SSL, Tiga Huruf yang Berdampak Besar Pada Website

Apa pun yang terkoneksi dengan internet tak lepas dari berbagai ancaman tangan-tangan jahil yang mencoba merusak dengan tujuan-tujuan tertentu. Website butuh perlindungan keamanan, salah satunya dengan SSL (Secure Sockets Layer). Apa manfaatnya bagi website ? 

D ulu ketika saya masih bekerja pada sebuah perusahaan otomotif, setiap laptop yang dipakai karyawan harus didaftarkan ke bagian IT terlebih dahulu. Oleh IT, laptop-laptop tersebut lalu diinstal script-script tertentu. Saya yang tidak paham pun bertanya untuk apa ?

Kata bagian IT saat itu, script tersebut adalah sertifikat otorisasi, otentifikasi sekaligus keamanan untuk mengakses aplikasi perusahaan yang kompleks bernama exoduz. Ini dilakukan karena aplikasi yang didevelop oleh developer dari Jakarta ini berisi data-data sensitif yang running underweb dan dipakai oleh holding dan seluruh cabang.

Nah, setelah resign dan memulai akab dengan kehidupan yang tak jauh-jauh dari internet, blog, media sosial dan youtube, saya baru “ngeh” kalau dalam dunia internet security itu disebut SSL (Secure Sockets Layer).

 

SSL

Dari Acuh Hingga Ngerti SSL Dikit-Dikit

Pada awalnya saya acuh dengan SSL ini. Bisa jadi karena saya mengawali belajar blogging dengan platform free (blogspot) yang secara teknis untuk urusan SSL tinggal mengalihkan http ke https pada halaman setelan (setting dasar).

Namun karena blogspot tidak memberi saya kebebasan mengkustomisasi halaman blog sekehendak hati, terpaksa saya memutuskan “transmigrasi bedol deso” ke platform lain yang bernama WordPress.

Yups, walaupun saya harus keluar duit untuk domain dan self hosting namun saya puas dengan platform ini, dan untuk kesekian kalinya saya harus bilang “matur nuwun” kepada Matthew Charles Mullenweg atas inovasi digital yang luar biasa ini. 

Nah, setelah menggunakan WordPress inilah saya mulai mengenal dan memahami apa itu SSL sedikit demi sedikit dari mulai pengertian, fungsi, cara kerja dan kegunaannya. 

Apalagi secara umum pemakai WordPress dengan self hosting memang dilengkapi dengan fitur keamanan SSL dalam paket pembeliannya walaupun SSL yang disediakan adalah versi free alias gratis. Lihat Gambar (popup)

Ya. Walaupun SSL free, namun cukup membantu keamanan website saya yang ecek-ecek ini. Setidaknya membuat hati senang karena tidak muncul kalimat “Not Secure” dengan tanda seru di browser bar saat pengunjung mengunjungi website jualjuel.com ini.

Jadi, apa itu SSL ?

Dalam bahasa internet security, SSL itu kependekan dari Secure Socket Layer. Apabila teknologi  ini ditambahkan pada website, maka URL website akan berubah dari HTTP (HyperText Transfer Protocol) menjadi HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure)

 

Sepemahaman saya SSL ini adalah sebuah protokol keamanan (protocol layer transport) yang mengamankan lalu lintas di website dengan cara membuat tautan terenkripsi yang hanya terbaca antara server dan komputer  klien.

Jadi tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Enkripsi itu sendiri adalah sebuah metode pengubahan bentuk data (teks, misalnya) menjadi bentuk lain yang berbeda dan sulit untuk dipahami bila tanpa menggunakan sebuah pola ataupun kunci tertentu.

Cara kerja SSL ini unik menurut saya karena koneksi dari dan website menggunakan “jasa pihak ketiga” yang menyediakan teknologi enkripsi.

Nah, kalau dibikin ilustrasinya, 2 (dua) ilustrasi ini mungkin bisa menjelaskan cara kerja SSL.

ilustrasi SSL Work2
ilustrasi 2a

TIGA HURUF YANG BERDAMPAK BESAR PADA WEBSITE

SSL memang hanya 3 huruf, namun mempunyai dampak hebat bagi website. Seperti ilustrasi di atas, secara teknis SSL sangat diperlukan untuk mengamankan website dari berbagai ancaman keamanan.

Ya, jagat maya tak ubahnya dunia nyata. Tak semua penghuninya mempunyai prilaku baik. Ada banyak entitas yang mencoba merusak “rumah orang lain” dengan berbagai intention dan motif.

Biasanya motifnya memang tak jauh-jauh dari motif ekonomi, keamanan bahkan hanya sekedar iseng belaka. Apa pun motifnya namun itu ilegal dan kita sebagai sang empunya website berkewajiban melindunginya.

Nah, SSL adalah salah satu cara melindungi website dengan mengenkripsi sambungan antara komputer dan Google yang tidak terbaca tangan-tangan jahil.  Ini manfaat secara spesifiknya,

prajurit2
B

Melindungi dari Pencurian Data Personal

Seperti yang sudah saya singgung di atas, cara kerja SSL itu mengenkripsi atau mengacak data personal yang sensitif sehingga orang lain yang tidak berpentingan tidak dapat membaca data yang kita punya dan kirimkan. Artinya, SSL bermanfaat melindungi data-data personal sensitif dari pencurian pihak lain.

Itulah kenapa website-website seperti toko online, perbankan, lembaga-lembaga negara, institusi bisnis dan sebagainya rela mengeluarkan biaya untuk investasi keamanan website dengan teknologi SSL ini.

B

Menghindari Salah Kirim Data

Selain mengamankan data, SSL juga mempunyai fungsi otentikasi (authentication). Maksudnya, SSL akan memastikan kita mengirimkan informasi atau data ke server yang sesuai tujuan, bukan mengirim informasi ke hacker atau pihak-pihak tak bertanggung jawab yang merugikan.

Ini menjadi jawaban saya setelah sekian tahun atas pertanyaan kenapa setiap laptop karyawan di tempat saya bekerja dulu harus diinstall script SSL oleh bagian IT.

B

Meningkatkan Reputasi Website DI MATA PENGUNJUNG

Website yang terinstall SSL akan menunjukkan notifikasi tertentu. Kalau di Internet Explorer (kalau tidak salah atau dulu), notifikasi akan berwujud block berwarna hijau di address bar. Sedangkan di browser lain (Firefox, Google Chromed dll) notifikasi akan ditunjukkan dalam bentuk ikon gembok yang terkunci.

Nah, notifikasi ini bermanfaat untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan website di mata pengunjung. Dengan adanya notifikasi ini, pengunjung website tidak akan ragu untuk mengakses website. Bagi website toko online (ecommerce), calon pembeli juga takkan ragu untuk berbelanja.

B

Disukai Mesin Pencari

Semua mesin pencarian menyukai website yang terproteksi SSL. Seperti google misalnya, Algoritma Google juga lebih menyukai website yang memiliki sertifikat SSL.

Sebenarnya bukan sekadar suka, Google bahkan terang-terangan “melarang” penggunanya untuk mengunjungi website yang tak punya sertifikat SSL agar terhindar dari pencurian data.

Karena google suka, secara otomatis SSL ini berhubungan dengan ranking website di mesin pencarian (SEO). Berbagai riset membuktikan bahwa kebanyakan website dengan sertifikat SSL mempunya posisi yang lebih tinggi di mesin pencari.

B

Menghalau Iklan ISP

Apa itu iklan ISP ? Ikan ISP adalah iklan yang muncul di website atau blog padahal iklan tersebut tidak pernah kita pasang atau bukan bagian dari unit iklan yang anda pasang di website/blog.

Nah, SSL adalah cara yang sangat ampuh untuk mengamankan website dari sisipan iklan ISP ini, selain meningkatkan kualitas SEO website dan beberapa manfaat lain yang saya sebut di atas.

JENIS-JENIS SSL DALAM DUNIA SECURITY INTERNET

Dalam dunia securiy internet, kalau menurut kebutuhan masing-masing website setidaknya ada 3 (tiga) SSL yang perlu dimiliki, yakni :

Jenis SSL 1

Domain Validated SSL (DV SSL)

Untuk bisnis berkembang atau website personal dengan traffik tinggi, Domain Validated SSL ini sangat direkomendasikan. Selain karena harganya yang relatif terjangkau Sertifikat SSL level DV ini hanya memerlukan kepemilikan domain saja, yakni validasi DNS atau email. Kalau untuk e-commerce besar dengan transaksi yang padat, SSL level ini tidak direkomendasikan.

Dalam pemakaiannya, DV SSL ini hanya menampilkan informasi bahwa website kita adalah website yang aman dan terenkripsi. Biasanya ditunjukkan dengan HTTPS dan gembok warna hijau di addres bar browser.

Organization Validated SSL (OV SSL)

OV SSL ini hampir sama dengan DV SSL. Bedanya,  pemilik domain harus melakukan verifikasi dengan menunjukkan bukti kepemilikan dan legitimasi domain. Artinya, penerbit sertifikat atau CA (Certificate Authority), seperti GeoTrust misalnya, akan memastikan kalau domain telah terdaftar dengan informasi yang lebih spesifik yakni nama bisnis, lokasi, dan informasi legal lainnya.

Jenis SSL ini biasanya digunakan untuk website perusahaan. Tujuannya adalah, selain untuk tambah proteksi keamanan juga untuk mendapat kepercayaan visitor. Penanda kalau website menggunakan setifikat OV SSL sama dengan DV SSL yakni HTTPS dan gembok warna hijau.

Jenis SSL 2
Jenis SSL 3a

Extended Validated SSL (EV SSL)

Nah, EV SSL ini adalah jenis keamanan tingkat tinggi yang sangat direkomendasikan bagi bisnis online atau website e-commerce atau badan usaha terpercaya seperti PT, CV, dan Departemen.

Ciri khas EV SSL ini sebenarnya adalah dengan tertulisnya nama bisnis dengan warna hijau pada URL bar (dekat nama domain). Namun nampaknya sekarang tidak lagi. Nama bisnis hanya kelihatan bila kita klik tanda gembok di ujung barr address.

Karena EV SSL ini jenis tertinggi maka pemilik domain diharuskan memverifikasi kepemilikan domain dengan beberapa dokumen legal.

MEMILIH penyEDIA SSL MURAH terBAIK DI INDONESIA

Sebenarnya ada 2 (dua) jenis-jenis SSL yakni SSL gratis dan berbayar. Kalau hanya untuk bereksperimen atau untuk keperluan proteksi standart serta terlihat baik di mata mesin pencarian, bisa saja kita pakai yang gratisan.

Namun namanya juga gratis kan, tentu saja penuh dengan limitasi (keterbatasan) fitur, tidak seperti kalau kita menggunakan SSL premium atau berbayar. Selain “ndompleng” penyedian domain dan hosting yang kita beli, sebenarnya ada banyak provider yang menyediakan secara gratis. Silahkan googling saja.

Namun apabila kita mempunyai website bisnis atau untuk organisasi yang secara inten dimanfaatkan pengunjung untuk bertransaksi atau menginput data-data personal sensitif maka menggunakan SSL berbayar adalah hal yang sangat rasional.

Nah, di negara +62 ini ada banyak provider SSL. Namun kalau harus memilih salah satu yang terbaik, yang direkomendasikan banyak orang adalah SSL Indonesia.

Kenapa ?

SSL Indonesia
produknya

MENYEDIAKAN SSL GRADE A+ DENGAN ENKRIPSI DATA TERBAIK DAN 100% BERGARANSI

SSL Indonesia telah bekerja sama dengan penerbit sertifikat atau CA (Certificate Authority) terpercaya dan telah diakui oleh standard keamanan website oleh SSL Labs seperti Digicert, Symantec, GeoTrust, Sectigo, Rapid SSL dan Thawte.

Teknologi sudah pakai 2.048 bit dengan kekuatan enkripsi hingga 256 enkripsi, tingkat enkripsi tertinggi dalam dunia scurity internet. Selain itu, SSL yang disediakan SSL Indonesia juga telah menggunakan teknologi Point-to-verify yang menunjukkan verifikasi data secara real-time dan akurat.

SSL Indonesia memberikan bergaransi 100% untuk tingkat konfigurasi SSL A+ (Sangat Aman Sekali) dengan fasilitas yang sama seperti bila membeli SSL langsung dari Otoritas Sertifikat (CA).

Lihat Lebih

MEMBERIKAN GARANSI UANG KEMBALI 30 HARI

Tak hanya menyediakan produk SSL dengan enkripsi data terbaik, SSL Indonesia juga memberi garansi uang kembali sebagai bentuk kepercayaan terhadap produk yang yang sediakan dan nilainya.

uang3d

VALIDASI CEPAT DAN GRATIS KONSULTASI

Mengamankan website adalah bisnis yang rumit namun bukan berarti  penyedia jasa SSL menerapkan sistem validasi yang rumit dan berbellit. Di SSL Indonesia validasi cepat dan tidak rumit.

Didukung resources yang handal, terampil dan berdedikasi, SSL Indonesia memberikan jaminan validasi yang sangat mudah yakni cukup dengan menggunakan validasi domain saja pelanggan sudah bisa menggunakan layanan SSL dengan enkripsi terbaik.

Tak hanya itu, untuk kepuasan pelanggan SSL Indonesia juga memberi kolsultasi gratis bila pelanggang masih bingung dalam memilih produk SSL, cara-cara instalasi serta konfigurasi SSL.

BIAYA MURAH

SSL Indonesia mempunyai server yang sudah mendukung teknologi SNI (Server Name Indication). Artinya, pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk IP dedicated agar bisa menggunakan layanan SSL.
Selain itu, SSL Indonesia menawarkan harga yang sangat murah dan rasional atas produk-produk teknologi SSL yang disediakan untuk melindungi website.
dompet
aal device

BERLAKU DI SEMUA DEVICE DAN BROWSER

Apakah SSL yang disediakan SSL Indonesia hanya untuk website yang running di desktop ?

Tentu tidak !

SSL Indonesia memberi garansi bahwa layanan SSL certificates yang diberikan kepada semua pelanggan sudah terpercaya, teruji dan terbukti diseluruh dunia serta dipercaya oleh 99.9% populasi internetdan mendukung semua jenis device dan periperal (mobile, tablet, desktop) dan dijamin mendukung berbagai browser populer.

symantec

Symantec

Symantec sangat terkemuka dalam website security SSL, certificate management, monitoring kelemahan keamanan, dan juga pemindaian terhadap Malware.

Beberapa Sertifikat SSL dari Verisign atau Symantec SSL ini tersedia di SSLIndonesia

globalsign

Globalsign

Sertifikat SSL GlobalSign adalah sertifikat pertama yang meningkatkan revocation checking untuk situs website HTTPS melalui penggunaan CDN. SSL dari GlobalSign ini memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja situs website yang dilindungi oleh sertifikat SSL. Kerennya, SSL ini menawarkan tingkat enkripsi up to 256bit dan otentikasi 2048bit serta telah menggunakan algoritma SHA 256 dan EV SSL untuk certificate transparency (UI).
geotrust

GeoTrust

GeoTrust juga menawarkan berbagai pilihan SSL Certificate dengan harga terbaik dan melalui proses pengiriman cepat. Pengguna bisa memilih metode otentikasi untuk memaksimalkan kepercayaan bisnis yakni Extended Validation, proses validasi penuh terhadap organisasi atau otentikasi terhadap domain.
sectigo

Sectigo

Untuk bisnis skala kecil dan menengah yang membutuhkan SSL tercepat, efektif dan murah bagi bisnis online apapun yang tengah mencari cara untuk melindungi transaksi pelanggan dengan jaminan tinggi dari sebuah Sertifikat SSL. Sertifikat SSL Sectigo sangat rekomended.
twate

Thawte

Thawte yang ditemukan oleh Mark Shuttleworth di Afrika Selatan ini adalah otoritas sertifikat pertama yang mengeluarkan Sertifikat SSL ke entitas publik di luar Amerika Serikat. Bahkan hingga saat ini telah menguasai menguasai 40% pangsa pasar global SSL.
Rapid SSL

RapidSSL

Untuk spesialis keamanan internet, RapidSSL jagonya. SSL ini menyenyediakan SSL Certificates untuk kalangan kecil/Menengah (Small/Medium Businesses) dengan biaya terendah.

SSL ini juga tersedia di SSL Indonesia.

Pengin RapidSSL Wildcard Certificates Untuk Website Bisnis Saya

Saya sendiri sudah lama kepikiran membeli SSL untuk melindungi website bisnis saya yakni jual beli burung khusus Wambi (Hwamei) dengan alamat website.www.jualburungjogja.com.

Walaupun relatif baru dan masih dalam tahap pengembangan, website yang saya kelola bersama kakak ipar ini sudah memberikan hasil positif pada bisnis offline kami dengan produk yang sama. Pengembangan tersebut juga menyangkut pula dari performa dan keamanannya.

Saya sendiri tertarik dengan Rapid SSL Wildcard Certificates untuk website saya tersebut. Selain mampu mengamankan domain secara keseluruhan (domain, subdomain, email, dsb), SSL ini juga hanya membutuhkan validasi yang mudah dan cepat bahkan hanya dalam hitungan menit. Selain itu juga karena faktor biaya yang relatif terjangkau kalau di SSL Indonesia.

Seperti itu.

websiteku

Ayo, Segera Pasang SSL di Website Kita

Mengingat betapa pentingnya SSL, maka sangat recommended untuk segera memasang SSL/TLS di website kita. Dengan begitu reputasi website kita akan menjadi lebih baik di mata Google dan pengunjung website.

Selain itu, website yang terpasang SSL juga mempunyai potensi lebih tinggi untuk naik peringkat di mesin pencarian Google.

Terakhir, yang terpenting adalah transfer data di website kita menjadi semakin aman karena semua aktivitas datanya terenkripsi dengan aman.

Semoga artikel tentang apa itu SSL ini bermanfaat. 

Saya Pamit!

 

image%2Binstagram

Referensi dan image:
sslindonesia.com – freepik.com – unsplash.com

logo SSL Indonesia

Penyedia Sertifikat keamanan SSL Certificate dan pembaharuan Sertifikat SSL, Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia 

Jl. Kebon Jeruk Raya Komp. Kebon Jeruk Permai Office Blok C No. 17
Jakarta 11530 Indonesia (+62) 21 53667855 (+62) 21 53667854
sales@sslindonesia.com