SehatQ.com Platform Kesehatan Digital Terbaru Kaya Fitur Berjuta Manfaat

Sehatq.com adalah platform kesehatan digital terbaru yang mempunyai fitur paling lengkap di antara-antara aplikasi kesehatan sejenis yang hadir lebih dulu.

Tak dapat dipungkiri kalau perkembangan teknologi internet telah memaksa terjadinya perubahan dramatis dan mendasar dalam kehidupan. Satu perubahan yang kentara banget adalah bagaimana orang-orang mulai meninggalkan cara-cara konvensional dan beralih ke teknologi digital yang nyata-nyata menawarkan berbagai kemudahan.

Di mana-mana orang-orang semakin terbiasa mengkases berbagai konten dan layanan digital menggunakan peranti genggam miliknya. Kebiasaan ini lalu mendorong terciptanya kultur baru yang disebut “mobile sentris”. Untuk melakukan kegiatan perbankan misalnya, orang tak melulu harus ke bank atau ATM. Dengan menggunakan platform (aplikasi) yang secara ekslusif disediakan oleh bank, siapa pun bisa “mengubah” smartphone yang dimilikinya menjadi “kasir bank pribadi” kapan saja.

Hal serupa juga bisa dilihat dari bagaimana orang-orang juga telah akrab menggunakan berbagai aplikasi mobile untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja online, memenuhi kebutuhan transportasi, edukasi hingga mengakses layanan kesehatan berbasis digital.

PLATFORM KESEHATAN DIGITAL TUMBUH SEMAKIN INKLUSIF

Menguatnya kultur mobile centris dalam masyarakat pada akhirnya memang mendorong munculnya berbagai platform digital, termasuk adalah platform kesehatan. Ya, walaupun belum serapat e-Commerce, Fintech maupun aplikasi-aplikasi On Demand Service, namun saya melihat kalau platform kesehatan digital ini semakin banyak ditemui.

Tak hanya semakin banyak, platform-platform kesehatan berbasis digital ini juga Semakin Inklusif. Maksud saya, kalau di awal kehadirannya dulu hanya menyajikan informasi seputar kesehatan saja, sekarang dalam satu platform malah menawarkan banyak manfaat dan kegunaan.

Ya. Selain informasi seputar kesehatan, sebuah platform kesehatan digital memungkinkan penggunanya melakukan berbagai hal seperti berkonsultasi dengan dokter, mendapatkan resep, mendapatkan informasi fasilitas kesehatan terdekat, memesan dan membeli obat, mengunduh data kesehatan dan lain sebagainya.

Melihat berbagai manfaat yang ditawarkan tersebut, orang-orang pun semakin antusias menggunakan berbagai platform kesehatan berbasis digital. Orang-orang bahkan sudah menganggap kalau platform kesehatan digital adalah cara kekinian dalam mengelola dan menyelesaikan berbagai persoalan kesehatan yang dihadapi.

infografis-aplikasi-kesehatan

Besarnya antusias masyarakat dalam menggunakan platform kesehatan berbasis digital ini diperkuat oleh survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia).

Survey APJII tentang Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia tahun 2017 ini mengatakan kalau pengguna internet di negara +62 ini telah memanfaatkan internet untuk mengakses berbagai layananan kesehatan menggunakan gadget dan berbagai periperal yang dimilikinya. Persentasenya, 51% pengguna aplikasi memanfaatkan platform tersebut untuk mencari informasi kesehatan, sedangkan 14,05% di antaranya menggunakannya untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Bila anda membuka Playstore atau App store, anda akan menumukan berbagai jenis platform kesehatan digital. Namun, kalau anda membutuhkan platform dengan fitur-fitur terbaik dan menawarkan berjuta manfaat maka anda mesti menginstal SehatQ.com.

SEHATQ.COM, “SEHAT DALAM GENGGAMAN”

SehatQ.com adalah startup baru di bidang kesehatan digital besutan PT. SehatQ Harsana Emedika (di bawah naungan SinarMas) yang secara resmi diluncurkan pada 25 September 2019.

Walaupun baru saaja dilunching, namun eksistensinya sudah dikenal khalayak sejak Nopember tahun lalu. Saya sendiri telah menginstall platform ini sejak petama kali ada di playstore. Menurut saya, platform yang menawarkan konsep “sehat dalam genggaman” ini adalah platform kesehatan yang komprehensif dan mampu menjawab kebutuhan kesehatan di era digital dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Tak heran kalau platform ini semakin populer di mata keluarga Indonesia. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan pengguna serta traffict kunjungan yang terus naik menurut similiarweb. Dilihat dari sisi teknis, SehatQ.com memiliki keunggulan komparatif tersendiri yang membedakan dengan platform lainnya. Begitu pula dengan fitur-fitur yang dimiliki dan manfaat praktis bagi penggunanya. 

Kalau anda pikir SehatQ.com adalah platform kesehatan digital biasa-bisa saja, nampaknya anda harus berfikir ulang. Menurut saya, keinginan menciptakan platform kesehatan berbasis digital yang powerful dan berdaya guna bagi masyarakat nampaknya telah dipikirkan dengan baik dan serius oleh Linda Wijaya, Founder sekaligus CEO SehatQ.com ini.

Intention ini setidaknya bisa dilihat dari bagaimana Sehatq.com ini didevelop agar mempunyai performa baik yang running di dua periperal sekaligus baik underweb maupun versi mobile. Ya. Secara performa, SehatQ.com yang dihosted oleh GoDaddy ini berforma baik bila dilihat dari sisi kecepatan, SEO, keamanan dan tingkat responsifnya. Performa ini membuat SehatQ.com bukan aplikasi kaleng-kaleng tetapi masuk kategori berkualitas karena mampu memenuhi ekspektasi pengguna terutama dalam hal kecepatan akses dan keamanan, yang menjadi tolak ukur kualitas sebuah platform.

Bagi saya performa ini menjadi salah satu keunggulan komparatif yang dimiliki SehatQ.com sekaligus menjadi pembeda dengan platform-platform serupa yang hadir lebih dulu. Selain itu, yang saya suka dari platform ini adalah interfacenya yang simpel dengan navigasi yang mudah. Saya sendiri merasa nyaman dan aman menggunakan SehatQ.com dan mendapat berbagai manfaat dari aplikasi ini.

feature-sehatku
site-good

SATU PLATFORM BISA APA SAJA DENGAN MUDAH

Sebagai sebuah platform kesehatan digital, SehatQ.com tergolong mempunyai fitur lengkap dan komprehensif sehingga layak disebut sebagai “asisten kesehatan digital”. Pasalnya, hanya dengan satu platform ini pengguna bisa melakukan apa saja untuk menyelesaikan berbagai persoalan kesehatan keluarga.

Dengan kata lain, saya dan anda tidak perlu lagi menginstal berbagai macam aplikasi karena secara inklusif semua fitur-fitur kesehatan digital telah tersedia dalam platform ini. Fitur-fitur apa saja yang dimiliki SehatQ.com ? Apa yang bisa dilakukan dengan fitur-fitur tersebut dan apa manfaatnya ?

Tanya Masalah Kesehatan Apa Saja dengan Fitur Tanya Dokter (Chat Dokter)

Fitur Tanya Dokter atau chat dokter ini adalah salah satu unggulan SehatQ.com. Dengan fitur ini pengguna bisa bertanya atau berkonsultasi masalah kesehatan apa saja untuk mendapat informasi yang akurat secara online, realtime, mudah dan gratis.

Dokter yang menjawab pertanyaan pun qualified. Setahu saya selain telah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga telah memiliki Surat Tanda Teregistrasi (STR). Yang menarik dari fitur ini adalah kecepatan terhubung dengan dokter. Waktu yang dibutuhkan hanya beberapa detik saja.

Semua percakapan pun dijaga kerahasiaanya karena SehatQ.com menerapkan kebijakan perlindungan privacy dan keamanan data pengguna dengan baik. Baca tuh halaman Privacy Policy-nya kalau ‘gak percaya. Selain itu, seluruh data percakapan di Chat Dokter ini otomatis terekam dalam sistem SehatQ.com sebagai catatan medis. Manfaatnya, pengguna bisa melihat kembali data-data chat kapan saja bila membutuhkan.

Aplikasi ini bermanfaat sekali. Saya sendiri sudah beberapa kali menggunakan fitur ini. Yang terakhir adalah ketika saya mengkonsultasikan kondisi pandangan mata ibu mertua saya yang tiba-tiba kabur. Saat itu saya dilayani oleh dokter M. Anugerah Yusro. Setelah saya menceritakan kondisi ibu mertua, dokter menjelaskan kalau ibu mertua saya kemungkinan terkena Retinopati Diabetik.

Sebenarnya saya sudah menduga sebelumnya mengingat ibu mertua saya sudah berumur 72 tahun dan menderita diabetes sejak tahun 1990. Namun yang bikin sedih saat itu ibu mertua sedang menunggu paket buku novel pertama anak perempuan saya yang baru diterbitkan oleh Mizan Publishing. Beliau ingin membacanya.

Dokter Anugerah menyarankan agar ibu segera dibawa ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan secara komprehensif untuk mengoptimalkan retina beliau. Sungguh beruntung bahwa setelah dilakukan pemeriksaan dokter spesialis, Retinopati Diabetik yang diderita ibu masih dalam stadium dini. Setelah dilakukan tindakan medis beberapa kali, mata ibu berangsur-angsur membaik walaupun belum 100%. Namun setidaknya ibu mertua sudah bisa melakukan aktifitas dengan baik dan seperti kebiasaan beliau ke masjid, mengaji, merawat tanaman dan tentu saja membaca novel pertama Ayunda.

Lebih Hemat Waktu dengan Fitur BOOKING DOKTER dan Pencarian FASKES

Booking Dokter dan Faskes adalah fitur unggulan lain dari SehatQ.com. Keunggulan fitur ini adalah mampu menyajikan informasi lengkap dan komprehensif terkait jadwal dokter dan kemudahan membuat jadwal booking serta menemukan berbagai fasilitas kesehatan. Hingga saat ini SehatQ.com mempunyai direktori dokter mencapai 15.000+ yang tersebar di seluruh Indonesia baik uum maupun spesialis. Sedangkan fasilitas kesehatan yang menjadi partner SehatQ.com mencapai 2.400+, juga tersebar di seluruh Indonesia.

Selain lengkap, fitur ini juga cerdas menurut saya karena data dokter dan fasilitas kesehatan yang disajikan otomatis menampilkan lokasi terdekat dari pengguna (by GPS). Namun karena homepage pencarian tidak menyertakan spesialisasi dokter (kecuali melihat title atau masuk ke profil dokter) maka untuk mempercepat pencarian, pengguna bisa memanfaatkan fitur pencarian by kategori atau memfilter percarian berdasarkan lokasi praktik, jadwal praktik maupun berdarkan dokter laki-laki atau perempuan.

Yang menarik bagi saya dari fitur ini adalah pengguna bisa membuat jadwal periksa sesuai kebutuhan dengan memilih hari dan jam secara mandiri. Selain itu, proses bookingnya juga mudah dipahami. Dalam prakteknya proses booking dokter hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

Begitu pula dengan metode pembayaran. SehatQ.com menyediakan opsi 2 (dua) pembayaran yang bisa dipilih pengguna apakah mau menggunakan asuransi atau biaya pribadi. Dalam konteks kekinian, fitur booking dokter ini jelas sangat bermanfaat. Yang jelas pengguna bisa menghemat waktu untuk mencari jadwal dokter dan tidak bakal sibukkan dengan menelepon ke rumah sakit tempat dokter tersebut praktik.

Di sisi lain, fitur booking dokter ini juga bermanfaat memangkas waktu antri pendaftaran serta menunggu waktu periksa di dokter yang terkadang sangat lama. Maksud saya, pengguna bisa datang ke tempat praktek dokter sesuai dengan jadwal hari dan waktu yang telah dipilihnya sendiri.

Kemudahan Mencari Berbagai Artikel Kesehatan Terkini dan Terpercaya

Selain SARA, Informasi hoax juga nyasar di dunia kesehatan. Mirisnya, berita hoax kesehatan itu menyesatkan dan berbahaya. Satu-satunya cara terbaik agar tidak terhindar dari hoax kesehatan adalah membaca dari sumber yang terpercaya, salah satunya adalah SehatQ.com. 

Nah, di SehatQ.com pengguna bisa mencari berbagai artikel kesehatan terpercaya yang bermanfaat memperkaya informasi dan pengetahuan penggunanya agar tidak terhindar dari informasi hoax kesehatan. Selain informatif, upa to date dan lugas dalam penyajiannya, artikel-artikel kesehatan tersebut berasal dari sumber yang valid dan telah direview serta diverifikasi oleh dokter yang qualified. 

Glossary Obat dan Penyakit

Menambah pengetahuan terkini seputar kesehatan, SehatQ.com juga menyajikan glossary obat dan penyakit yang berisi ratusan listing obat dan penyakit yang disajikan berdasarkan abjad agar mudah dalam pencarian.

Manfaatnya, pengguna dapat mengetahui berbagai jenis obat, kategori obat, golongan, dosis, aturan pemakaian, efek samping dan manakah obat tersebut membutuhkan resep dokter atau tidak. Begitu pula, pengguna juga bisa mengetahui berbagai jenis penyakit, gejala dan penyebabnya, langkah pencegahan dan pengobatan serta kapan waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tawarkan Paket Promo Kesehatan Menarik yang Bikin Hemat hingga 90%

Melengkapi kebutuhan kesehatan bagi keluarga, SehatQ.com juga menyediakan berbagai macam paket promo menarik dan hemat hingga 90%. Pengguna bisa mencari promo-promo kesehatan sesuai kebutuhan dari mulai paket medical check up, perawatan gigi, kulit dan kecantikan, vaksinasi dan imunisasi, paket wanita dan ibu hamil, cuci darah, akupuntur dan lain lain sebagainya. Namun, untuk sementara promo-promo yang ditawarkan masih tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna aplikasi yang tinggal di Jabodetabek dan sekitarnya.

Informasi Event dan Aktifitas Kesehatan

Masih berkaitan dengan dunia kesehatan, SehatQ.com juga menyajikan informasi-informasi event dan aktifitas kesehatan yang bisa diikuti bersama keluarga dari mulai seminar dan penyuluhan hingga event-event olah raga yang mengasikkan. Seperti fitur promo, informasi event dan aktifitas tersebut sementara ini juga hanya dinikmati oleh pengguna aplikasi yang berada di Jabodetabek dan sekitarnya.

AKHIR TULISAN DAN KESIMPULAN

Masyarakat memang serasa dimanja dengan semakin banyaknya platform-platform kesehatan digital saat ini. Walaupun kehadirannya tidak lantas menggantikan peran dokter atau rumah sakit, namun setidaknya platform-platform ini mampu membantu menciptakan taraf hidup dan kesehatan yang lebih baik dengan fitur-fitur yang ditawarkannya.

Begitu pula dengan SehatQ.com. Walaupun relatif masih baru namun kehadiranya menjadi “sesuatu” banget karena menawarkan fitur-fitur lengkap dan komprehensif. Fitur-fitur yang dimiliki seperti Tanya Dokter (Chat Dokter), Booking Dokter dan pencarian Fasilitas Kesehatan adalah fitur-fitur yang bermanfaat bagi masyarakat untuk menyelesaikan berbagai persoalan kesehatan di era digital saat ini.

Tak hanya itu, SehatQ.com juga mempunyai fitur-fitur lainnya yang juga dibutuhkan oleh masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal kesehatan. Karena fitur yang lengkap dan bermanfaat ini pula, saya bahkan tidak hanya menginstal plaftorm ini dalam smartphone sendiri, tetapi juga merekomendasikan kepada keluarga, saudara, tetangga hingga relasi-relasi saya.

“Tak harus megah dan mewah untuk berbagi informasi dan kebaikan.” begitu pikir saya.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang sehat dan Indonesia yang semakin sejahtera. Saya pamit !