturunkan. Nah, di MyRepublic tidak memberlakukan kebijakan FUP ini. Pengguna bebas merdeka menikmati internet cepat tanpa batas dan tak perlu khawatir internet menjadi lambat karena pemakaian.

Ketiga, kebijakan kecepatan download dan upload. berbeda dengan provider lain yang masih memberlakukan kebijakan upload dan download dengan perbandingan 4:1 bahkan hingga 10:1. Di MyRepublic justru menawarkan rasio download dan upload 2:1 sampai 1:1.

Keempat, MyRepublic menawarkan kebebasan memilih paket internet dan TV kabel dengan biaya paling kompetitif dibanding provider lain.

Selain 4 (empat) poin di atas, hal menarik lain yang membuat berlanggan internet MyRepublic mengasikan adalah cara berlangganannya yang relatif mudah. MyRepublik menyediakan beberapa opsi untuk berlangganan. 

Kita dapat langsung berlangganan secara online dengan mengisi formulir yang disediakan, menghubungi Customer Service di 1500 818, melalui email ke order@myrepublic.co.id, atau datang ke kantor cabang MyRepublic terdekat dari tempat tempat tinggal kita.  

Bila binggung menentukan paket berlangganan, MyRepublic pun menyediakan semacam Quisioner ringan yang akan membantu kita memilih paket internet manakan yang sesuai dengan kebutuhan.    

Selain itu, MyRepublic juga menyediakan berbagai macam saluran pembayaran tagihan yang memudahkan para pelanggannya. 

Kita  diberi kebebasan penuh memilih model pembayaran yang dikehendaki dari mulai transfer bank, kartu kredit, mini market, e-Commerce maupun QRIS.

Untuk pembayaran melalui e-commerce atau mini market, MyRepublic bahkan sering kasih program yang membuat para pelanggan semakin untung.

Kalau kebetulan saja ditempat tinggal kita ada Jaringan PRIMA, kita pun boleh-boleh saja melakukan pembayaran melalui ATM PRIMA. 

Intinya, MyRepublic tidak hanya menyediakan koneksi internet super cepat, namun pula menyediakan kemudahan dalam banyak hal, termasuk dalam hal pembayaran tagihan.

Finally,

Internet telah menyediakan apa yang dibutuhkan bagi hidup manusia mulai dari kemudahan hingga jutaan peluang dan kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan untuk hidup yang lebih baik. 

Seperti halnya laptop, kopi dan cemilan, internet juga menjadi bagian hidup yang tak terpeisahkan bagi saya. Kehadirannya bukan hanya mempermudah melakukan komunikasi, mendapatkan informasi dan hiburan, namun juga menjadi cara saya mendapatkan penghasilan sebagai seorang freelancer digital.

Namun, melihat bidang yang saya tekuni, saya memang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil yang membuat semua proses yang saya lakukan menjadi lebih cepat dan efisien.   

Beruntung bahwa di republik ada hadir provider internet terbaik dengan segala teknologi dan layanannya yang mendukung saya semakin bersemangat menekuni aktivitas digital yang saya tekuni ini, yakni MyRepublic.

Selain teknologi fiber optic yang mampu memberikan koneksi internet super cepat dan stabil dalam berbagai kondisi cuaca, kebijakan tanpa batasan kuota MyRepublic membuat saya bebas sebebasnya menggunakan internet tanpa perlu kuatir mengalami penurunan kecepatan di saat-saat urgen.

Kalau anda belum berlanggan, yuk segera berlanggan. Ajak teman atau tetangga juga agar dapat cuan.

Get Member
paketinternetterbaik paketinternetrumah mudahpakaiprima jaringanprima

Say Something!

Butuh sesuatu, ingin menawarkan kerja sama, mau kasih donasi, atau mau ngajak “ngangkring bareng”, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Harga dan Fitur Hosting Murah RumahWeb

[table id=17 /]

Tips Menang Lomba Blog, 100% Menang!

  • 1
    Buat lomba blog sendiri
  • 2
    Sediakan hadiah sendiri
  • 3
    Ikuti sendiri
  • 4
    Jadi juri dan nilai sendiri
  • 5
    Menangkan tulisan sendiri
  • 6
    Sukses!
piala

Ups sorry saya bercanda! 

Saya hanya mau mengatakan bahwa menang lomba blog itu susah dirumuskan bahkan tidak ada rumusnya sama sekali. Itu menurut saya. Berbagai tips yang ada hanyalah guidance agar artikel kita lebih terstruktur, mendekati syarat dan ketentuan lomba begitu. Namun itu tidak memberikan jaminan menang dalam lomba blog. Faktanya, banyak artikel bagus (isi, layout, sesuai S & K) namun kalah. Sedangkan artikel yang sangat sederhana justru malah menang. 

Dari fakta ini saya berpendapat bahwa setiap peserta lomba memiliki peluang yang sama. Tidak perduli ia blogger top, blogger celebrity, blogger mastah, blogger senior, blogger pemula, dan apa pun sebutan atau predikatnya. Yang penting adalah menulis artikel dan segera mensubmitnya. Itu saja. 

Abaikan pandangan juri berpihak, tidak fair, penyelanggara lomba sudah mensetting pemenangnya, atau pemenang hanya dari kalangan terdekatnya saja. Ya abaikan saja pikiran tersebut meski pun tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi. 

Satu lagi, percayalah bahwa setiap tulisan kita akan menemukan takdirnya sendiri. Selain itu menang atau kalah itu erat hubungannya dengan REJEKI, dan rejeki itu tak akan tertukar.

Wallahu a’lam bishawab.