Menyambut Mentari Harapan Baru dari Timur di PON XX Papua

Tahun 2021 ini akan menjadi catatan sejarah baru dalam perjalanan Pekan Olahraga Nasional (PON) sejak tahun 1948. Ya, selain dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, untuk pertama kalinya puncak event olah raga multiajang di tanah air ini akan digelar di tanah Papua. Bersiapkah menyambut mentari harapan baru dari Timur di PON XX Papua?

MENUJU PON XX PAPUA . 2 OKT 2021 20:20 WIT

Menyambut Mentari Harapan Baru dari Tmur di PON XX Papua – Ya, sebentar lagi kita akan menyaksikan Pekan Olah Raga Nasional atau PON XX tahun 2021. Pesta olah raga level nasional yang sedianya diselenggarakan di tahun 2020 lalu ini akan digelar pada tanggal 2-15 Oktober 2021 di Papua.

PON tahun ini memang berbeda. Selain dilaksanakan di tengah pandemi Covid19, hajatan akbar empat tahunan yang diikuti atlet-atlet terbaik dari 34 propinsi di Indonesia ini juga untuk pertama kalinya diselenggarakan di propinsi paling timur yang menjadi bagian integral tak terpisahkan dari kedirian bangsa ini. 

Penunjukan Papua sebagai tempat penyelenggaraan PON XX tahun 2021 ini bakal jadi catatan baru dalam sejarah pelaksanaan PON sejak tahun 1948, mengingat 19 kali penyelenggaran sebelumnya, PON lebih banyak diselenggarakan di pulau Jawa (14X), Sumatera (3X), Kalimantan (1X) dan Sulawesi (1X).

Mengusung tema “Sambut Mentari Baru, Harapan Baru dari Timur”, PON XX kali ini bakal menjadi event menarik karena mengelaborasikan keindahan alam dan budaya Papua dengan sportivitas berbasis kebangsaan yang menjadi tonggak kebangkitan dan semangat baru rakyat Papua melahirkan atlet-atlet kelas dunia tserta bangkitnya industri pariwisata berbasis alam dan budaya di tengah pandemi global.

TIMELINE PON 1948-2021

9-12 Sept 1948
21 Sept-28 Okt 1951
20-27 Sept 1953
27 Sept- 6 Okt 1957
23 Sept-1 Okt 1961
8 Okt-10 Nov 1965
26 Agust - 6 Sept1969
23 Jul-3 Agus 1977
23 Juli-3 Agust1977
19-30 Sept1981
9-20 Sept 1985
18-28 Okt 1989
9-19 Sept 1993
9- 25 Sept 1996
19-30 Juni 2000
2-14 Sept 2004
6-17 Juli 2008
9-20 Sept 2012
17-29 Sept 2016
2-15 Okt 2021

Solo, Jawa Tengah

PON I
Juara umum
Karesidenan Surakarta

Jakarta

PON II
Juara umum
Jawa Barat

Medan, Sumatra Utara

PON III
Juara umum
Jawa Barat

Makassar, Sulawesi Selatan

PON IV
Juara umum
Jakarta

Bandung, Jawa Barat

PON V
Juara umum
Jawa Barat

Jakarta, Jakarta

PON VI
Batal
G 30 SPKI

Surabaya, Jawa Timur

PON VII
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON VIII
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON IX
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON X
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON XI
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON XII
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON XIII
Juara Umum
Jakarta

Jakarta, Jakarta

PON XIV
Juara Umum
Jakarta

Surabaya, Jawa Timur

PON XV
Juara Umum
Jawa Timur

Palembang, Sumatera Selatan

PON XVI
Juara Umum
Jakarta

Samarinda, Kalimantan Timur

PON XVII
Juara Umum
Jawa Timur

Pekanbaru, Riau

PON XVIII
Juara Umum
Jakarta

Bandung, Jawa Barat

PON XIX
Juara Umum
Jawa Barat

Jayapura, Papua

PON XX
Juara Umum

Menyambut Mentari Harapan Baru dari Timur

Venue PON XX Papua Berkelas Dunia

Representasi kesiapan infrastruktur Propinsi Papua dan simbol pemersatu

Euphoria menyambut PON XX Papua memang sudah terasa sejak beberapa bulan lalu melalui poster, video dan event-event offline. Dan, Euphoria tersebut akan menemukan puncaknya pada saat opening ceremony yang dijadwalkan pada 2 Okt 2021 pukul 20:20 WIT di stadion Lukas Enembe sebagai venue utama. 

Stadion megah yang dulunya bernama stadion Papua Bangkit ini adalah ikon baru Papua ini yang kemegahannya berani disamakan dengan stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Stadion Lukas Enembe ini bahkan dianggap punya kemiripan dengan stadion sepak bola Salt Lake India yang berpredikt sebagai stadion sepak bola terbesar kedua di dunia. 

Dibangun dengan anggaran 1,3 T, stadion yang berdiri di atas lahan seluas 13 hektar ini menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia dan bertaraf internasional. Ia memiliki 3 (tiga) venue berkelas dunia seperti lapangan sepak bola berstandar FIFA dengan rumput sintetis Zoysa Matrella dan mampu menampung 40.000 penonton (single sit), venue akuatik, dan lapangan menembak.

Baca lagi!

Pembangunan venue dan berbagai sarana olahraga di empat klaster adalah dukungan pemerintah terhadap penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021. Ini merujuk pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017. Beberapa pembangunannya telah rampung dan telah diserahterimakan kepada panitia penyelenggara PON.

Selain stadion Lukas Enembe, venue berkelas dunia lainnya yang digunakan di PON XX adalah Stadion Indoor Mimika Sports Complex. Stadion di Timika Kabupaten Mimika ini mampu menampung 5.500 penonton dan akan digunakan untuk pertandingan bulu tangkis, bola basket, dan bola voli indoor. Dan tak jauh dari stadion ini terdapat juga stadion megah yakni stadion Timika yang memiliki kapasitas 3.500 penonton dan akan digunakan untuk pertandingan sepakbola dan atletik. 

Venue megah berkelas dunia lainnya adalah Venue Cricket yang berada di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Venue ini dibangun di atas lahan seluas 2.802 m2 dengan kapasitas tribun 2.585 penonton. Venue yang di dalamnya terdapat juga venue Hoki Indoor dan Outdoor ini bahkan konon telah mendapatkan akreditasi dari Dewan Cricket Internasional atau International Cricket Council (ICC). Ia dilengkapi dengan lapangan pemanasan, papan skor dengan LED dan sistem pencahayaan FOP berkekuatan 1.000 lux. 

Nah, megahnya venue-venue PON XX ini menjadi bentuk representasi bahwa Provinsi Papua memang memiliki kesiapan infrastruktur yang memadai. Sangat wajar kalau kemegahan venue PON XX Papua diabadikan sebagai logo kegiatan yang akan tercatat dalam tinta sejarah olah raga nasional, yakni stadion Lukas Enembe. Stadion tersebut menjadi lambang pemersatu, berpadu dengan maskot KangPho atau Kangguru Pohon Mantel Emas (Dendrolagus pulcherrimus) dan Drawa atau Cendrawasih yakni dua kekayaan kekayaan fauna Papua yang tiada duanya.  

Segitiga Menjulang

Papua mempunyai berbagai kekayaan alam yang melimpah.

Kalderon

Secara keseluruhan logo PON XX Papua merupakan bentuk Kalderon Olimpiade dengan cawan yang terbentuk dari stadion Lukas Enembe.

logo

Tiga Lingkaran (RIng)

Mewakili logo KOMI sebagai induk olahraga prestasi di Indonesia yang melambangkan Prestasi, Sportivitas, dan Solidaritas yang mempersatukan rakyat dalam olahraga.

Stadion Lukas Enembe

Stadion kebanggan Papua, salah satu yang termegah di Indonesia dan menjadi simbol pemersatu

Motif Ukiran Khas Papua

Mewakili keragaman dan khasan budaya Papua yang terdiri dari 255 suku, 290 bahasa dan 5 wilayah adat yang didalamnya mencakup 28 kabupaten, 1 kota, 159 kelurahan, serta 5.549 kampung.

maskot PON with Number

1. Obor

Menunjukkan semangat, kuat dan menyala bagai api untuk bertanding merebut prestasi dengan menjunjung sportivitas.

2. Puncak Salju

Mewakili ciri khas pegunungan papua

3. Ukiran pada Lengan

Corak ukiran khas Papua yang mendunia. Melambangkan tradisi, ritual, spiritual hidup dan perrnghormatan pada nenek moyang

4. Ukiran pada Ikat Pinggang

Ukiran khas Papua sebagai bentuk tradisi kehidupan dan spiritual hidup serta penghormatan kepada nenek moyang

5. Rumbe-Rumbe pada Kepala dan Pinggang

Busana lambang kebesaran kaum laki-laki dan perempuan Papua, mengartikan sambutan hangat dan penuh keakraban tanah papua

6. Tali Medali Merah Putih

Melambangkan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingai NKRI

7. Medali

Melambangkan medali yang diperebutkan dalam PON XX (Emas, Perak dan Perunggu)

8. Warna Kuning di Ekor dan Kepala

Warna sebenarnya burung Cendrawasih yang melambangkan semangat, kehangatan dan kegembiraan.

9. Warna Orange Pada Tubuh

Melambangkan kehangatan, persahabatan dan cinta kasih.

Menyambut Mentari Harapan Baru dari Timur

Klaster Pertandingan PON XX Papua

Pembagian cabor menurut venue di PON XX Papua

Rangkaian kegiatan PON XX Papua dibagi ke dalam 4 (empat) klaster pertandingan yakni klaster kota Jayapura, kabupaten Jayapura, kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Empat klaster tersebut total akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, 679 nomor pertandingan dan akan diikuti 6442 atlet.  Nah, begini pembagian cabang olah raga dan veue yang akan digunakan.

Peta Kab Jayapura

Klaster Kab. Jayapura

14 cabang olahraga dan 21 nomor disiplin.

Loncat Indah, Paralayang, Renang, Renang Artistik, Gantole, Polo Air, Hoki Outdoor-Indoor, Baseball dan Sotfball, Senam Artistik, Muaythai, Senam Kolam, Kempo, Menembak, Senam Aerobik, Rugby 7’S, Kriket, Sepak bola, Senam Ritmik, dan Panahan.

Lokasi Stadion / GOR / Venue

Peta Kota Jayapura

Klaster Kota Jayapura

15 cabang olahraga dengan 22 nomor disiplin.

Renang Perairan Terbuka, Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga, Softball, Voli Indoor, Voli Pasir, Canoeing, Rowing, Traditional Boat Race, Layar, Taekwondo, Karate, Pencak Silat, Selam Laut, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Sepak bola Putri, Tenis, Bulutangkis, dan Tinju.

Lokasi Stadion / GOR / Venue

Peta Mimika

Klaster Mimika

9 cabang olahraga dan 12 nomor disiplin

Terjun Payung, Aeromodeling, Terbang Layang, Atletik, Bola Basket, Biliar, Panjat Tebing, Futsal, Bola Tangan, Judo, dan Tarung Derajat.

Lokasi Stadion / GOR / Venue

Peta Merauke

Klaster Merauke

6 cabang olahraga dengan 6 disiplin.

Bermotor, Catur, Wushu, Anggar, dan Sepak bola Putri.

Lokasi Stadion / GOR / Venue

Torang Bisa!

Harapan Baru dari Timur, Menanti Munculnya Prestasi yang Mendunia!

Di hampir setiap pelaksanaan PON, selalu saja muncul prestasi baru yang membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan spirit harapan baru dari timur, hal serupa sangat mungkin terjadi di PON XX Papua tahun 2021 ini.

PON adalah ajang untuk menciptakan prestasi olah raga yang membanggakan daerah, bangsa dan negara. Bila mereview kembali PON-PON sebelumnya, dalam pelaksanaannya hampir selalu tercipta prestasi-prestasi baru dan pemecahan rekor baik ditingkat PON, nasional bahkan rekor dunia. Seperti PON XIX Jawa Barat 5 tahun lalu, misalnya. Total ada 150 rekor terpecahkan.

Dari banyaknya rekor baru yang tercipta, 89 rekor diantaranya adalah rekor PON. Rekor tersebut tercipta dari berbagai cabang olahraga. Angkat berat menyumbang pemecahan 3 rekor, angkat besi 7, atletik 15, menembak 16, paralayang 1, renang 35 serta cabang selam 12 rekor. 

Bukan hanya level PON saja, PON Jabar waktu itu juga menyumbang terjadinya pemecahan “rekor dunia” dari cabang angkat besi, antara lain dari atlet Kalbar (Eka Komalasari kelas 47 kg putri), atlet Riau (Sri Rahayu kelas 84 kg putri), atlet Kaltim Widari (dua rekor kelas 47 kg), dan atlet Lampung (Sri Hartati kelas 57 kg putri). 

Sayangnya, walaupun bertabur prestasi dan rekor namun PON Jawa Barat belum mampu melampaui rekor PON XVII 2008 Kalimantan Timur di mana saat itu tercipta 176 rekor. Yang pasti pelaksanaan PON selalu memberi kejutan-kejutan yang membanggakan bangsa dan negara. Pertanyaanya adalah bagaimana dengan PON XX Papua?

0
Rekor PON
0
Rekor NASIONAL
0
Rekor ASIA
0
Rekor DUNIA
0
Rekor SEA GAMES

Ya, tentu saja Kemungkinan terciptanya prestasi dan pecahnya rekor baru sangat terbuka di PON XX Papua. Potensi itu terbuka bagi semua atlet-atlet dari seluruh propinsi yang akan bertanding, lebih-lebih atlet-atlet dari Papua sebagai tuan rumah. 

Dengan semangat “Menyambut Mentari Harapan Baru dari Timur” dan posisinya sebagai tuan rumah, atlet-atlet Papua berpotensi sekali menciptakan prestasi dan rekor baru diberbagai cabang yang diikuti. 

Lebih-lebih kalau melihat prestasi yang ditorehkan pada PON XIX Jawa Barat 5 tahun lalu. Saat itu kontingen Papua sukses meraih 7 emas, 5 perak dan 11 perunggu. Perolehan ini menempatkan Papua pada posisi ke-6, di bawah Sulawesi Selatan hanya dengan selisih 4 perak. 

Kontingen PON XX Papua Sudah Terbentuk

Hot News

Selain itu, pada PON XX ini kontringen Papua mengirimkan tak kurang dari 1.100 atlet dan official. Kontingen Papua ini akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni 37 cabor, 56 disiplin olahraga, dan 679 nomor pertandingan. Targetnya adalah merih 78 medali emas dan finish di posisi lima besar atau peringkat pertama di luar Pulau Jawa. Bahkan Papua yakin bisa bersaing di tiga besar sebagaimana yang diminta oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Demi mewujudkan target itu, Pemerintah Provinsi, PB PON, dan KONI Papua menyiapkan program bernama Panca Sukses yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses administrasi, dan sukses budaya positif.

Menyambut Mentari Harapan Baru dari Timur

Ayo Kita Dukung dan Ikut Mensukseskan PON XX Papua

PON adalah event kebanggaan nasional. Dari sini akan memunculkan para atlet nasional yang mengharumkam daerah, bangsa dan negara di level internasional. Lebih dari itu, dalam kaca mata pembangunan, penyelenggaraan PON adalah momentum percepatan dan pemerataan pembangunan di Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Dalam praktiknya, skenario 4 (empat) klaster telah menumbuhkan perekonomian di Papua karena pelaksanaannya dikuti pula dengan pembangunan infrastruktur yang mendorong pengembangan wilayah di Papua seperti jalan raya, jembatan, perumahan dan hunian, sanitasi dan air bersih, listrik dan telekomunikasi, maupun ruang terbuka hijau. 

Nah, sejalan dengan pembangunan sarana dan prasarana, PON XX Papua benar-benar menjadi harapan baru bagi tumbuhnya ekonomi kreatif, kepariwisataan, serta memutar roda pergerakan barang dan jasa di Papua.  Di sisi lain juga semakin memperkuat solidaritas antaranak bangsa dari berbagai provinsi serta solidaritas sosial di antara penduduk Papua sendiri yang berjumlah 3,5 juta jiwa. 

Mari kita menjadi bagian yang mengabarkan dan mendukung kesuksesan pelaksanaanya. Torang Bisa! 

Flayer PON Papua
Website Resmi PO

Informasi Lebih Lanjut!

Informasi lebih detail tentang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, silahkan kunjungi website dan media sosial  resmi. 

Referensi Tulisan

  • Website Resmi PON XX Papua 2021
    www.ponxx2020papua.com
  • Tabloid Jubi
    https://bit.ly/2UOoD9y
  • Kementerian PUPR RI
    https://bit.ly/3i5xz2S
  • Indonesia Baik
    https://bit.ly/3BRgem4
  • Wikipedia
    https://bit.ly/2Vg5bCe
  • Sumber-sumber lain yang mendukung
    www.youtube.com, www.unsplash.com, www.pinterest.com, dll