Ingin Sukses Online Kok ‘Gak Punya Website, Jangan Bermimpi ! Ini Peran Penting Website Untuk Bisnis Online

Ketika sebagian besar orang menggunakan komputer, tablet, dan ponsel pintar mereka untuk melihat suatu produk atau perusahaan sebelum membeli.

Peran Website dalam Bisnis Online – Salah satu penemuan terbesar yang merubah arah perjalanan peradaban manusia saat ini dan paling revolusioner adalah internet. Teknologi yang lahir dari proyek ARPANET ini telah mengubah wajah dan peradaban dunia dari konvensional menjadi digital yang menghadirkan berjuta-juta kemungkinan.

Empat dekade pasca ditemukan, berbagai inovasi teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan hidup pun hadir karenanya. Tanpa kita disadari pula bahwa hidup semakin addicted dengan internet. Sehari saja ‘gak ketemu dengannya, kita seperti kembali di jaman batu. Ya, begitulah kenyataan.

Namun kalau boleh saya bilang bahwa dari keseluruhan inovasi teknologi yang membentuk entitas internet tersebut ada satu inovasi yang sangat berpengaruh pada banyak hal hingga saat ini yakni website.

Tim Berners-Lee dan Website

Mungkin saja kita sudah berinteraksi dengan website setiap hari, namun bisa jadi banyak dari kita yang belum mengetahui pengertian website itu sendiri. 

Kalau pagi-pagi kita membuka portal berita nasional sambil nyruput kopi hitam di teras rumah, ya itu berarti kita sedang mengakses website. Kadang kita membutuhkan referensi dan mencarinya di mesin pencarian seperti google, yahoo, firefox dan sejenisnya, nah saat itu kita juga sedang menggunakan layanan sebuah website. Ketika anda membaca artikel ini, anda juga sedang membuka website dengan nama domain www.sibloggerpembelajar.my.id. Lalu, apa pengertian website itu ? 

Nah, mari kita refresh pemahaman kita sejenak tentang ‘anak kandung’ internet yang satu ini sebelum berlanjut ke peran website dalam bisnis online. Sebenarnya kita bisa mengambil pengertian website dari berbagai sudut pandang, namun secara umum website dipahami sebagai berikut,

“Website adalah kumpulan halaman digital yang dibuat dengan tujuan tertentu. Halaman-halaman itu saling berhubungan, serta memungkinkan diakses secara luas dari halaman depan (home page) dengan menggunakan domain melalui browser.”

Nah, untuk lebih memudahkan memahami definisi di atas, coba kita pahami ilustrasi berikut ini,

website2

Tim Berners-Lee, Si pencipta website, bisa jadi tak menyangka kalau karyanya saat masih di CERN ini menjadi salah satu inovasi teknologi yang paling berpengaruh pada banyak hal. Terlebih setelah dinyatakan terbuka untuk umum pada tahun 1991 dari hanya sekedar media pertukaran informasi para ilmuwan di perguruan tinggi saat itu.

Praktis saja website mengalami pertumbuhan yang fantastis sejak saat itu. Jumlah website aktif hingga detik ini adalah 1,7 milyar. Coba saja dicheck melalui situs internetlivestats.com kalau gak percaya. Penggunaanya pun beragam mulai untuk organisasi, pemerintahan, situs berita, mesin pencarian hingga bisnis. Bahkan dalam perkembangannya, website semakin merakyat karena siapa pun orangnya kini bisa mempunyai website, termasuk saya dan anda.

Peran Website Dalam Bisnis Online

Kehadiran internet dan website telah memberi manfaat begitu besar bagi kehidupan. Begitu pula bagi dunia bisnis, Internet dan website pun mempunyai peran yang sangat strategis. Apa peran website ?

Untuk menjawab pertanyaaan peran website dalam bisnis online, saya mengawali dari sebuah pertanyaan yang mungkin sangat sederhana yakni, apa jadinya ketika orang-orang menggunakan komputer, tablet, dan ponsel pintar yang mereka miliki untuk melihat suatu produk sebelum membeli ?

Ya, disadari atau tidak, kita sudah sampai ke tahap ini. Bukan utopia lagi. Untuk menambah keyakinan ini mari kita tengok sejenak hasil survey APJIItentang pengguna internet di Indonesia tahun 2018. Hasil survey APJII ini mengatakan kalau 5,2% dari pengguna internet di negara kita sangat intensif melakukan aktivitas ekonomis secara online. 7,6% diantaranya bahkan rutin melakukan transaksi online sebulan sekali baik. Apa artinya, sih ?

Hadirnya Internet telah menciptakan perubahan gaya hidup dan persepsi seseorang dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Orang sudah terbiasa menggunakan berbagai perangkat elektronik yang dimilikinya untuk mengakses layanan-layanan yang dikehendakinya.

Nah, dalam hal ini peran website salah satunya adalah sebagai etalase online yang memudahkan orang mendapatkan berbagai macam informasi tentang produk barang dan jasa sebelum melakukan pembelian secara online.

internet-tumbuh

Nah, sadar akan peran website untuk bisnis tersebut, saya pun memberanikan diri meng-online-kan bisnis saya yakni jual beli burung Hwamei melalui website, www.jualburungjogja.com. Website dengan platform WordPress dan baru running 6 bulan ini saya kelola bersama kakak ipar yang dimaksudkan untuk mendukung toko offlinenya yang sudah ada sejak 2 tahun lalu.

website-jual-burung-jogja

Menariknya, walaupun relatif baru namun saya sudah merasakan berbagai manfaat dengan adanya website ini baik secara ekonomis maupun non ekonomis yang sebenarnya tidak terpikirkan sama sekali sebelumnya. Apa saja ? Berikut ini 3 (tiga) manfaat website yang saya dapatkan untuk kemajuan bisnis online saya.

Punya Identitas dan Kredibilitas Online

Website menjadi identitas online bagi bisnis saya. Identitas ini penting bagi branding bisnis agar mempunyai kredibilitas di mata calon pembeli dan tidak dianggap ilegal

Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Sebelum mempunyai website, pembeli yang datang hanya berasal dari sekitar toko. Itu pun karena referensi semata. nah, setelah mempunyai website saya mempunyai media pemasaran online yang menjangkau pembeli lebih luas bahkan sampai luar pulau

Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Ketika saya tidur di malam hari, konsumen masih bisa terlayani dengan website. Mereka bisa melihat produk terbaru, jumlah stok dan melakukan pembelian. Artinya website selalu menghubungkan saya dengan pelanggan selama 24 / 7 tanpa henti

Padahal Bikin Website Itu Mudah

Ya, padahal membuat website yang menarik untuk bisnis online sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Tidak harus menjadi seorang developer atau programmer untuk bisa bikin website itu. Orang awam yang tidak mengetahui bahasa coding pun bisa membuatnya. Apalagi sekarang ada berbagai platform yang mudah digunakan. Sebut saja WordPress seperti yang saya pergunakan untuk membuat website jualburungjogja.com.

Selain mudah, untuk membuat website bisnis online hanya membutuhkan 3 (tiga) elemen dasar yakni Domain, Hosting, dan Konten. Tanpa ketiga elemen ini, website tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Apa fungsi dari masing-masing elemen tersebut, coba simak ilustrasi berikut ini,

insfrastruktur-website

Padahal Bikin Website Itu Juga Murah

Dibandingkan dengan branding melalui koran, bikin spanduk, baliho, billboard dan sejenisnya, bikin website itu bahkan jauh lebih murah biayanya dan mempunyai dampak yang lebih dahsyat untuk sukses online. Berapa estimasi biayanya ?

Kalau dihitung-hitung estimasi total biaya yang dikeluarkan malah ‘gak lebih dari Rp 1.000.000 per tahun. ‘Gak percaya ? Kalau ‘gak percaya coba anda kunjungi Qwords yakni salah satu penyedia hosting Indonesia unlimited terbaik.

Di Qwords, hosting wordpress dengan spesifikasi paling ekonomis misalnya hanya Rp 50.000 atau Rp.600.000 per tahun. Paket Hosting ini bahkan gratis domain di tahun pertama. Artinya semakin hemat karena anda gak perlu keluar duit lagi untuk beli domain sekitar Rp. 125.000, kalau website pakai domain .com (misal). Nah, kalau ditambah pajak 10% maka estimasi total biaya hanya Rp 660.000. Murah, bukan ?

harga-hosting

Kenapa Mesti Qwords ?

Membuat website untuk bisnis online memang perlu pertimbangan dan perhitungan dengan baik. Sekali salah perhitungan maka akan sangat berpengaruh pada performa website yang kita miliki. Kenapa ?

Ya, karena website berjalan pada serangkaian infrastuktur hardware dan software dengan berbagai spesifikasi teknologi. Jadi memang harus jelas bobot, bebet dan bibitnya. Begitu kata falsafah Jawa yang masih diyakini hingga saat ini. Kalau saya, beberapa hal berikut ini yang menjadi pertimbangan :

Pertama, kualitas infrastruktur server yang meliputi teknologi yang dipakai, lokasi server dan data centernya. Server itu diisi banyak situs dengan bertraffic tinggi. Bila menggunakan teknologi yang biasa-biasa saja maka menyebabkan website tidak optimal atau malah sering tidak bisa diakses atau down. Jelas Ini merugikan pengguna yang mempunyai website untuk bisnis online.

Begitu pula dengan lokasi server atau data centernya. Ini penting karena berpengaruh pada kestabilan website. Kalau target website adalah lokal misalnya, maka lokasi server di Indonesia jauh lebih baik. Tetapi kalau global maka server yang berada Singapura atau AS jauh lebih baik karena mempunyai kestabilan koneksi.

Kedua, seberapa bonafit providernya. Kalau provider mempunyai banyak client apalagi client-client ternama bertrafik tinggi maka provider seperti ini pasti berkualitas. Provider itu ibarat warung makan, kalau masakannya enggak enak maka pengunjung hanya makan sekali trus enggak kembali lagi.

Ketiga, berapa bandwith yang disediakan provider. Kalau ada yang ngasih unlimited kenapa mesti pilih yang limited.

Keempat, berapa space hosting yang disediakan. Website itu 60% isinya adalah image. Kalau space hostingnya kecil (di bawah 1 Gb misalnya), maka setahun mungkin sudah penuh. Kalau hosting penuh maka website enggak bisa menyimpan update content baru.

Kelima, harganya kompetitif atau tidak. Beli hosting dan domain untuk website bisnis itu berkepanjangan. Kalau harga tidak rasional maka kita akan rugi secara finansial.

Keenam, layanan pelanggan (Customer Service). Ini penting karena kalau website down atau mengalami trouble maka kepada merekalah kita mengadu dan berkeluh kesah.

Nah, kalau pertimbangan anda sama dengan saya, maka memilih Qwords menjadi sangat rasional karena Qwords memberi semua yang terbaik mulai dari teknologi yang dipakai, harga, hingga jaminan pelayanan yang memuaskan.

why-qword

Finally,

Akhirnya kita sampai pada akhir artikel berjudul “Ingin Sukses Online ‘Kok Gak Punya Website, Jangan Bermimpi ! Ini Peran penting Website Untuk Bisnis Online” ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membacanya. Semoga beberapa pengalaman empiris saya ini bisa membantu pemahaman tentang peran website dalam bisnis online. 

Kalau anda punya bisnis dan ingin menjangkau pasar yang lebih luas, maka #OnlineinAja dengan website karena ini menjadi salah satu cara paling rasional untuk sukses online. Namun, anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki infrastruktur website yang baik. Untuk hal ini anda bisa mengandalkan Qwords. Terima kasih, saya pamit.