Merajut Mimpi dari Kampung Bersama ASUS - 15 Inch

Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk berhasil secara digital dengan apapun passionnya. Itulah mengapa, walalupun secara defacto saya adalah orang kampung namun tak takut menggantungkan mimpi di antara tombol-tombol keyboard Asus 15 Inch terbaru.

Ornament 02
Ornament 03

ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen

Dalam hidup, salah satu prinsip yang saya pegang adalah terus belajar. Saya pikir belajar bukan hanya bagaimana saya bisa mengerti berbagai hal, namun juga membuat saya mampu melupakan kalau rambut sudah tumbuh beberapa helai uban. Motivasi untuk terus belajar ini sepertinya “efek samping” dari keinginan saya yang selalu ingin tahu dan tak pernah merasa puas berdiri di jalur nyaman. Sampai-sampai saya berani memutuskan resign dari perusahaan ketika dalam posisi yang kehendaki oleh banyak orang.

Nah, satu proses pembelajaran yang saya lakukan setahun belakangan ini adalah bagaimana saya berusaha menyelami dunia digital dengan segala warna-warninya mulai dari blogging kemudian grafis, animasi, hingga layout website. 

Saya memang mempunyai mimpi besar menjadi seorang pekerja digital yang sukses, berkembang dan terus menghasilkan walalupun saya hanya seorang warga kampung. Namun menghasilkan bukan hanya sebatas pada potensi pemasukan secara finansial akan tetapi juga mampu memberi manfaat dan kebahagian kepada lingkungan sekitar.

Ya, saya selalu terdorong berbuat lebih dengan mendermakan apa yang saya tahu kepada lingkungan. Minimal sebagai teman diskusi dan sharing knowledge bagi tetangga kanan-kiri tentang blog, website, atau apa pun yang bernama digital. Dari diskusi ini saya justru mendapatkan banyak feedback yang mendorong saya lebih semangat belajar.

Me and ASUS

Digital Itu Sawah Ladangku. Jelas Saya Butuh Dukungan Laptop Terbaik!

Setahun belakangan ini hidup saya terasa lebih berwarna. Apa yang saya pelajari sejauh ini telah membawa pada titik pemahaman bahwa dunia digital itu tak mengenal limitasi geografis. Ia menawarkan begitu banyak peluang untuk maju dan berkembang. Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk berhasil secara digital dengan apa pun passionnya. Itulah mengapa, walaupun secara defacto saya adalah orang kampung namun tak takut menggantungkan mimpi di antara tombol-tombol keyboard laptop.

Satu-satunya hambatan yang saya rasakan adalah pada ketersediaan periperal pendukung yang baik, terutama laptop. Saya menganalogikan kalau internet adalah sawah dan ladang maka laptop adalah cangkulnya. Maka, mana mungkin bisa mengolah sawah dengan baik bila cangkulnya berkarat dan dengan pegangan yang sudah lapuk pula. Yah, analogi ini yang saya alami. 

Sementara ini saya memang masih menggunakan laptop dengan teknologi lama yang sudah seharus ganti. Usianya sudah 8 tahunan. Kecepatannya pun sudah sangat lambat. Untuk membuka windows 10 saja mesti bersabar. Bahkan saya terpaksa menggunakan keyboard ekternal karena keyboard laptop sudah tidak berfungsi dengan baik. Tentu saja saya membutuhkan dukungan laptop terbaik untuk mengolah sawah ladang digital saya tersebut agar terus berkembang, berbunga dan berbuah.  

Yang terbaik itu seperti apa?

Bagi saya, laptop terbaik itu mempunyai design stylis dan modern, berlayar lebar, menggunakan processor teknologi terkini, memiliki VGA Card terbaik, RAM besar, menggunakan SSD, serta memiliki port-port konektivitas yang lengkap.

Jujur, saya sebenarnya ngefan dengan ASUS ROG. Namun sayang sekali laptop para sultan itu belum kelas saya secara ekonomi, dari segi harga maksud saya. Tapi kalau di kelas entry level, saya suka dengan laptop-laptop ASUS VivoBook Series yang Bold dan Powerful. Yang terbaru adalah ASUS VivoBook 15 A516 yang memiliki tampilan berbeda dan sangat modern.

Terbersit dalam benak saya untuk memiliki laptop tersebut dengan cara kredit [Baca – Wujudkan Keinginan Ganti Laptop Baru ASUS Bersama JULO]. Namun, pandemi Covid-19 malah semakin menjadi-jadi. Itu yang membuat saya berfikir ulang untuk kredit. Saya khawatir terjadi gagal bayar yang membuat keadaan semakin ruyam.

Lalu, apa yang saya suka sehingga tertarik memiliki ASUS VivoBook 15 A516 ini?

ASUS VivoBook 15 A516 - 05

Saya Suka Tampilannya yang Modern dan Mewah

Bagi saya penampilan itu menumbuhkan rasa percaya diri, lebih-lebih bagi pekerja digital yang terkadang membutuhkan ketemu dengan klien untuk presentasi. Pepatah Jawa mengatakan “Ajining diri ono ing lathi, Ajining roso ing busono”.  

Pepatah ini menjadi paduan moral dan saya pegang teguh hingga saat ini. Itulah kenapa, ketika sebulan lalu saya diminta ketemu seseorang untuk dibuatkan website (www.buletin24.com), saya terpaksa meminjam laptop keponakan untuk menunjang penampilan dan presentasi. Tak mungkin saya memaksakan diri nenteng laptop saya yang sudah menggunakan keyboard eksternal.   

Nah, dalam pandangan saya desain dan tampilan ASUS VivoBook 15 A516 itu modern, stylist, mewah dan berkelas. Saya suka kombinasi warna dan lekukan-lekukannya. Saya yakin siapa pun yang melihat laptop ini bakalan mengira kalau laptop ini sangat mahal dan yang memilikinya pasti lebih percaya diri. 

Selain desainnya yang modern dan berkelas, laptop ASUS baru ini juga sangat ringan, ringkas dan portabel. Bobotnya hanya 1,8 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9 mm. Dengan bobot ini, laptop yang didesain dalam dua warna yakni Slate Grey dan Peacock Blue ini tentu saja nyaman digunakan dan dibawa bepergian ke mana saja tanpa takut menjadi beban di pundak. Ini yang saya mau.

ASUS bilang,

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Saya Suka Layarnya yang Lebar

Karena intensitas di depan laptop berukuran 12,5 inch yang tinggi setahun belakangan ini, saya merasa sudah mulai ada perubahan yang signifikan pada penglihatan saya. Apa yang terlihat di layar laptop akan segera kabur dalam beberapa saat. Maka dari itu, saya terpaksa memakai kaca mata plus agar bisa berlama-lama beraktivitas di depan laptop.

Karena alasan itu pulalah saya suka dan tertarik dengan ASUS VivoBook 15 A516 yang mempunyai layar lebar dan besar. Ya, ASUS baru ini menggunakan layar FHD (Full HD) yang besar yakni 15 inch. Layarnya juga dilengkapi dengan teknologi anti glare serta teknologi NanoEdge display. Selain tidak silau, layar ASUS ini juga memberikan ruang yang lebih lebar karena miliki screen to body ratio 83%.

Dengan ukuran layar sebesar ini tentu saja akan membuat saya lebih nyaman bekerja di depan laptop untuk mengerjakan berbagai proyek digital, atau saat mengibur diri dengan nonton film atau main game. Lebih-lebih ASUS 15 incih ini memiliki wide angle view 178 derajat yang memungkinkan tampilan layar tetap terlihat jelas dari sudut manapun serta memiliki keyboard full-size dengan backlit yang nyaman untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya sekalipun.

Saya Suka Ms Officenya yang Seumur Hidup

Operasi sistemnya pakai apa? ASUS 15 Inch ini menggunakan Windows 10 Home. Ya, saya cukup familier dengan OS ini karena laptop yang saya pakai saat ini juga menggunakan OS yang sama. Tapi yang lebih saya suka lagi adalah software Ms Officenya (Word, Excel dan PowerPoint) ternyata  menggunakan Office Home dan Student 2019 genuine dengan lisensi seumur hidup

Artinya semua fitur-fitur office terbuka dan bisa dipakai semua serta  dijamin gak bakalan muncul notifikasi lisensi expired yang memalukan dan bikin keki kerana  tiba-tiba muncul saat presentasi. No way!

ASUS bilang,

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Paling Suka dengan "Dalemannya"

Prosesor, RAM dan Kartu Grafis

Ya, saya suka “daleman” ASUS VivoBook 15 A516 ini “.  Menurut saya apa yang dimilikinya sesuai banget dengan ekspektasi saya. Apakah itu? Sebut saja dari prosesornya yang ditenagai prosesor hingga Intel Core generasi ke-10. Ini adalah prosesor modern dengan berbagai fitur dan teknologi terkini. Di ASUS 15 Inch terbaru ini, varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1

Prosesor ini memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Dijamin pasti cepat pokoknya apalagi prosesor Intel Core ini juga dilengkapi dengan RAM DDR 4 SO-DIMM yang upgradable hingga 128 GB dan chipset grafis terbaik pula. Ya, beberapa varian ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330

Bagi saya pemakaian prosesor, RAM hingga VGA Card ASUS 15 Inch ini sudah lebih dari cukup mendukung aktivitas digital saya untuk menjalankan berbagai software yang membutuhkan performa grafis ekstra dan dengan rendering berat seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game. 

Storage

Untuk storage, laptop terbaru dari ASUS ini mengaplikasikan Dual Storage yang besar yakni 2.5 inci SATA hingga 1 TB dan SSD 256 GB. Dengan SSD ini, ASUS 15 Inch dijamin memiliki respons dan waktu load yang lebih cepat serta dapat menyimpan berbagai file seperti film, koleksi musik, dan album foto tanpa khawatir kehabisan space. 

Yang tambah mengesankan itu, HDDnya dilindungi dengan fitur peredam guncangan yakni E-A-R® HDD. Fitur ini bertugas melindungi data yang ada di HDD dari berbagai benturan yang mungkin terjadi karena sesuatu sebab. Artinya, fitur ini memberi rasa nyaman saat saya harus berkerja di dalam maupun di luar rumah dengan deadline ketat.

Konektivitas

Dan, karena laptop ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan harian semua kalangan, maka pabrikan pun melengkapi dengan berbagai port dan periperal pendukung fungsional. Sebut saja seperti port USB-C® 3.2 yang dapat diputar balik dan USB-C® 3.2 Tipe-A yang dapat mentransfer data hingga 10x lebih cepat dibanding USB 2.0. Ada pula output HDMI dan microSD reader untuk menghubungkan laptop dengan berbagai periferal, layar, proyektor dan lain sebagainya dengan mudah. 

Dan untuk konektiitas internet, ASUS 15 inch ini telah mengaplikasikan WIFI generasi terbaru yakni Wi-Fi 5 (802.11ac) Wifi generasi terbaru ini mampu menyajikan akses koneksi internet cepat yang memudahkan saya melakukan berbagai aktivitas.   

Fitur Pendukung Lainnya

Semakin powerful kiranya bahwa ASUS 15 Inch terbaru ini juga dilengkapi fitur Fingerprint Sensor. Dengan fitur ini saya tak perlu lagi mengetik kata sandi untuk login. 

Selain itu ada pula aplikasi MyASUS yang menyajikan fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS ini juga menyediakan fasilitas berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone tanpa harus menggunakan kabel USB.

ASUS bilang,

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Spesifikasi dan Harga

Color

Slate Grey
Peacock Blue

Operating System

Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Processor

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)

Graphics

NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5
Intel® UHD Graphics 600

Display

15.6-inch,HD (1366 x 768) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %

15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %

15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %

15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,IPS-level Panel,Anti-glare display,LED Backlit,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %

Memory

4GB DDR3 on board
4GB DDR3 on board,4GB DDR4 SO-DIMM
8GB DDR3 on board
4GB DDR4 SO-DIMM ,Memory Max Up to:12GB

Storage

1TB SATA 5400RPM 2.5″ HDD, 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

I/O Ports

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x DC-in
Micro SD card reader (on selected model)

Expansion Slots (includes used)

1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0×2
1x STD 2.5” SATA HDD

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard with Num-key

Camera

VGA camera

Audio

SonicMaster
Audio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
with Cortana support

Network and Communication

Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Power Supply

ø4.0, 45W AC Adapter, Output: 19V DC, 2.37A, 45W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 33W AC Adapter, Output: 19V DC, 1.75A, 33W, Input: 100-240V AC 50/60Hz universal

Weight

1.80 kg (3.97 lbs)

Dimensions (W x D x H)

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18″ x 9.25″ x 0.78″ ~ 0.78″)

Built-in Apps

McAfee
MyASUS

MyASUS Features

AppDeals
System diagnosis
Battery health charging
Splendid
Tru2Life
Function key lock
Smart WiFi
Link to MyASUS

Microsoft Office

Office Home and Student 2019 included

Regulatory Compliance

Energy star

Security

BIOS Booting User Password Protection
Trusted Platform Module (Firmware TPM)
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Fingerprint sensor intergrated with Touchpad
Security Lock

Included in the Box

Backpack

Harga

Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD
Rp5.299.000

Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD
Rp5.399.000

Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD
Rp7.599.000

Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD
Rp7.899.000

Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD
Rp7.799.000

Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD
Rp8.199.000

Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD
Rp10.999.000

Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD
Rp11.099.000

Pilihan Saya?

Dari semua varian ASUS 15 Inch ini, saya memimpikan memboyong varian yang telah menggunakan prosesor Intel® Core™ i5-1035G1. Selain telah menggunakan prosesor tercanggih, varian ini juga telah dilengkapi dengan kartu grafis GeForce MX330 dan RAM besar.

Saya sangat yakin bahwa kombinasi antara prosesor, kartu grafis dan RAM tersebut bakal menjamin kelancaran aktiitas digital saya dari blogging, desain, editing video hingga memainkan game-game dengan rendering berat dan detail yang tinggi.

Kalau untuk warna, saya suka warna Slate Grey. Menurut saya warna Slate Grey ini mempunyai kombinasi warna sangat elegan, nampak kokoh, mewah dan modern yang akan mendukung penampilan dan aktivitas digital saya lebih-lebih ketika presentasi dengan klien. 

Tapi sayang sekali, untuk sementara saya hanya berani bermimpi dulu untuk memilikinya karena pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak hebat pada usaha-usaha saya. Saat ini resources yang saya miliki lebih saya fokuskan untuk memenuhi kebutuhan “kampung tengah” keluarga alias bertahan hidup. Namun setidaknya mimpi itu telah lekat di sanubari, teriring doa semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan usaha menjadi lebih maju lagi. Entah bulan depan atau depannya lagi. Ya, Who knows!

Kalau kamu bagaimana?