Mewujudkan Kemandirian Finansial Bersama Mangdropship

Sukses dan memiliki kemandirian finansial adalah keinginan setiap orang. Dengan dua hal ini hidup akan terasa longgar. Bisa jadi, di situlah difinisi bahagia tergambarkan. Bagaimana mewujudkannya?

ornament MD 01

Ada banyak jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. Dalam perspektif ekonomi, pepatah ini pun bisa dimaknai bahwa ada banyak cara pula bagi seseorang menjadi sukses dan mandiri secara finansial, yakni sebuah kondisi di mana seseorang memiliki sumber daya lebih yang menjamin terpenuhinya kebutuhan hidup.

Dalam ekosistem digital yang semakin internet sentris, sukses dan mandiri secara finansial rasa-rasanya memang semakin mudah diwujudkan. Pasalnya, internet membuka ruang-ruang berusaha dengan jutaan peluang tersedia di dalamnya. Maka tak heran bila hanya dengan bermodalkan internet dan gadget yang dimiliki, orang-orang pun bisa sukses dengan aktivitas digital yang dilakukannya.

Mereka melakukan banyak hal mulai dari menjadi programmer, web designer, content creator, copywriter, youtuber, ilustrator, dan lain sebagainya. Namun tak sedikit pula yang merintis jalan sukses dan kemandirian finansial dengan berjualan online. 

Ornament 02
Ornament 03

Jualan Online

Apa Masih Bisa Untung?

Profit atau untung akan selalu menjadi parameter utama, apapun usahanya. Begitu pula dengan jualan online. Pertanyaannya adalah, dengan rimbunnya ecommerce dan toko online saat ini apakah jualan online masih bisa untung? 

Saya pikir tak butuh cenayang untuk menjawab pertanyaan ini karena sebenarnya bisa dijawab dengan fakta dan analisis data dari berbagai hasil survey.

Secara demografi, bangsa Indonesia memiliki populasi yang besar yakni sebanyak 277,2 juta jiwa berdasarkan survey BPS terakhir. Jumlah ini bahkan menempatkan Indonesia berada di posisi keempat terbesar di dunia setelah China, India dan Amarika. Dengan jumlah populasi yang besar ini, logis gak sih kalau Indonesia adalah pasar yang besar pula?

Selain itu, seiring dengan kemudahan orang mengakses internet dan terjangkaunya harga semartphone, pengguna internet di Indonesia pun terus tumbuh. Menurut dailysocial, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta atau 73,7 persen dari total populasi. Angka ini pun diprediksi akan terus tumbuh di waktu mendatang.

Menariknya, dari total pengguna internet di Indonesia tersebut, 138.1 juta atau 68,2 persen (beberapa data menyebut 88,1 persen) mempunyai kebiasaan berbelanja secara online. Jumlah ini bahkan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna ecommerce tertinggi di dunia.  

Nilai transaksinya pun tidak sedikit. Pada awal januari 2021, nilai transaksi toko online (ecommerce) mencapai 30,31 milliar dollar atau ekuivalen dengan 428,7 Triliun. Kalau dimapping by user maka orang indonesia terbiasa membelanjakan uangnya rata-taya 3 jutaan per tahun secara online. 

Saya memang bukan ahli ekonomi, namun kalau melihat data-data tersebut, saya sendiri mempunyai keyakinan kalau ceruk keuntungan berjualan online di Indonesia masih sangat tinggi dan menjanjikan. Lebih-lebih dalam masa pandemi saat ini di mana orang-orang lebih menyukai berbelanja online ketimbang offline. Namun tentu saja tentunya dengan beberapa catatan.

Geometric 28
ornament7

Hightlight Perilaku Pengguna Internet di Indonesia

We Are Social, 2021

  • Total Populasi
    277,2 juta jiwa
  • Pengguna Internet
    202,6 juta jiwa (73,7%)
  • Rata-Rata Penggunan Internet per Hari
    8 jam 52 menit
  • Akses Internet Menggunakan Smartphone
    195,3 juta jiwa (96% dari total pengguna internet)
  • Mempunyai Akun di Institusi Keuangan
    48,9%
  • Membeli Barang via E-ommerce
    30.31 Milliar Dollar
  • Jumlah Transaksi E-commerce
    202,6 juta jiwa (73,7%)
  • Pertumbuhan Transaksi E-commerce
    +49,0% per tahun
  • Rata-Rata Belanja per Orang
    219 Dollar

Pertumbuhan Transaksi E-commerce 2017-2021

Data olahan dari berbagai sumber (Dalam Triliun Rupiah)

ornament4

Sukses Dengan Dropshipping

Jualan Online Kan Butuh Modal. Memang Bisa Tanpa Modal?

Meskipun peluang bisnis jualan online masih sangat terbuka lebar seperti gambaran data dan anotasi di atas, namun adakalanya kita masih bingung untuk memulainya. Alasannya adalah tidak mempunyai cukup modal untuk kulakan barang atau produk. 

Padahal, sebenarnya ada banyak format berjualan online yang bisa dilakukan meskipun hanya dengan modal kecil, bahkan tanpa modal dan kulakan barang sama sekali. Jualan online dengan metode dropshipping contohnya. Apa itu?

Dropshipping adalah sistem penjualan di mana penjual (disebut dropshipper) memasarkan dan menjual produk atau barang pihak lain (produsen/supplier) tanpa harus membeli (kulakan) produknya terlebih dahulu (menyetok). Jadi, dropshipper bisa disebut sebagai “entitas pihak ketiga” yang tugasnya hanya menghubungkan antara pemilik barang dengan pembeli. 

Nah, karena hanya sebagai penghubung, maka dropshipper tidak butuh modal, tidak menyetok barang, tidak beresiko rugi kalau produk tidak laku, serta tidak disibukan dengan urusan packing dan pengiriman. Semua proses akan diurus oleh produsen atau supplier. Karena hal itu pula, jualan online model dropshipping ini cocok bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis namun terkendala modal.

Pertanyaannya adalah, kalau berdiri sebagai pihak ketiga lalu apa bedanya dengan makelar dan reseller? Untuk memahami perbedaan keduanya, coba pahami ilustrasi berikut ini.

Box2

Pada suatu ketika, saya tertarik dengan produk di media sosial. Lalu, saya ambil 5 (lima) gambar produk terbaik berserta deskripsinya dan saya upping harga sebesar 25 persen sebagai keuntungan. Kemudian produk tersebut saya tawarkan di website, blog, akun media sosial dan group WA saya. 

Apabila ada teman yang membeli, maka ia harus mentransfer uang pembelian dan memberikan alamat pengirimannya kepada saya lebih dulu. Kemudian uang tersebut saya belikan produk ke supplier, dan meminta kepada supplier untuk mengirimkan produk kepada teman saya itu. Resi pengiriman yang tertulis adalah atas nama saya sebagai penjual. 

Nah, perbedaan dengan makelar adalah terletak pada anonimitas pengirim barang. Dalam metode drosphipping, supplier akan mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper, bukan atas nama supplier. Sehingga bila suatu saat pembeli ingin repeat order (membeli barang lagi), dia tidak bisa mengetahui supplier secara langsung, melainkan hanya dropshipper. 

Lalu, apa perbedaannya dengan reseller? Reseller jelas harus menyediakan stok barang atau produk. Maka, jualan online sebagai reseller mesti punya modal besar. Selain itu, reseller memiliki potensi rugi kalau produknya tidak laku, serta disibukkan dengan urusan packing dan pengiriman kalau produk laku terjual. Menarik, bukan. Anda berminat jadi dropshipper?

Dropshipper
Ornament5

Sukses Dengan Dropshipping

#MulaiSajaDulu Jadi Dropshipper di Mangdropship!

banner mangdropship

Seiring dengan berkembangnya ecommerce di Indonesia, semakin banyak pula platform-platform dropshipping yang bisa membantu kita memulai bisnis jualan online sebagai dropshipper. Nah, kita bisa mulai dari MANGDROPSHIP.  

Mangdropship adalah ecommerce atau marketpace dropshipping, salah satu portofolio dari startup yang bernama SELLY GROUP INTERLOKA. Marketplace ini sebenarnya berdiri di tahun 2018 namun situs resminya baru diluncurkan pada tahun 2019.

Meskipun sebuah marketplace namun Mangdropship tidak menjual produk kepada end user. Ia hadir sebagai platform yang menghubungkan antara pemilik produk (produsen/seller) dengan dropshipper, dan membantu para dropshipper bertemu dengan end user (pembeli).

ornament01

Fokus bisnis Mangdropship ini dipertegas dalam visinya yakni ingin menciptakan media pemasaran produk lokal UMKM, menciptakan peluang usaha bidang dropship baru bagi masyarakat, serta menjadi Platform ecommerce bagi supplier lokal.

Kalau dilihat dari usia, Mangdropship memang masih muda usia. Namun kediriannya telah diakui sebagai marketplace B2C potensial, sarat dengan berprestasi dan penghargaan. 

Ya, selain telah memiliki sertifikasi dari Kominfo, Mangdropship juga sukses mendapatkan pendanaan seri pertama sebesar 500 M pada April 2020 sebagaimana terdata dalam Crunchbase. 

Selain itu, Mangdropship juga mendapatkan beberapa penghargaan yang membuatnya semakin memiliki value lebih dibanding platform serupa.

IWA Awards 2020

Website of The Month

DailySocial.id

Startup Terpilih dalam program DSLaunchpad ULTRA

startupill.com

101 Amazing E-Commerce Platforms Startups Worth A Follow In 2021

beststartup.asia

Nominasi Best Startup Asia

Fitur dan Keunggulan Mangdropship

Bicara tentang keunggulan, salah satu keunggulan komparatif Mangdropship dibanding platform-platform dropshipping lainnya terletak sistem dropship yang digunakan. Mangdropship mampu mengembangkan sistem penjualan dropship yang lebih modern, komprehensif, terintegrasi, serba otomatis, dan kaya fitur yakni sistem Dropshipping 4.0.

Secara teknis, sistem Dropshipping 4.0 ini sendiri sepertinya dirancang menggunakan web frameworks Laravel dan Livewire dengan UI Bootstrap yang memberikan pengalaman akses dashboard yang ringan dan instuitif bagi drospshipper. Tapi entahlah, saya tidak tahu pastinya karena bukan orang IT.

Tetapi yang pasti, sistem Mangdropship ini dirancang sangat baik dengan mempertimbangan aspek kemudahan dalam pengoperasiannya (beginner friendly) sehingga cocok bagi pengguna yang baru merintis bisnis jualan online sebagai dropshipper.

Dalam satu dashboard (Mangdashboard), dropshipper bisa melakukan banyak hal dengan mudah dari mulai mengatur website dropship (maulakustore), melihat pesanan dan statistik pesanan, mengakses pelatihan (Mangdrosphip Academy), mengakses Mangfeeds, menarik penghasilan, dan lain sebagainya.

Dashboard Mangdropship modern simpel dengan navigasi yang mudah dipahami

arrow002
maulakustore dashboard

Terkait fitur, sistem Dropshipping 4.0 Mangdropship ini memiliki berbagai fitur menarik. Fitur-fitur tersebut sangat memudahkan dropshipper menjalankan bisnis jualan onlinenya. Dari fitur-fitur tersebut, beberapa diantaranya bahkan TIDAK DIMILIKI oleh platform lain. Nah, 7 (Tujuh) fitur menarik berikut ini di antaranya,

Mobile SC
Asset 9@4x

Berbeda dengan marketplace drosphipping sistem manual yang kebanyakan menerapkan double resi (pembeli ke dropshipper dan dropshipper ke seller/supplier), Mangdropship sudah menerapkan sistem resi tunggal otomatis. Resi hanya muncul dari dropshipper ke supplier sebagai dasar pengiriman pesanan ke pembeli

Fitur ini memudahkan dropshipper mendapatkan material promosi (banner, video, caption, dll) untuk promosi media sosial. Semua konten tersebut disediakan oleh Mangdropship yang upadate setiap hari. Dengan fitur ini dropshipper bisa mengupload material promosi dengan sekali klik secara otomatis, tidak perlu mengunggahnya satu persatu. Selain itu, dropshipper juga bisa menjadwal postingan material promosi ke media sosial, juga secara otomatis.

Fitur ini sangat menarik karena memudahkan dropshipper bila ini menjual produk ke marketplace. Dengan sekali klik, produk-produk yang akan dijual otomastis akan terposting ke marketplace dengan harga yang sudah upping. Jadi dropshipper tidak perlu mengunggahnya satu per satu. Menariknya, dengan fitur ini segala transaksi di marketplace akan otomatis terupdate di dashboard Mangdropship sehingga tidak akan terjadi kekacauan jumlah stok barang. Bahkan bila terjadi transaksi, dropshipper tidak perlu melakukan hal apapun karena atomatis akan langsung diproses oleh supplier.

Fitur ini memudahkan dropshipper mendesain banner promosi dengan aplikasi Canva yang langsung bisa digunakan dari dashboard Mangdropship. Jadi, drosphipper tidak perlu membuka aplikasi Canva secara terpisah.

Fitur menarik lainnya dari Mandropship adalah keleluasaan dropshipper dalam membuka aplikasi. Dropshipper bisa membuka dasboard Mangdropship baik melalui aplikasi yang sudah terinstall di smartphone (under application) maupun melalui website (underweb)

Mangdropship sudah mendukung sistem pembayaran online secara komprehensif dan terintegrasi, yakni melalui bank, e-wallet, maupun ritel outlet seperti indomart dan alfamart, serta sudah mendukung sistem pembayaran COD. 

Demi kepuasan pembeli yang berkorelasi dengan kepercayaan pembeli kepada Dropshipper, Mangdropship juga didukung berbagai ekspedisi terbaik seperti JNE, J&T, Ninja, dan Si Cepat. Pembeli bisa memilih sesuai yang dikehendaki.

Fasilitas dan Benefit Yang Diperoleh Dropshipper

Berbagai fitur dan keunggulan Mangdropship di atas menjadikan Mangdropship sebagai salah satu platform dropshipping terbaik di Indonesia saat ini.  Maka. sangat wajar kalau Mangdropship menjadi rujukan semua kalangan masyarakat dari mulai ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, karyawan, dan sebagainya untuk memulai bisnis jualan online sebagai dropshipper. 

Mengutip video edukasi yang diunggah di kanal youtube MangTV,  masyarakat yang telah bergabung menjadi dropshipper di Mangdropship berjumlah ribuan. Mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan sebagian besar telah mereguk kesuksesan dan memiliki kemandirian secara finansial. 

Selain dukungan dropshiping 4.0 yang menawarkan berbagai fitur dan keunggulan, ketertarikan masyarakat untuk bergabung sebagai dropshipper di Mangdropship juga tak lepas dari berbagai fasilitas dan benefit menarik yang disediakan oleh Mangdropship. 

Apa saja?

geometric
01
Kemudahan Dalam Mendaftar
Registrasi

Kemudahan Dalam Mendaftar

Bergabung menjadi dropshipper di Mangdropship sangat mudah. Registrasi member hanya dalam beberapa langkah saja. Registrasi bisa dilakukan melalui aplikasi Mangdropsip di smartphone maupun dari website Mangdropship.

02
Website Dropship Gratis
Tools

Website Dropship Gratis

Dropshipper akan mendapat Website dropship
ekslusive yang berfungsi juga sebagai e-katalog. Website ini menjadi tools utama yang membuat dropshipper semakin dipercaya. Website ini bisa dibagikan kepada calon pembeli ke akun media untuk memudahkan penjualan, Dalam website ini, pembeli bisa bertransaksi secara langsung dan otomatis.

03
Biaya Pendaftaran Terjangkau
Licensi

Biaya Pendaftaran Terjangkau

Selain kemudahan dalam proses pendaftaran, biaya pendaftaran pun hanya Rp 89.000 per tahun. Biaya ini jauh lebih murah dibandingkan platform lain yang umumnya dropshipper harus mengeluarkan biaya ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

04
Akses ke Ribuan Produk Siap Jual
Produk

Akses ke Ribuan Produk Siap Jual

Dropshipper akan mendapat Website dropship ekslusive yang berfungsi juga sebagai e-katalog. Website ini menjadi tools utama yang membuat dropshipper semakin dipercaya. Website ini bisa dibagikan kepada calon pembeli ke akun media untuk memudahkan penjualan, Dalam website ini, pembeli bisa bertransaksi secara langsung dan otomatis.
05
Mangdropship Academy
Support

Mangdropship Academy

Dropshipper akan mendapatkan mentoring atau bimbingan jualan secara online dari team support Mangdropship melalui video-video tuutorial yang bisa diakses dari dashboard, webinar mingguan dan sebagainya. Intinya, Mangdropship akan membantu dropshipper hingga mendapatkan profit dan mandiri secara finansial

Tampilan Website Dropshipper Mangdropship

(nama toko).maulakustore.com

tampilan website dropshipper Mangdropship

Langkah-Langkah Registrasi Dropshipper di Mangdropship

Kunjungi www.mangdropship.id

Tekan Tombol "Register"

Di halaman registrasi

Masukan alamat email

Isi data diri

Lengkapi data diri, pastikan alamat email aktif

Pembayaran

Lakukan pembayaran dan upload bukti pembayaran

Akhir Tulisan

Yuk, Segera Daftar Dan Wujudkan Kemandirian Finansial Bersama Mangdropship

Bukalah mata sewaktu berjalan karena bisa saja Anda akan bertemu kesempatan. Adapun kesempatan itu sendiri buta. Peganglah erat-erat karena kesempatan datang dan pergi tanpa memberitahu.

Ya, siapa pun orangnya pasti memiliki harapan untuk sukses dan memiliki kemandirian secara finansial. Dengan dua hal inilah hidup akan terasa lebih longgar untuk merancang masa depan yang lebih baik. 

Setiap diri kita memiliki peluang yang sama untuk mewujudkan keduanya, tergantung bagaimana memanfaatkannya. Khabar baiknya peluang itu banyak tersedia secara digital. Jualan online salah satunya. Namun kalau modal menjadi kendala, maka metode dropshipping adalah solusi terbaiknya. Bagaimana mengawali?

Mudah! Kita awali saja dulu dengan bergabung dalam komunitas besar dropshipper di Mangdropship yakni e-commerce drosphipping terbaik dan terpercaya di Indonesia dengan ribuan produk dropship siap jual. 

Saya sudah menjadi dropshipper di Mangdropship dan bersiap untuk sukses serta memiliki kemandirian finansial di masa depan. Sekarang giliran Anda! Yuk, segera daftar.

Image Droshipper Mangdropship
Baca artikel Menarik

Fakta Unik Dropshipper: Jualan Mudah Tanpa Modal!

Dropshipping mulai banyak dikenal dan diminati masyarakat khususunya para pelaku bisnis online. Pasalnya...

Baca lagi