Mudah dan Bisa Online, Yuk Tunaikan Kewajiban Bayar Zakat Melalui Sinergi Foundation

Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Di dalamnya ada perintah menjalankan kewajiban berpuasa dan menyempurnakannya dengan zakat fitrah. Ramadhan juga bulan baik untuk mensucikan harta dengan mengeluarkan zakat mal serta melakukan berbagai amal kebaikan lainnya karena pahalanya akan dilipatgandakan. Siap bayar zakat?

lamp02
lamp01
masjid line

Bagi umat Islam, zakat adalah amalan wajib. Zakat menjadi pilar ketiga dalan Rukun Islam, melengkapi  pilar lain seperti syahadat, sholat, puasa Ramadhan dan berhaji.  

Nah, menjadi salah satu pular dalam Rukun Islam, zakat berbeda dengan infaq, shodaqoh, wakaf dan amalan-amalan berbagi lainnya meskipun sama-sama menggunakan harta atau materi. 

Dalam pelaksanaannya zakat mempunyai tata cara tersendiri yang telah diatur oleh agama. Sebut saja seperti siapa yang wajib berzakat, jenis, waktu pelaksanaan, jumlah, serta siapa yang berhak menerima.

Selain itu, zakat termasuk ajaran Islam yang ma‘lûm minad dîn bidl dlarûri atau ajaran yang secara pasti telah diketahui secara umum. Artinya, bila kewajiban bayar zakat ini diingkari maka orang yang ingkar tersebut disebut kufur.

Nah, mumpung masih berada di bulan Ramadhan, mari kita tunaikan kewajiban ini sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT serta  manifestasi kepedulian dan semangat berbagi kepada sesama.

Makna Zakat

advanced divider

Apa itu

Zakat

Jenis Zakat

Penerima Zakat

Zakat mempunyai makna At-Thohuru (Membersihkan atau menyucikan), Al-Barakatu (dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT), An-Numuw (tumbuh dan berkembang), As-Sholahu (beres atau keberesan)

Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right

Golongan yang berhak menerima zakat (yang dikenal sebagai 8 ashnaf) yakni Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Gharim, Raqib, Fi Sabilillah dan Ibnu Sabil.

Zakat Mal

Zakat harta yang dikeluarkan setiap tahun sekali sesuai dengan nisab dan haulnya

Zakat Fitrah

Zakat harta yang dikeluarkan pada saat bulan Ramadhan yang dibtasi sebelum sholat Idul Fitri

berzakat

Berbagai Opsi Cara Bayar Zakat

Untuk banyar zakat, kita sebenarnya mempunyai banyak opsi. 

Kita bisa saja menunaikan kewajiban bayar zakat ke masjid, melalui sekolah anak, langsung kepada kepada mustahik (golongan penerima zakat) atau melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Saya sendiri lebih menyukai membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat. Terlepas dari situasi pandemi di mana kita mesti membatasi interaksi, bayar zakat melalui lembaga menurut saya itu mudah dan lebih berdaya guna. 

Kenapa saya bilang begitu, berikut 3 (tiga) alasannya:

dana zakat
advanced divider

Alasan Bayar Zakat Melalui Lembaga Zakat

Sesuai Sunnah Rasulullah & Syariat

Sepanjang yang dicontohkan Rasulullah SAW dan syariah Islam, pelaksanaan zakat memang selalu lewat perantaraan amil zakat. 

Mengurangi Pajak Tahunan (SPT)

Kalau kita seorang wajib pajak aktif, sesuai undang-undang zakat dan sumbangan keagamaan yang wajib dapat dijadikan sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak (PKP).

Aman, Terpercaya, dan Tepat Sasaran

Lembaga zakat di Indonesia itu diawasi langsung Depag dan laporan keuangannya diaudit secara professional dan independen. Karena hal ini, dana zakat pasti dikelola penuh dengan penuh tanggung jawab dan tepat sasaran. Biasanya digunakan untuk program-program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan dengan jelas.

Berzakat Melalui Sinergi Foundation

Nah, salah satu Lembaga Amil Zakat terpercaya yang dapat menampung pembayaran zakat kita adalah Sinergi Foundation.

Sinergi Foundation ini adalah lembaga independen milik masyarakat (publik) yang concern dan berkomitmen mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis pada Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah).

Lembaga yang mengawali kiprahnya sejak 2002 dan melakukan perubahan format kelembagaan menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat pada tahun 2011 ini adalah lembaga resmi. 

Hal ini dibuktikan dengan legalitas yang dimilikinya seperti Akta Pendirian Notaris, Pengesahan Kemenkum HAM, Pengakuan dari Kementerian Agama RI dan Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Legalitas Sinergi Foundation

advanced divider

Nuraini Ilmianty, SH. Nomor 42 tanggal 14 Oktober 2002 tentang Pendirian Yayasan Semai Sinergi Umat (YSSU)

Notaris Evy Hybridawati W, SH. Mh. Nomor 15 tanggal 7 Oktober 2005 dan Nomor 24 Tanggal 19 Oktober 2011, Akta tentang Perubahan struktur Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation

Nomor C-1676.HT.01.02/Th.2005 tanggal 24 Oktober 2005 tentang Pengesahan Akta Pendirian Yayasan Semai Sinergi Umat serta AHU-5622.AH.01.O5.Tahun 201l sesuai Akta Nomor 24 tanggal 19 Oktober 2011 telah tercatat dalam daftar yayasan.

Surat Keputusan Menteri Agama RI No. DJ.III/564 Tahun 2016 tentang Pengakuan Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation sebagai LAZ Skala Provinsi.

SK BWI (Badan Wakaf Indonesia) Surat Tanda Bukti Pendaftaran Nadzir Nomor Pendaftaran : 3.3.00056

Pertanyaannya adalah, kenapa bayar zakat melalui Sinergi Foundation? Nah, selain legal dan resmi, ada 4 (empat) alasan kenapa memilih bayar zakat melalui Sinergi Foundation. Ini alasannya,

Berpengalaman dan Terpercaya

Sinergi Foundation berpengalaman lebih dari 19 tahun serta dipercaya puluhan ribu donator dan mitra.

0
Donatur
0
Mitra
0
Penerima

Data Pencapian Hingga Desember 2020

Sediakan Program Bayar Zakat Yang Variatif

Sinergi Foundation memliki program bayar zakat yang variatif dari mulai zakat profesi, zakat fitrah, Zakat Maal (Tabungan, Emas, Perak), Zakat Perniagaan, Zakat Perusahaan dan Zakat Peternakan.

Double Manfaat

Semua dana donasi terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya. Dana zakat fitrah yang terkumpul misalnya, oleh Sinergi Foundation dibelikan beras langsung dari petani-petani binaan Lumbung Desa yang tersebar di beberapa wilayah, salah satunya di Compreng-Subang. Setelah itu, beras disalurkan tepat sasaran kepada penerima manfaat. Jadi zakat di Sinergi Foundation itu Double Manfaat.

Mudah dan Bisa Online

Sinergi Foundation juga menyediakan opsi bayar zakat online yang mudah dan cepat.

Mudahnya Zakat Online Melalui Sinergi Foundation

Mengikuti perkembangan jaman yang semakin intenet centris dan mobile centris, Sinergi Foundation menyediakan opsi bayar zakat online dengan 2 (dua) cara mudah yakni:

Internet Banking

Bagi muzakki yang ingin membayar zakat secara online melalui Internet banking, Sinergi Foundation telah menyediakan berbagai rekening bank seperti BSI (Bank Syariah Indonesia, Bank Muamalat, Mandiri, BCA,  Bank Permata, Bank BJB dan BNI.

Rekening-rekening ini juga bisa digunakan bila ingin membayar zakat dengan cara transfer melalui ATM, baik jaringan ATM Prima, ATM Bersama dan Alto. 

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

Selain internet banking, Sinergi Foundation juga menyediakan opsi bayar zakat online dengan cara scan QRIS. Ini menjadi favorit saya karena cepat dan mudah serta bisa dilakukan dari mana saja. 

Saya sebut cepat dan mudah karena tidak membutuhkan install aplikasi dan login serta hanya membutuhkan beberapa langkah saja. 

Bayar zakat online dengan scan QRIS di Sinergi Foundation ini sudah didukung berbagi dompet digital seperti GoPay, ShopeePay, OVO, Jenius, DANA, atau LinkAja. Saya sendiri biasanya menggunakan OVO. 

Nah, coba lihat. Slider di samping ini adalah ilustrasi bayar zakat fitrah online dengan menggunakan OVO dan yang di bawah adalah langkah-langkah secara umum.

Step 1

Buka Aplikai e-wallet / e-payment

Step 2

Lakukan Scan QR Zakat

Step 3

Masukkan Nominal

Step 4

Submit / Pembayaran

Step 5

Done

Mungkin anda bertanya, terus bagaimana cara mendapat QRIS code untuk zakatnya?

QRIS code untuk zakat bisa diperoleh website resmi Sinergi Foundation dengan alamat  www.sinergifoundation.org atau langsung melalui tautan bit.ly/sinergizakat.

Satu lagi, QRIS code zakat juga bisa dilihat pada aplikasi digizakat. 

Nah, untuk mendapatkan QRIS code zakat dari kedua sumber ini, kita tinggal mengikuti step-stepnya saja dengan mudah seperti ketika kita sedang belanja online. Ya, seperti itu.

Tangan Ditunda, Yuk Segera Berzakat Melalui Sinergi Foundation

Ramadhan segera berlalu. Masih ada kesempatan untuk melipatgandakan pahala dengan berbagai amal ibadah dan membayar kewajiban zakat di bulan ini.  

Lakukan saja secara online untuk menghindari munculnya kluster baru penyebaran Covid-19. Toh, semua bisa dilakukan dengan mudah di Sinergi Foundation.  

Yuk, segera berzakat. Jangan ditunda-tunda.

Sinergi Bandung

KANTOR SF BANDUNG

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Bandung 40173

Gedung Wakaf 99

GEDUNG WAKAF 99

Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123

Call Center
Social