Punya Usaha, Jangan Telat Melakukan Digital Marketing Ini Urgensi dan Manfaatnya

Seiring kemajuan teknologi, transformasi dunia usaha tak bisa dihindari. Cara analog dan konvensional tak lagi menjadi prioritas dalam membuat strategi branding dan penjualan. Mereka mulai menerapkan digital marketing. Apa urgensi dan manfaatnya?

Mars
Astronaut-right-green-light
Crash-3
Asteroid-2
Asteroid-7
Asteroid-7
Space-ship
Asteroid-8a

Dalam sejarah perjalanan manusia, salah satu penemuan paling revolusioner adalah internet. Teknologi yang lahir dari proyek ARPANET ini nyata-nyata telah mengubah wajah dunia serta peta peradaban yang hidup di dalamnya. Tengok saja, bagaimana dunia seluas ini kini nampak hanya seperti sebuah kampung besar saja. Limitasi geografis runtuh dan enggak ada yang benar-benar tersembunyi. Semua entitas terkoneksi secara digital dan real time dalam jaringan yang bernama internet. 

Sejak hadir, internet telah menjadi jalan lapang berbagai inovasi tekonologi yang mendorong orang-orang meninggalkan cara-cara konvensional dan beralih ke digital. Perlahan-lahan namun pasti, cara pandang dan gaya hidup masyarakat pun berubah. Untuk memenuhi kebutuhan, orang-orang memang tak harus ke luar rumah, berdesak-desakan mengantri, dan membayar secara tunai. Teknologi digital telah memungkinkan seseorang melakukannya secara online dari rumah dengan mengunjungi situs-situs jual beli online.

Hal yang sama juga terjadi pula pada cara orang berkomunikasi, mengakses layanan publik, berita, mendapatkan hiburan, mengikuti kursus dan sebagainya. Ya, semuanya bisa lakukan secara online.

Perubahan ini mendorong dunia usaha melakukan hal sama. Cara-cara konvensional tidak lagi dipergunakan untuk merumuskan strategi usaha. Mereka beralih menggunakan cara dan strategi baru yakni Digital Marketing.

Perlahan-lahan namun pasti, cara pandang dan gaya hidup masyarakat pun berubah.

bloggerpembelajar.my.id
vintage-television

Digital Marketing, Apa itu? Apa Bedanya Dengan Traditional Marketing?

Keduanya sama tetapi berbeda. Coba perhatikan fakta berikut ini.

Kalau kita lagi nonton TV, beberapa menit sekali pasti akan muncul iklan, bukan? Terus, kalau kita pergi entah ke mana pasti masih melihat billboard dan baliho besar-besar berderet di sepanjang jalan, kan?  Masih mendengar iklan di radio atau melihat event-event pameran produk di mall?

Nah, beberapa hal di atas adalah contoh strategi pemasaran tradisional (traditional marketing) yang masih kita jumpai dan dilakukan oleh berbagai perusahaan walaupun banyak pula yang sudah meninggalkannya.

Sebenarnya iklan juga tidak hanya di TV, baliho dan billboard karena faktanya ketika kita lagi asik nonton youtube atau saat browsing ke sebuah situs juga akan muncul iklan. Bahkan alamat email kita, entah bagaimana awalnya, juga sering menerima penawaran produk dari perusahaan tertentu, bukan? Nah, itu adalah contoh bagaimana digital marketing bekerja. 

Jadi, dari contoh-contoh di atas apakah sudah bisa membedakan keduanya? 

Tepat! Secara konten keduanya memang mempunyai kesamaan. Keduanya sama-sama upaya mengkomunikasikan, mempromosikan dan memasarkan produk kepada calon pembeli. Yang membedakan adalah media dan cara yang digunakan. Kalau pemasaran tradisional, media dan cara pemasaran yang dilakukan masih menggunakan media konvensional dan analog (offline), sedangkan digital marketing menggunakan media digital yang hanya bisa diakses secara online menggunakan jaringan internet (over the internet technology).

Jadi secara definitif, digital marketing adalah upaya promosi dan pemasaran brand atau produk yang dilakukan menggunakan berbagai saluran komunikasi dan perangkat elektronik digital yang diakses secara online menggunakan jaringan internet.

Nah, karena parameter pembedanya adalah online, maka beberapa jenis media promosi pemasaran offline walaupun sudah diupgrade secara elektronik digital seperti LED billboard tidak termasuk dalam kategori digital marketing, termasuk pula iklan-iklan di radio.

Untuk menambahkan pemahaman kita, coba lihat timeline perjalanan Digital Marketing dan elemen-elemen yang menyusun kediriaannya berikut ini, yang saya sarikan dari berbagai sumber.

Jadi secara definitif, digital marketing adalah upaya promosi dan pemasaran brand atau produk yang dilakukan menggunakan berbagai saluran komunikasi dan perangkat elektronik digital yang diakses secara online menggunakan jaringan internet.

bloggerpembelajar.my.id
1880-1896
1982-1990
1993-1994
1996-1998
2000-2005
2006-2010
2010-2019
penemu radio

Era Sebelum Internet

Marconi adalah orang pertama yang mendemonstrasikan, “transmisi sinyal nirkabel publik”. Siaran langsung pertama adalah pertunjukan opera. Orang membeli tiket pertunjukan setelah mendengar siaran. Ini adalah strategi pemasaran digital pertama dalan sejarah.

Archie

Penggunaan Istilah Digital Marketing Pertama Kali

Pada tahun 1990, istilah Digital Marketing ini pertama kali digunakan pasca internet ditemukan. Ditandai dengan peluncuran search engine pertama di dunia “Archie”.

Ads Banner dan Transaksi e_Commerce Pertama

Pada tahun 1993 munculnya web-ads banner yang bisa diklik untuk pertama kali di internet yang mengarah ke landing page AT&T dan pada tahun 1994 terjadi transaksi e-Commerce pertama di dunia yang ditandai dengan kelahiran Amazon. Pada tahun yang sama Yahoo dilauncing.

Google

Lahir Google dan Media Sosial Pertama

Dunia kehadiran search engine seperti HotBot, LookSmart, Alexa dan sosial media pertama yakni Six Degrees.com. Pada tahun 1998, hadir Google sedangkan microsoft melaunching MSN dan Yahoo meluncurkan Yahoo! Web Search.

universal music

Mobile Marketing Campaign, WordPress Hingga Youtube

Pada periode ini, beberapa search engine dan media sosial SixDegrees tumbang. Namun hadir Mobile Marketing Campaign pertama kali oleh Universal Music. Di periode ini LinkedIn, WordPress, MySpace, Gmail, Youtube dan Facebook dilaunching serta Google mulai go publik.

Dari Twitter Hingga Whatsapp

2006 Twitter lahir dan Microsoft melaunching MS Live Search. Pada tahun 2007, Apple, layanan streaming video Hulu dan Tumblr lahir. Tahun 2008, Spotify lahir dan Groupon Gos Live hadir. Tahun 2009, Google meluncurkan Instant real-time search engine result dan mematikan Google affiliated program. Tahun 2020 Google Buzz dab Whatsapp dilaunching.

Instagram ads

Instagram Ads Hingga AI

Pada periode ini Twitter mengeluarkan promotional tweets dan Instagram mengeluarkan Instagram Ads. Begitu juga dengan Snapchat dan Spotifi juga mengeluarkan fitur Ads, Pada periode ini Amazon ressmi mengeluarkan Echo yakni percarian melalui suara yang memberi inspirasi munculnya teknologi-teknologi AI (Artificial Intelieience) hingga saat ini.

mac-keyboard

Timeline

Saluran Kumunikasi Yang Digunakan Dalam Digital Marketing

Hal penting dalam digital marketing adalah bagaimana usaha atau bisnis mampu membangun interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggaan untuk melakukan promosi, membangun brand dan tujuan akhirnya adalah tercipta penjualan (selling). 

Maka bisnis atau usaha memang perlu memikirkan saluran komunikasi (channel) digital yang akan dipergunakan. Kalau mengintip pointer-pointer dalam Buku Digital Marketing: Strategy, Planning and Implementation karangan Dave Chaffey, setiap usaha perlu mempertimbangkan 5D yakni Digital devices, Digital platforms, Digital media, Digital data dan Digital technology. 

Dalam pemahaman yang lebih simple, setiap bisnis atau usaha bisa menggunakan saluran komunikasi (channel) yang umum dipergunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut, 

instagram

Webpage

Webpage ini adalah salah satu saluran komunikasi paling populer yang dignakan digital marketing. Contoh yang saluran ini adalah website, blog, landing page dan sales page.

Video

Untuk saat ini dan waktu mendatang video akan menjadi saluran komunikasi digital marketing yang efektif karena menyajikan detail visual dan suara yang animatif dan dinamis

Aplikasi Mobile

Sebagian besar orang mengakses internet dan melakukaan aktivitas hariannya dengan smartphone. Aplikasi mobile menjadi saluran komunikasi efektif dalam digital marketing. Banyak bisnis sudah memiliki saluran ini untuk tetap terhubung dengan customer.

Paid Media Ads

Saluran komunikasi ini bekerja dengan memanfaatkan media promosi lewat internet dengan cara berbayar Seperti facebook Ads & Instagram Ads, Google Ads Search, Google Ads Display dan Youtube Ads. Walaupun lebih mahal dibanding saluran lain namun efektif menjangkau target konsumen dengan tepat dan cepat karena umumnya sudah menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Search Engine Marketing (SEM)

Saluran ini bekerja supaya pencarian website perusahaan semakin mudah di mesin pencarian (Misal Google, Yandex, dll). Search Engine sendiri terbagi atas Search Engine Optimization (SEO-Gratis atau berbayar) dan Search Engine Marketing (SEM-berbayar).

Sosial Media

Sama seperti webpage, media sosial juga menjadi saluran komunikasi lain yang sangat diperlukan dalam digital marketing. Sebut saja seperti facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn dan sebagainya

Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right
Arraw Right

Email

Hingga saat ini, email masih menjadi cara tercepat untuk menyampaikan informasi penting serta campaign kepada pelanggan. Bahkan email ini bersifat personal karena hanya penerima yang bisa membacanya.

Influencer

Saluran Komunikasi digital marketing yang satu ini memanfaatkan orang dengan popolaritas dan follower media sosial yang memberi pengaruh pada calon customer untuk menggunakan atau mengenal brand. Contoh influencer adalah selebgram atau selebtweet yang sering meng-endorse­ barang tertentu pada account social media mereka.

Bagi Usaha atau Bisnis Apa Sih Urgensi dan Manfaat Digital Marketing ini?

Menurut saya urgensi digital marketing bagi bisnis atau usaha adalah agar mampu survive atau bertahan hidup dalam persaingan bisnis yang semakin berdarah-darah seperti saat ini, di mana orang-orang sudah sedemikian akrab dengan teknologi. Ketika orang-orang sudah semakin intens menggunakan gadget untuk mencari dan membeli suatu produk, lalu berapa lama bisnis yang masih mengandalkan promosi konvensional akan bertahan?

Sebagai contoh saja, dulu ketika masih tinggal di Jogja, saya sering berkeliling kota menggunakan bus Trans Jogja. Sepanjang perjalanan dari Kalasan hingga Titik 0 Km, saya melihat sebagian besar penumpang sibuk dengan smartphonenya masing-masing. 

Dari gestur tangan di layar smartphone saya bisa menebak kalau mereka lagi asik chating, membaca situs berita, membuka media sosial dan ada pula yang mendengarkan musik dengan mata terpejam. Alih-alih melihat billboard iklan berukuran besar, baliho, banner, roundtag dan media promosi lain yang berderet rapi di pinggir jalan yang dilewati bus. Mereka abai dengan apa yang ada di kanan kirinya.

Ini kenyataan umum saat ini dan terjadi hampir di semua tempat. Bagi usaha, kenyataan ini menjadi dasar betapa urgen mengubah pola pemasaran dari tradisional dan konvensional ke pemasaran digital agar tetap survive.   

Ketika orang-orang sudah semakin intens menggunakan gadget yang mereka miliki untuk mencari dan membeli suatu produk, lalu berapa lama bisnis yang menggunakan promosi konvensional akan bertahan ?

bloggerpembelajar.my.id

Secara data, sebenarnya fakta ini diperkuat dengan survey APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia). Hasil survey terbarunya adalah November 2020. Dari hasil survey tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin akrab dengan teknologi digital dan internet. 

Dari proyeksi populasi nasional tahun 2019 menurut BPS yakni 266.911.900 juta jiwa, pengguna internet secara nasional sudah mencapai 196.714.070,3 orang. Itu artinya penetrasi internet di angka 73,7% dari total populasi, atau tumbuh 8,9% dibanding tahun sebelumnya.

Yang menarik adalah hasil survey yang menunjukkan alasan masyarakat Indonesia menggunakan internet. Hasil survey menjukkan kalau hiburan, berkirim pesan, belanja dan sosial media menjadi alasan sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan internet. Ini memberikan indikasi kalau usaha juga harus merubah pola. 

Alasan Masyarakat Menggunakan Internet Survey APJII 2019-2020 Q2

Selain itu, penerapan digital marketing bagi binis atau usaha memberikan manfaat baik secara praktis maupun jangka panjang dalam memperkenalkan produk ke dunia luar. Setidaknya 6 (enam) poin berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh, yakni;

Jangkauan Marketing Lebih Luas dan Tepat Sasaran

Apapun jenis saluran komunikasi digital marketing yang digunakan, manfaat yang diperoleh adalah jangkauan pemasaran yang lebih luas dan tepat sasaran. Jelas ini berbada dengan model promosi dan pemasaran dengan menggunakan billboard, baliho, roundtage dan sebagainya. Siapa yang akan melihat dan memperhatikan jaman sekarang? Nah, semakin luas jangkauan pemasaran maka kans (peluang) mendapatkan penjualan (hard selling) pun semakin terbuka lebar. Dan itu artinya meningkatkan profitabilitas usaha.

Cost Lebih Rendah

Selain menjangkau target konsumen lebih luas, menerapkan digital marketing juga lebih hemat biaya dibandingkan menggunakan metode promosi dan pemasaran konvensional.

Dulu ketika masih bekerja di bagian promosi sebuah perusahaan otomotif, perusahaan bisa mengeluarkan biaya ratusan juta sebulan untuk biaya promosi dari mulai membuat material, bikin event pameran dan sebagainya. Itu belum termasuk biasa maintenance dan pajak tahunan untuk material promosi padahal jumlahnya ratusan, tersebar di setiap cabang di DIY dan Jateng.

Nah, dengan menerapkan digital marketing, contohnya adalah website, perusahaan hanya mengeluarkan sekitar 2 jutaan per tahun. Dampaknya pun lebih signifikan.

Hasilnya Terukur Dan Mudah Dianalisa

Yah, hasil penerapakan digital marketing pun lebih terukur dan mudah dianalisa menggunakan berbagai alat metric. Karena terukur, maka tentu saja memudahkan mengevaluasi dan mengambil kesimpulan seberapa efektif hasil promosi dan pemasaran yang dilakukan.

Usaha Atau Bisnis Akan Terlihat Lebih Profesional

Di jaman internet seperti saat ini, bisnis yang tidak mempunyai identitas online akan anggap sebagai bisnis yang tertinggal. Di sisi lain, ini akan menyulitkan konsumen menemukan produk yang dijual. Nah, penerapan digital marketing ini mempunyai manfaat bahwa apa pun jenis usaha dan produk yang ditawarkan akan mudah ditemukandan akan terlihat profesional di mata pelanggan dan kompetitor

Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Manfaat lain dari digital marketing adalah mendorong usaha atau bisnis akan selalu terhubung dengan pelanggan dan mendorong terus memberikan pelayanan terbaik.

Apakah Saya Punya Pengalaman Menerapkan Digital Marketing Dalam Usaha?

Oh ya, tentu saja.

Ketika masih menekuni usaha jual beli burung import khususnya burung Wambi saya pun melakukan degital marketing, salah satunya dengan mengonlinekan bisnis tersebut dengan alamat domain www.jualburungjogja.com. Saat itu, Ide tersebut muncul karena selama dua tahun usaha yang kelola dengan kakak ipar tersebut terus mengalami penurunan omset.

Penyebabnya, selain itu hanya mengandalkan toko fisik dengan pelanggan lokal saja, saya juga tak berdaya menghadapi persaingan yang semakin sengit. Apalagi harga burung Wambie memang relatif mahal. Harga termurah saja sekitar 2,5 juta. Dengan harga segitu tentu saja segmentasinya sempit dan hanya untuk orang-orang tertentu saja, tidak seperti jual ayam potong.

Nah, ketika mencoba menerapkan digital marketing walalupun terbatas pada pembuatan website, media sosial dan email, usaha tersebut membaik dan semakin menguntungkan. Setidaknya saya bisa menjangkau pembeli lebih luas. Banyak pelanggan tetap berasal dari luar kota dan bahkan sampai luar pulau seperti Lampung, Ternate dan Medan. Omset dan keuntungan bisnis pun (up and down) bisa mencapai 35%. Ini berbeda bila dibandingkan ketika saya masih hanya mengandalkan toko offline saja.

Sayang sekali usaha tersebut terpaksa sementara saya tutup karena pasokan burung dari Vietnam dan China yang tidak memungkinkan lagi sejak pandemi Covid-19. Untuk sementara website pun saya takedown sampai kondisi benar-benar membaik.

Namun setidaknya saya telah merasakan bagaimana digital marketing ini memberi manfaat dalam usaha saya walaupun secara teknis saya masih mengalami kesulitan terutama dalam menggunakan beberapa saluran komunikasi yang mestinya dilakukan. Ya, itu karena keterbatasan pengetahuan saya semata.

webste-burung

Agar Tak Kesulitan Menerapkan Digital Marketing Belajar Kepada Ahlinya Dengan Mengikuti Kursus

Percaya sama saya, bahwa digital marketing itu sebuah kegiatan promosi dan pemasaran online yang kompleks dan saling terhubung satu dengan yang lainnya. Sebenarnya semua saluran komunikasinya bisa dipelajari secara otodidak. Konsekuensinya memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Lebih-lebih kalau kita tidak mempunyai basik pemahaman secara baik.

Kalau digital marketing ini menjadi kebutuhan bagi bisnis sedangkan terkendala dengan hal-hal yang saya sebutkan di atas, maka solusi paling realistis adalah belajar kepada ahlinya. Salah satunya adalah  dengan mengambil kelas atau mengikuti kursus digital marketing.

Saya pikir sekarang tak lagi kesulitan menemukan tempat-tempat kursus digital marketing di Indonesia. Kita bisa menemukan di hampir setiap wilayah. Namun digital marketing ini menentukan kelangsungan usaha, maka tempat kursusnya juga mesti terbaik terutama dalam kurikulum dan fasilitas yang diberikan. Nah, salah satu tempat kursus digital marketing terbaik di Indonesia saat ini yang direkomendasikan banyak orang adalah DUMET School.

Dumet School adalah lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan khususnya kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang telah berdiri sejak tahun 2013, artinya sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun. 

Dalam kurun waktu tersebut, DUMET School telah menjadi bagian dalam peningkatan sumber daya manusia Indonesia di bidang IT dan digital.  Ini dibuktikan dengan jumlah lulusannya yang mencapai lebih dari 8000 orang.

Mereka berasal dari berbagai status dan profesi seperti pelajar mahasiswa, guru, dosen, freelancer penggiat dunia digital, pemilik bisnis dan para profesional dari berbagai institusi pemerintah dan swasta sebut saja seperti Djarum, BCA, Detik.com, Kompas, Universitas Indonesia dan Telkomsel dan sebagainya. Bahkan murid DUMET School tidak hanya berasal dari dalam negeri saja tetapi juga dari luar negeri.

Kalau digital marketing ini menjadi kebutuhan bagi bisnis sedangkan terkendala dengan hal-hal yang saya sebutkan di atas, maka solusi paling realistis adalah belajar kepada ahlinya. Salah satunya adalah dengan mengambil kelas atau mengikuti kursus digital marketing.

bloggerpembelajar.my.id

Dari sini sudah bisa dilihat kalau lembaga kursus yang mempunyai misi membangun sistem pembelajaran IT yang mudah di terapkan, mengembangkan metode dan materi belajar yang efektif dan efisien dan selalu menjadi yang terdepan dan No. 1 ini memang terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Apa yang dipelajari di kelas atau kursus digital marketing DUMET School?

Kelas Pembelajaran Digital Marketing DUMET School

Ini yang penting, bahwa ada 8 (delapan) kelas pembelajaaran digital marketing di DUMET School yang berguna bagi pengembangan usaha, yakni,

Wordpress

Membuat website bisnis yang menarik dengan tampilan profesional menggunakan cms sejuta umat, WordPress.

SEO

Pembelajaran mengoptimalkan website agar friendly di mesin pencarian (SERP) untuk mendapatkan calon pembeli dari pencarian Google secara gratis

Facebook Ads & Instagram Ads

Materi pembelajaran mengoptimalkan Facebook Ads & Instagram Ads dengan segala keunikan dan kelebihannya untuk mendapatkan calon pembeli dari Facebook dan Instagram dengan cara beriklan.

Google Ads Search

Mempelajari salah satu fitur dari Google untuk mendapatkan calon pembeli dari dengan cara beriklan.

Google Ads Certification

Mempelajari cara dan prosedur mendapatkan sertifikasi resmi dari Google.

Youtube Ads

Mempelajari dan mengoptimalkan teknik-teknik digital marketing dengan beriklan di YouTube.

Email Marketing

Mempelajari teknis penggunaan email marketing yakni mengumpulkan, mengelola, dan memfollow up calon pembeli lewat email.

Landing Page

Mempelajari dan mendesain landing page yang secara khusus dengan mindset marketing untuk jualan.

Google Ads Display

Mempelajari teknis mendapatkan calon pembeli dari banyak website dan mobile app dengan cara beriklan.

Kenapa Mesti Kursus Digital Marketing di DUMET School?

Menurut saya ada banyak alasan rasional kenapa memilih kursus digital marketing dan kursus-kursus yang lain di DUMET School. Selain karena berpengalaman seperti yang telah saya sebutkan di atas, juga karena DUMET School memberikan berbagai fasilitas yang bisa jadi tidak diberikan oleh lembaga kursus serupa di Indonesia. Apa itu?

Sebuah Konklusi

Dalam perubahan dunia yang sedemikian cepat memasuki era industri 4.0, sejatinya sudah sedemikian urgen bagi dunia bisnis atau usaha untuk segera melakukan perubahan dan beradaptasi dengan pola-pola kekinian. 

Mempertahankan strategi marketing tradisional sudah tidak jamannya lagi dan sangat beresiko bagi kelangsungan bisnis. Satu-satunya cara paling rasional adalah menerapkan pola modern yakni dengan digital marketing. 

Ikuti kursus digital marketing di DUMET School agar dapat menerapkan menerapkan strategi digital marketing yang rapi dan tertata bagi kemajuan usaha. 

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. 

Artikel berjudul “Punya Usaha, Jangan Telat Melakukan Digital Marketing
Ini Urgensi Dan Manfaatnya” ini diikutkan lomba blog Dumet School periode Nopember 2020. Data pendukung seperti foto dan image adalah free lisence berasal dari website Dumet School, freepic.com, unsplash.com dan property sibloggerpembelajar.my.id. Data-data pendukung lainnya dirangkum dari berbagai sumber hasil pencarian google yang tidak terikat klaim hak cipta dan kekayaan intelektual.